Menu

Mode Gelap

Medan · 31 Mar 2021 11:52 WIB

Arungi Sungai Deli, Kopasude Temukan Puluhan Gunung Sampah


					Tumpukan sampah menggunung di Sungai Deli Perbesar

Tumpukan sampah menggunung di Sungai Deli

Medankinian.com, Medan- Yayasan Komunitas Peduli Anak dan Sungai Deli (Kopasude) yang fokus dalam melakukan kegiatan pendidikan anak dan pelestarian Sungai Deli, minggu (28/3/2021), melakukan pendataan titik sampah yang berada di sempadan Sungai Deli.

Ketua Kopasude Agung Rizki mengatakan pendataan yang dilaksanakan minggu kemarin, merupakan program Kopasude yang ingin mengetahui berapa banyak titik sampah yang ada di sempadan Sungai Deli.

“Sepanjang 23,5 km, yang kita arungi, mulai dari Titi Kuning Kecamatan Medan Johor, hingga Titi Papan Kecamatan Medan Marelan, kita mencatat sebanyak 74 titik buangan sampah, yang berada di sungai deli.”unjar Agung.

“Sangat disayangkan masyarakat, belum menyadari bahwa sampah yang dibuang di sempadan Sungai Deli, sangat mengancam kehidupat biota air, kualitas air Sungai Deli dan ancaman lainnya,”ungkapnya.

Agung menambahkan Sungai Deli merupakan titik nadi bagi masyarakat Kota Medan, dalam menopang kebutuhan air bersih di kota medan.

“Selama pengarungan yang memakan waktu kurang lebih 8 jam ini, kami masih banyak melihat betapa pentingnya sungai deli bagi masyarakat kota medan. Mulai dari mencuci, memancing, serta beribadah kami temuhkan selama pengarungan yang dilakukan,” katanya.

“Sebenarnya kami berencana melakukan pendataam sampai belawan, namun karena waktu yang kurang dan fisik yang sudah lebah, akhirnya pendataan hanya sampai titi papan saja,”terangnya.

Agung menerangkan, bukan saja menemukan pembuangan sampah di sepanjang Sungai Deli, Kopasude juga menemuhkan banyaknya bangunan yang memakan sempadan sungai dan titik pembuangan limbah pabrik.

“Insyah Allah, data yang kita dapat ini, akan kita sampaikan kepada bapak Walikota Medan Bobby Nasution, sebagai bentuk kolaborasi Kopasude agar menciptakan Sungai Deli yang bersih,”pungkas agung.

Kopasude juga berterima kasih kepada Kecamatan Medan Johor dan Kecapatan Medan Marelan yang membantu proses pendataan titik sampah yang dilakukan pada hari minggu yang lalu.

(MK/SDF)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

GMNI Sumut: Gegara Edy Rahmayadi, PON Sumut Hampir Jadi Bencana Besar

24 Oktober 2024 - 17:47 WIB

Reskrim Polsek Medan Baru Tangkap Pelaku Pencurian Sepeda Motor di Pelataran Parkir Mesjid Al Jihad

23 Oktober 2024 - 20:09 WIB

Raih IPK 4, Mantan Pejabat Sumut Hadiri Sidang Promosi Doktor Agus Marwan

22 Oktober 2024 - 22:36 WIB

HMI Sumut: Lima Tahun Jadi Gubernur, Edy Rahmayadi, Cuma Bisa Marah-marah 

22 Oktober 2024 - 12:13 WIB

Kisah Nursyamsiah, Penderita Batu Empedu Bisa Berobat Gratis Pakai KTP Program Bobby Nasution

21 Oktober 2024 - 10:22 WIB

Sekda Prov Sumut Sampaikan Proses Seleksi Jabatan Kadis Kesehatan Sudah Sesuai Prosedur

20 Oktober 2024 - 14:47 WIB

Trending di Medan