Menu

Mode Gelap

Medan · 27 Jul 2024 13:24 WIB

Milad ke-8, Faskho Khitan Ratusan Anak


					Milad ke-8, Faskho Khitan Ratusan Anak Perbesar

Medankinian.com, Medan – Sebanyak 118 anak yang berasal dari masyarakat sekitar dan panti asuhan melaksanakan khitanan massal yang digagas oleh pengajian Pengajian Fastabiqul Khoirot (Faskho) Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA), di Klinik Mitra Bunda, Sabtu (27/7/2024).

Menurut ketua Pengajian Faskho ibu Asmahan Akbar, S.Ag., mengatakan bahwa “Kegiatan khitanan massal ini kami laksanakan dalam rangka milad Faskho yang ke-8 tahun dan sekaligus menyambut tahun baru islam 1446 H. Tujuan dari pelaksanaan khitanan massal ini adalah untuk meringankan beban orang tua dalam mengkhitankan anaknya dari segi biaya dan membahagiakan mereka juga dalam proses sebelum dan sesudah berkhitan”.

“Semoga kegiatan kedepannya lebih banyak dan lebih baik untuk kemaslahatan umat. Selain itu kami mengundang pengajian lain dari kota Medan yang bertujuan untuk membangun ukhuwah islamiyah dan mempererat tali silaturrahim diantara sesama ibu-ibu pengajian di kota medan, barangkali suatu saat kami bisa bersinergi dalam hal muamalah dan kepentingan umat, khususnya kaum dhuafa”.

“Fastabiqul khairat artinya berlomba-lomba berbuat kebaikan. Kami anggap nama pengajian kami menjadi motto utk terus memecut ghiroh/semangat utk terus berbuat baik, syiar dlm dakwah bil hal (dengan perbuatan) dan bil mal (dengan harta) sekemampuan kami, semata mata hanya mengharap rahmat dan ridho dari Allah SWT. Insya allah Menjadi catatan amal kebajikan di yaumil akhir nanti. Terimakasih kepada seluruh donatur yang turut membantu, sehingga acara ini bisa berlangsung dgn sukses dan lancar”, terang bu Asmahan.

“Innallaaha yuhibbuttawwaabiina wayuhibbul mutohhiriin. Sesungguhnya Allah menyukai org yg suci. Gunting kuku suci, pangkas rambut suci, mandi dan bersih2 suci, berwudhu suci, berkhitan pun suci. Makanya anak kecil yang belum berkhitan bisa memutus syaf dalam sholat berjamaah”, akhiri ibu Asmahan.

Ketua Panitia Ibu Evi lintang menambahkan, “Tim medis sunat massal terdiri dari 10 tim medis dari Rumah Sakit Haji Adam Malik, dan beberapa tim medis dari Klinik Mitra Bunda YPSA. Turut hadir Pembina YPSA Buya Sofyan Raz dan Ketua Umum YPSA Hj. Rahmawaty dan orangtua siswa-siswi YPSA dan orangtua yang anaknya akan di khitan. Faskho juga mengundang beberapa ibu-ibu pengajian di sekitar kota Medan”.

Ketua Umum YPSA Hj. Rahmawaty mengatakan sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan oleh pengajian orangtua siswa-siswi YPSA ini.

“Ada sinergitas antara YPSA dan pengajian orangtua siswa ini. YPSA dan Faskho memiliki visi dan misi yang sama yakni menjadikan siswa yang berdisplin, religius, dan smart, serta menjadikan YPSA menjadi pusat dakwah Sumatera Utara. YPSA siap dan terbuka memfasilitasi setiap kegiatan pengajian ini”, kata Umi Etty panggilan akrab Hj. Rahmawaty.

Pembukaan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh salah satu siswa Tahfidz SD YPSA serta dengan penceramah dan do’a oleh Ustadz Ramadhan Ariga.

Kepala Departemen Pendidikan dan IT YPSA Bagoes Maulana, M.Kom., mengatakan bahwa YPSA sebagai salah satu sekolah Islam Internasional di Medan berkomitmen saling bekerjasama dengan orang tua siswa melalui pengajian orangtua siswa untuk tetap memperkuat silaturahmi sekolah, orang tua, dan masyarakat.

“Ini juga sebagai wujud ikhtiar kami menjadikan YPSA sebagai sekolah terbaik di kota Medan, Sumatra Utara yang menjadi pilihan tepat bagi siswa dan orang tua siswa”, tegas Bagoes.

(sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Reskrim Polsek Medan Baru Tangkap Pelaku Pencurian Sepeda Motor di Pelataran Parkir Mesjid Al Jihad

23 Oktober 2024 - 20:09 WIB

Raih IPK 4, Mantan Pejabat Sumut Hadiri Sidang Promosi Doktor Agus Marwan

22 Oktober 2024 - 22:36 WIB

HMI Sumut: Lima Tahun Jadi Gubernur, Edy Rahmayadi, Cuma Bisa Marah-marah 

22 Oktober 2024 - 12:13 WIB

Kisah Nursyamsiah, Penderita Batu Empedu Bisa Berobat Gratis Pakai KTP Program Bobby Nasution

21 Oktober 2024 - 10:22 WIB

Sekda Prov Sumut Sampaikan Proses Seleksi Jabatan Kadis Kesehatan Sudah Sesuai Prosedur

20 Oktober 2024 - 14:47 WIB

Sampai 16 Oktober, Surplus APBD Kota Medan TA 2024 Sebesar Rp. 326,47 Miliar

19 Oktober 2024 - 18:28 WIB

Trending di Medan