Menu

Mode Gelap

Sumut · 16 Jun 2022 21:00 WIB

Ketua Satgas Waspada Investasi Minta Waspadai Pinjol Ilegal


					Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L Tobing saat memnerikan penjelasan soal pinjol ilegal. (rez) 
Perbesar

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L Tobing saat memnerikan penjelasan soal pinjol ilegal. (rez)

Medankinian.com, Medan – Praktek Pinjaman online (Pinjol) ilegal yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Bahkan dalam mengelabui para calon nasabahnya, para influencer Pinjol ilegal ini terkadang membuka salahsatu usahanya di antaranya unit usaha berkedok koperasi maupun usaha pegadaian.

“Ada banyak Pinjol ilegal tapi hanya hanya 102 Pinjol yang memiliki izin. Maka dari itu masyarakat diminta untuk selalu berhati-hati saat ingin melakukan peminjaman,” kata Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L Tobing di kegiatan Media Gathering Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 5 Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) di Hotel Niagara Parapat, Kamis (16/6/2022).

Di kegiatan bertajuk Penguatan Inklusi Keuangan dan Waspada Investasi Ilegal di Sumut tersebut, Tongam L Tobing juga menegaskan kalau masih banyak masyarakat kita yang terjebak ke dalam Pinjol ilegal tersebut.

Hal itu terjadi masih menurut Tongam, dikarenakan adanya berbagai sebab, di antaranya masyarakat tidak memahami literasi keuangan terkait tata cara peminjaman, aturan hukum dan risiko yang dialami. Sehingga mereka cenderung mendapatkan pinjaman yang sebenarnya ringan, namun prakteknya sangatlah memberatkan.

“Kita berharap masyarakat tidak asal ikut saja akan tetapi pahami terlebih dahulu literasinya, karena semakin dipahami maka semakin sempit ruang gerak pelaku Pinjol ilegal tersebut, “harapnya seraya menjelaskan tip agar terhindar dari jebakan Pinjol online yakni hanya meminjam pada fintech peer -to-peer lending yang terdaftar di OJK.

“Cek daftarnya di situs ojk.co.id. Kemudian meminjam sesuai kebutuhan dan kemampuan, meminjam untuk kepentingan yang produktif dan memahami manfaat, biaya, bunga, jangka waktu, denda dan resikonya, “tutupnya. (rez/mk)

 

Artikel ini telah dibaca 41 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj. Bupati Langkat Tegaskan Komitmen Netralitas ASN dalam Pilkada 2024

24 Oktober 2024 - 13:15 WIB

Peringatan HSN 2024, Faisal Hasrimy: Santri Pilar Utama Masa Depan Bangsa

23 Oktober 2024 - 14:40 WIB

Warga Kota Medan Ditipu Belasan Juta di Langkat

21 Oktober 2024 - 20:22 WIB

Hadiri Wisuda Akbid Langkat Angkatan XIX dan XX, Faisal Hasrimy: Lulusan Akbid Harus Berikan Pelayanan Kesehatan Prima kepada Masyarakat

18 Oktober 2024 - 08:46 WIB

Faisal Hasrimy Perkuat Kolaborasi dengan KAHMI Untuk Pengentasan Stunting di Langkat

17 Oktober 2024 - 20:50 WIB

Pj Bupati Langkat Harapkan Tingkatkan Kapasitas FKDM Hadapi Pilkada Serentak

16 Oktober 2024 - 20:54 WIB

Trending di Sumut