Menu

Mode Gelap

Nasional · 19 Des 2021 17:38 WIB

Mahasiswa dan Warga Papua Bantu Korban Erupsi Semeru


					Mahasiswa dan Warga Papua Bantu Korban Erupsi Semeru Perbesar

Medankinian.com, Surabaya– Mahasiswa dan warga Papua yang ada di Surabaya menggelar acara “Pray For Semeru, Open Donasi”. Tema yang diangkat untuk aksi sosial itu adalah “Kitorang beri bukan karena punya harta, tapi Kitorang punya hati”.

Gelaran acara dilaksanakan di halaman parkir Ruko EsTe Square, Sabtu (18/12/2021), malam. Di atas panggung, acara awal dibuka dengan pemuda dan pemudi berpakaian adat Papua menyajikan Tari Persahabatan, yang menggambarkan bentuk sapaan keakraban, untuk undangan.

Tokoh Papua, Marten Carel Korwoa, yang juga Ketua IKAL Jawa Timur, mengatakan, warga Papua di Surabaya prihatin dan peduli dengan musibah yang dialami warga Lumajang, akibat erupsi Gunung Semeru.

“Kami, warga Papua di Surabaya ikut peduli dengan musibah Gunung Semeru. Untuk itu kami berkumpul disini, mengumpulkan donasi untuk saudara-saudara kita di Lumajang. Jadi, derita masyarakat Lumajang juga derita kita, kita ikut peduli,” kata Martel.

Menurutnya, kepedulian dan dukungan tak hanya diberikan untuk korban erupsi Gunung Semeru. Jika ada musibah di daerah lain di Indonesia, pihaknya juga akan bergerak.

“Kepedulian seperti ini, tak hanya untuk warga korban erupsi Semeru. Seluruh wilayah NKRI juga menjadi bagian dari kita,” ujar dia.

Nandy Gire Kogoya, Ketua Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Surabaya menambahkan, yang dilakukan adalah wujud kepedulian antar sesama. Penggalangan donasi menjadi kewajiban yang dilakukan, karena masyarakat Papua juga bagian dari NKRI.

“Kita ikut merasakan musibah ini (masyarakat Lumajang yang tertimpa erupsi Gunung Semeru). Kami kumpulkan donasi dan akan kami antar sendiri (ke lokasi bencana),” kata Nendy Gire.

Terpisah Mewakili Pemerintah Kota Surabaya, Asisten Wali Kota, Ikhsan, menambahkan, pihaknya sangat mendukung malam penggalangan dana yang dilakukan masyarakat Papua di Surabaya. Dia wewakili Bapak Walikota (Surabaya) yang tak bisa hadir karena ada kegiatan lain.

”Saya berterima kasih dan bersyukur saudara kita Masyarakat Papua turut peduli pada saudara kita yang lain di Lumajang dan Malang yang tertimpa musibah,” kata Ikhsan.

Bantuan dari masyarakat Papua di Surabaya yang berupa paket Sembako serta uang tunai segera disalurkan kepada masyarakat yang terdampak erupsi Semeru. “Siang kami juga sudah memberangkatkan bantuan ke Lumajang dari beberapa elemen masyarakat di Surabaya. Dan, saat ini, juga akan segera kita susulkan,” katanya.

Dia menambahkan bahwa warga Papua juga bagian dari Arek-arek Suroboyo.

(Mk/sdf)

Artikel ini telah dibaca 68 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Waspada Hujan Lebat Hingga Angin Kencang di Beberapa Wilayah Indonesia 16-17 Juni 2024

16 Juni 2024 - 13:41 WIB

PLN bergerak lakukan normalisasi sistem kelistrikan Sumbagsel

5 Juni 2024 - 18:03 WIB

Ibu Negara Apresiasi Hasil Kerajinan Tangan Perajin Medan

17 Mei 2024 - 21:48 WIB

Kemendikbudristek Akan Luncurkan Indonesian Heritage Agency (IHA)

16 Mei 2024 - 14:25 WIB

Dibuka Ibu Negara, Ny Kahiyang Ayu Hadiri HUT ke-44 Dekranas

16 Mei 2024 - 08:20 WIB

6 Mei 2024 - 20:36 WIB

Trending di Nasional