Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 31 Mei 2024 21:26 WIB

Tersengat Harga Cabai Merah, Sumut Dipoyeksikan Inflasi Di Bulan Mei


					Tersengat Harga Cabai Merah, Sumut Dipoyeksikan Inflasi Di Bulan Mei Perbesar

Medankinian.com, Medan – Pada bulan Mei, komoditas pangan strategis seperti daging ayam, bawang merah dan cabai merah memberikan sumbangan inflasi. Dari ketiga komoditas tersebut, cabai merah mengalami kenaikan tertinggi (36%), bawang merah (32%) dan daging ayam (14.4%) dalam satu bulan terakhir. Sementara itu komoditas pangan strategis yang menyumbang deflasi adalah cabai rawit (turun 13%) dan daging sapi yang turun tipis 1.5%.

Komoditas lainnya seperti ikan dencis, ikan tongkol dan tomat juga menyumbang deflasi. Akan tetapi sangat disayangkan, Sumut diproyeksikan akan tetap mengalami inflasi di bulan Mei. Diproyeksikan Sumut akan merealisasikan inflasi maksimal 0.2% secara bulanan (month to month). Selain komoditas pangan tersebut, emas juga menyumbang inflasi di bulan Mei ini.

Untuk komoditas pangan lainnya seperti telur ayam, bawang putih, minyak goreng, gula pasir dan beras terpantau bergerak stabil. Saya menilai inflasi di Sumut terjadi dikarenakan adanya tarikan harga komoditas diluar Sumut seperti cabai merah dan bawang merah. Untuk komoditas bawang merah, pada dasarnya Sumut memang sebagian kebutuhannya bergantung dari wilayah lain.

Akan tetapi, untuk cabai merah sebenarnya Sumut masih mampu mencetak surplus produksi. Realisasi harga cabai merah di Sumut pada bulan Mei yang rata-rata sebesar 51 ribu per Kg, terlalu jauh dari harga keekoomian di wilayah Sumut. Sekalipun wilayah kabupaten karo mengalami penurunan produktifitas karena belum memasuki masa panen.

Harga cabai di Sumut pada dasarnya bisa ditransaksikan dikisaran 25 – 35 ribu per Kg di bulan Mei. Seandainya pasokan cabai dari wilayah Sumut dialokasikan terlebih dahulu untuk pemenuhan kebutuhan di wilayah ini. Harga cabai merah yang lebih tinggi di luar wilayah Sumut memberikan sengatan pada harga cabai merah di Sumut yang terpaksa harus ikut naik.

Jika nantinya pasokan cabai merah dari kabupaten karo membaik di bulan juni, dan ketergantungan cabai merah di provinsi tetangga Sumut berkurang. Maka bulan Juni Sumut berpeluang masih berpeluang untuk mencetak deflasi. Karena di bulan juni cabai merah dan daging ayam berpeluang mengalami penurunan harga. Walaupun minyak goreng dan harga beras punya kecenderungan sebaliknya.

Demikian menurut analisis Pengamat Ekonomi Kota Medan Benjamin Gunawan. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Kembali Turun, Sumut Akan Kembali Membukukan Deflasi

19 Juli 2024 - 15:42 WIB

Ekonomi China Melambat, Bukan Hanya Menekan Ekspor Sumut Tetapi Juga Minyak Goreng

16 Juli 2024 - 17:12 WIB

Harga Migor Diwacanakan Naik, Berikut Hitungan Harga Keekonomiannya

10 Juli 2024 - 17:45 WIB

Harga Minyak Goreng Merangkak Naik, Harapan Deflasi Sumut Mengecil

9 Juli 2024 - 15:37 WIB

Harga Cabai, Bawang Dan Daging Ayam Di Bulan Juli Berpeluang Lebih Rendah Dari Juni

9 Juli 2024 - 09:35 WIB

Jadi Yang Terkuat Di Asia, Rupiah Tekan US Dolar Di bawah Level 16.300

5 Juli 2024 - 16:47 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis