Menu

Mode Gelap

Medan · 31 Mar 2021 11:52 WIB

Arungi Sungai Deli, Kopasude Temukan Puluhan Gunung Sampah


					Tumpukan sampah menggunung di Sungai Deli Perbesar

Tumpukan sampah menggunung di Sungai Deli

Medankinian.com, Medan- Yayasan Komunitas Peduli Anak dan Sungai Deli (Kopasude) yang fokus dalam melakukan kegiatan pendidikan anak dan pelestarian Sungai Deli, minggu (28/3/2021), melakukan pendataan titik sampah yang berada di sempadan Sungai Deli.

Ketua Kopasude Agung Rizki mengatakan pendataan yang dilaksanakan minggu kemarin, merupakan program Kopasude yang ingin mengetahui berapa banyak titik sampah yang ada di sempadan Sungai Deli.

“Sepanjang 23,5 km, yang kita arungi, mulai dari Titi Kuning Kecamatan Medan Johor, hingga Titi Papan Kecamatan Medan Marelan, kita mencatat sebanyak 74 titik buangan sampah, yang berada di sungai deli.”unjar Agung.

“Sangat disayangkan masyarakat, belum menyadari bahwa sampah yang dibuang di sempadan Sungai Deli, sangat mengancam kehidupat biota air, kualitas air Sungai Deli dan ancaman lainnya,”ungkapnya.

Agung menambahkan Sungai Deli merupakan titik nadi bagi masyarakat Kota Medan, dalam menopang kebutuhan air bersih di kota medan.

“Selama pengarungan yang memakan waktu kurang lebih 8 jam ini, kami masih banyak melihat betapa pentingnya sungai deli bagi masyarakat kota medan. Mulai dari mencuci, memancing, serta beribadah kami temuhkan selama pengarungan yang dilakukan,” katanya.

“Sebenarnya kami berencana melakukan pendataam sampai belawan, namun karena waktu yang kurang dan fisik yang sudah lebah, akhirnya pendataan hanya sampai titi papan saja,”terangnya.

Agung menerangkan, bukan saja menemukan pembuangan sampah di sepanjang Sungai Deli, Kopasude juga menemuhkan banyaknya bangunan yang memakan sempadan sungai dan titik pembuangan limbah pabrik.

“Insyah Allah, data yang kita dapat ini, akan kita sampaikan kepada bapak Walikota Medan Bobby Nasution, sebagai bentuk kolaborasi Kopasude agar menciptakan Sungai Deli yang bersih,”pungkas agung.

Kopasude juga berterima kasih kepada Kecamatan Medan Johor dan Kecapatan Medan Marelan yang membantu proses pendataan titik sampah yang dilakukan pada hari minggu yang lalu.

(MK/SDF)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

PT KAI Eksekusi Rumah Mantan Anggota TNI AD Tanpa Ada Keputusan Inkrah dari PN

11 Agustus 2022 - 19:57 WIB

Disdik Medan Gelar Assessment Tingkat SD & SMP Calon Kasek

11 Agustus 2022 - 19:53 WIB

DPRD Medan Akan Siapkan Produk Hukum Eksploitasi Anak

11 Agustus 2022 - 19:45 WIB

Dua Ulama Besar Apresiasi Ketua DPRD Kota Medan

11 Agustus 2022 - 19:35 WIB

Dinilai Ganggu Lalin dan Pejalan Kaki, Dishub Medan Diminta Perhatikan Halte Trans Metro Deli

9 Agustus 2022 - 14:57 WIB

Warga Masyhur Tuding Lapangan Sejati Bukan Aset Pemko

8 Agustus 2022 - 19:22 WIB

Trending di Medan