Menu

Mode Gelap

Medan · 27 Jan 2022 21:57 WIB

Jadi Biang Kemacetan, Pasar Tradisional di Medan Diduga tak Kantongi Izin AMDaL Lalin


					Jadi Biang Kemacetan, Pasar Tradisional di Medan Diduga tak Kantongi Izin AMDaL Lalin Perbesar

Medankinian.com, Medan – Pasar tradisional yang dikelola Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar di Kota Medan diduga tak mengantongi izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDaL) Lalulintas (Lalin). Sebab, keberadaan pasar tradisional tersebut diduga sebagai salah satu pemicu biang kemacetan di Kota Medan.

“Gak kita pungkiri, salah satu penyumbang kemacetan di Kota Medan karena adanya aktivitas pasar. Contohnya di Jalan Karya Wisata ujung Medan Johor, ada pasar di situ. Kemacetan di Pasar 5 Padang Bulan, itu juga gara-gara pasar. Nah, kita akan pertanyakan dugaan ini kepada dinas terkait,” terang Wakil Ketua Komisi IV DPRD Medan, Diko Edi Eka Suranta Sembiring, Kamis (27/1/2022).

Diko juga menyarankan, pengelola pasar tradisional mengurus izin AMDaL Lalin-nya ke Dinas Perizinan Kota Medan, mengingat Wali Kota Medan Bobby Nasution punya program yang salah satunya adalah Medan bebas macet.

“Pasar-pasar tradisional yang diduga menyebabkan kemacetan harus dievaluasi ulang. Karena gak mungkin izin operasional pasar keluar tanpa disertakan izin AMDaL Lalin-nya,” ucapnya.

Politisi Partai Gerindra ini juga berharap dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan ada sedikit kepedulian untuk menata parkir liar yang ada di sekitar pasar tradisional. Sebab, keberadaan parkir liar tersebut menjadi salah satu penyumbang kemacetan.

“Banyak badan usaha yang tak kantongi izin AMDaL Lalin. Saya rasa, Dinas Perizinan dan Dishub bisa berkolaborasi dalam menangani hal ini untuk mendukung program pak Wali Kota Medan Bobby Nasution agar Medan Bebas Kemacetan,” tandasnya. (mk)

Artikel ini telah dibaca 101 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tanpa Bukti Lunas PBB, Berkas Warga Tak Diteken Lurah Kampung Baru

29 Februari 2024 - 21:05 WIB

Bobby Nasution Ingatkan Perencanaan Kerja 2025 Harus Berdampak Kemajuan Ekonomi dan Peningkatan Pelayanan

29 Februari 2024 - 20:36 WIB

Ucapkan Terima Kepada Petugas KPPS, Jona: Kerja Keras Mereka Patut Diapresiasi

28 Februari 2024 - 21:29 WIB

DPRD Dorong Pemko Medan Lakukan Percepatan Pelayanan Publik

28 Februari 2024 - 20:57 WIB

Hitungan Internal Partai, PDIP Raih 12 Kursi dan Suara Terbanyak di Medan

28 Februari 2024 - 20:55 WIB

Presiden dan Ibu Negara Kunjungi Stand Dekranasda Kota Medan di INACRAFT 2024

28 Februari 2024 - 20:20 WIB

Trending di Medan