Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 1 Jul 2024 09:12 WIB

Ada Banyak Agenda Penting, Rupiah Dan IHSG Bisa Bergerak Dalam Volatilitas Tinggi


					Ada Banyak Agenda Penting, Rupiah Dan IHSG Bisa Bergerak Dalam Volatilitas Tinggi Perbesar

Medankinian.com, Medan – Pada awal perdagangan pekan ini, data inflasi di tanah air akan jadi data pembuka yang akan mempengaruhi kinerja pasar keuangan. Meskipun inflasi diproyeksikan akan melandai secara tahunan, namun bukan berarti pasar keuangan akan dengan mudah membukukan kinerja positif. Karena pada perdagangan besok, akan ada pidato dari Gubernur Bank Sentral AS.

Selanjutnya ada data indeks sektor manufaktur AS, dilanjutkan FOMC minutes pada hari kamis, dan data ketenaga-kerjaan pada perdagangan jumat. Semua agenda tersebut berpeluang membuat pasar keuangan bergerak dalam volatilitas yang tinggi. Saya menilai sejumlah agenda ekonomi tersebut berpeluang mendorong gerak pasar keuangan tanah air, terlebih IHSG dalam rentang yang lebar.

Pelaku pasar akan mencermati arah kebijakan The FED. Setelah pada perdagangan sebelumnya di akhir pekan, rilis data inflasi AS sesuai dengan ekspektasi. Namun, belum bisa dipastikan apakah data tersebut akan membuat The FED memangkas besaran bunga acuannya. Dan di pekan ini, menjadi pertaruhan besar seiring dengan arah kebijakan yang lebih terlihat.

Pada sesi awal perdagangan pekan ini, IHSG ditransaksikan menguat di kisaran level 7.090. IHSG akan menguji level psikologis 7.100. Sementara itu, mata uang Rupiah ditransaksikan menguat ke level 16.350 per US Dolar. Sejauh ini rilis data inflasi AS masih menjadi kabar baik, namun jika sikap The FED justru tidak menggaransi pemangkasan bunga di tahun ini.

Maka besar kemungkinan pasar keuangan global akan merespon negatif. IHSG dan Rupiah maupun sejumlah kinerja pasar keuangan global akan kembali berada dalam tekanan. Oleh karena itu pasar sebaiknya mewaspadai kemungkinan adanya aksi profit taking menjelang pidato The FED. Disisi lain, harga emas ditrasaksikan stabil dikisaran $2.326 per ons troy nya. Belum beranjak jauh dari perdagangan akhir pekan kemarin.

Demikian menurut analisis Pengamat Ekonomi Kota Medan Benjamin Gunawan.(sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tensi Politik AS Memanas, Picu Pelemahan Rupiah Dan IHSG

23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Putusan KPPU Terkait Penetapan Harga Pada Penyediaan Jasa Depo Peti Kemas di Pelabuhan Panjang Lampung Berkekuatan Hukum Tetap

21 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Swasembada Pangan Harus Libatkan Banyak Petani

21 Oktober 2024 - 10:27 WIB

Pasca Pengumuman Kabinet, IHSG Dan Rupiah Bergerak Mendatar

21 Oktober 2024 - 09:32 WIB

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Dan IHSG Beda Arah

15 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Tersengat Sentimen Negatif Eksternal, IHSG Ditutup Melemah

9 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis