Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 12 Jan 2024 14:30 WIB

Rilis Data Inflasi Jadi Kabar Buruk, Potensi Koreksi Pasar Keuangan Terjadi


					Rilis Data Inflasi Jadi Kabar Buruk, Potensi Koreksi Pasar Keuangan Terjadi Perbesar

Medankinian.com, Medan – AS telah merilis data laju inflasi yang mengalami kenaikan melebihi ekspektasi sebelumnya. Laju tekanan inflasi inti AS pada bulan Desember 2023 memang lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 4%. Akan tetapi rilis data inflasi inti AS sebesar 3.9% masih lebih tinggi dari ekspektasi 3.8%. Sementara inflasi secara keseluruhan justru naik menjadi 3.4%, lebih tinggi dari realisasi bulan sebelumnya dan melebihi ekspektasi.

Laju inflasi inti yangmemgalami penurunan menjadi kabar baik bagi asar keuangan di AS. Indeks bursa dow jones terpantau hanya naik tipis 0.04% pada sesi penutupan perdagangan. Namun kinerja Dow Jones tidak lantas bisa diterjemahkan bahwa pasar saham di Asia akan bergerak seirama. Karena pasar di Asia akan disuguhkan data inflasi China di pagi ini yang kembali mengalami deflasi 0.3%.

Sejumlah bursa di Asia pada perdagangan pagi ini ditransaksikan di zona merah. IHSG juga masih mampu tipis di sesi pembukaan perdagangan. IHSG ditransaksikan naik dikisaran level 7.235. Seiring dengan rilis data inflasi China pada bulan desember yang kembali membukukan deflasi secara tahunan. Indikasi perlambatan ekonomi China terlihat dan sangat berpeluang untuk menekan pasar keuangan di Asia.

Sementara itu, kinerja mata uang rupiah kembali mengalami tekanan pada perdagangan pagi hari ini di level 15.550 per US Dolar. Imbal hasil US Treasury 10 tahun pada dasarnya dalam tekanan, sekalipun inflasi AS mencatatkan kenaikan yang lebih tinggi. Ekspektasi penurunan suku bunga acuan The FED pada dasarnya memudar, yang sangat berpeluang menjadi pemicu melemahnya mata uang Rupiah.

Seiring dengan rilis data inflasi AS, harga emas justru mengalami kenaikan. Harga emas ditransaksikan naik dikisaran level $2.034 per ons troy. Emas masih diuntungkan dari penurunan inflasi inti AS, sekalipun inflasi secara kesleuruhan menjadi kabar buruk. Namun saya melihat potensi tekanan pada pasar keuangan di hari ini sangat terlihat, sekalipun emass berpeluang untuk bergerak berlainan arah.

Demikian menurut analisis Pengamat Ekonomi Kota Medan Benjamin Gunawan. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 34 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tensi Politik AS Memanas, Picu Pelemahan Rupiah Dan IHSG

23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Putusan KPPU Terkait Penetapan Harga Pada Penyediaan Jasa Depo Peti Kemas di Pelabuhan Panjang Lampung Berkekuatan Hukum Tetap

21 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Swasembada Pangan Harus Libatkan Banyak Petani

21 Oktober 2024 - 10:27 WIB

Pasca Pengumuman Kabinet, IHSG Dan Rupiah Bergerak Mendatar

21 Oktober 2024 - 09:32 WIB

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Dan IHSG Beda Arah

15 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Tersengat Sentimen Negatif Eksternal, IHSG Ditutup Melemah

9 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis