Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 9 Okt 2023 16:07 WIB

Harga Daging Ayam Naik Hingga 3.000 per Kg di Kota Medan


					Harga Daging Ayam Naik Hingga 3.000 per Kg di Kota Medan Perbesar

Medankinian.com, Medan – Harga daging ayam di kota medan mengacu kepada PIHPS mengalami kenaikan yang signifikan. Kenaikan harga daging ayam sudah terjadi sejak libur akhir pekan kemarin. Dari pantauan PIHPS pada hari ini, harga daging ayam mengalami kenaikan hingga mencapai 3000 per Kg di pasar tradisional brayan. Sementara di sejumlah pasar lainnya terjadi kenaikan 1000 hingga 2000 per Kg nya.

Mengacu kepada indeks produksi pada bulan September, memang terlihat ada potensi dimana harga daging ayam mengalami kenaikan di bulan ini. Dan kenaikan harga daging ayam saat ini terjadi disaat mengalami penurunan belanja masyarakat untuk daging ayam, ditambah dengan adanya penurunan produksi yang terlihat dari kinerja indeks di bulan lalu.

Saat ini harga daging ayam ditransaksikan dikisaran 31 hingga 33 ribu per Kg di sekitar kota medan. Dan pada bulan oktober ini sejumlah harga bahan baku input produksi mengalami kenaikan. Dimana harga pakan ternak terpantau naik sekitar 100 rupiah per Kg. Dan kenaikan ini juga terjadi berbarengan dengan kenaikan harga jagung.

Dan dari hasil perhitungan indeks produksi daging ayam pada pekan kemarin juga mengalami penurunan. Yang menyisahkan kemungkinan adanya kenaikan harga daging ayam di bulan depan. Jadi besar kemungkinan kenaikan harga saat ini berpeluang untuk bertahan, bahkan ada potensi mengalami kenaikan lanjutan.

Dari hasil pantauan di pasar, kenaikan harga daging ayam saat tidak disebabkan oleh gangguan distribusi, atau permainan spekulan. Karena kenaikan harga dimulai dari kenaikan biaya input produksi. Tantangan pengendalian harga daging ayam kedepan culup rumit, karena peternak dihadapkan dengan penurunan konsumsi ditambah dengan kenaikan biaya input produksi.

Demikian menurut analisis Pengamat Ekonomi Kota Medan Benjamin Gunawan.

(sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tensi Politik AS Memanas, Picu Pelemahan Rupiah Dan IHSG

23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Putusan KPPU Terkait Penetapan Harga Pada Penyediaan Jasa Depo Peti Kemas di Pelabuhan Panjang Lampung Berkekuatan Hukum Tetap

21 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Swasembada Pangan Harus Libatkan Banyak Petani

21 Oktober 2024 - 10:27 WIB

Pasca Pengumuman Kabinet, IHSG Dan Rupiah Bergerak Mendatar

21 Oktober 2024 - 09:32 WIB

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Dan IHSG Beda Arah

15 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Tersengat Sentimen Negatif Eksternal, IHSG Ditutup Melemah

9 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis