Menu

Mode Gelap

ADVETORIAL · 19 Jul 2023 21:47 WIB

Raker DPRD Medan 2023 Inginkan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik


					Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman mewakili Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, SE, MM membuka secara resmi Raker DPRD Medan di The Hill Hotel and Resort, Sibolangit, Minggu (16/7/2023). Perbesar

Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman mewakili Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, SE, MM membuka secara resmi Raker DPRD Medan di The Hill Hotel and Resort, Sibolangit, Minggu (16/7/2023).

Medankinian.com, Sibolangit – DPRD Kota Medan menggelar Rapat Kerja (Raker) di The Hill Hotel and Resort, Sibolangit, Sumatera Utara selama tiga hari tanggal 16-18 Juli 2023.

Kegiatan Raker dibuka secara resmi Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman mewakili Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution,SE,MM, Minggu (16/7/2023) dan ditutup Ketua DPRD Medan, Hasyim, SE, Selasa (18/7/2023).

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Medan, M Ali Sipahutar mengatakan, Raker kali ini bertemakan “Bergerak berkolaborasi untuk percepatan pelayanan publik dan akuntabilitas tata kelola pemerintahan mewujudkan kota Medan yang berkah, maju, dan kondusif”. Tujuannya adalah pembahasan program kerja untuk menghasilkan kesepakatan bersama  sebagai penguatan dan meningkatkan kompetensi DPRD Kota Medan.

Ketua DPRD Medan Hasyim SE foto bersama dalam pembukaan Raker DPRD Medan.

Dengan agenda, diskusi, sidang pleno dan perumusan pembahasan hasil Raker, sasarannya untuk mengoptimalkan peran dan fungsi dewan serta meningkatkan efektifitas koordinasi antara DPRD Kota Medan dan Pemko Medan  mewujudkan Kota Medan yang berkah dengan harapan dapat membawa perubahan bagi Kota Medan.

Hadir Wali Kota Medan diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman, Sekwan DPRD Muhammad Ali Sipahutar, Sekretaris Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Dr. Drs. Horas Maurits Panjaitan, M.EC. Dev, Direktur Produk Hukum Daerah Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Drs. Makmur Marbun, M.Si, para Wakil Ketua DPRD Kota Medan , Ketua Fraksi, Ketua Badan Kehormatan, Ketua Badan Pembentukan Perda, Ketua Komisi dan para anggota DPRD Medan, mewakili Kepala perwakilan BPKP Sumut Brayen Marcos Purba, mewakili Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumut Ali Marwan Hasibuan SH MH, tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Kota Medan dan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan.

Tingkatkan Kapasitas dan Optimalisasi

Sekda Kota Medan Wiriya Al Rahman didampingi Ketua DPRD Medan Hasyim SE foto bersama.

Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE mengatakan, DPRD Kota Medan senantiasa melakukan pendampingan dengan pemerintah dan masyarakat Kota Medan, sesuai dengan tema yang diusung, ‘Bergerak Berkolaborasi Untuk Percepatan Pelayanan Publik dan Akuntabilitas Tata Kelola Pemerintahan Mewujudkan Kota Medan Yang Berkah, Maju dan Kondusif’.

Lebih lanjut, Hasyim mengatakan, bahwa Raker ini bertujuan membahas rencana kerja anggota legislatif Tahun Anggaran 2024, revitalisasi sekaligus optimalisasi tugas dan fungsi DPRD Kota Medan sebagai presentasi perwakilan warga Kota Medan, untuk mewujudkan Medan menjadi kota yang berkah, maju dan kondusif.

“Rapat Kerja ini merupakan sarana komunikasi dan memperkuat sinergitas DPRD Kota Medan dengan Pemko Medan, melalui program kerja yang menguatkan Tri Fungsi dewan, termasuk fungsi penganggaran,” ucap Hasyim.

Wakil Ketua DPRD Medan T Bahrumsyah saat memberikan kata sambutan dalam acara pembukaan Raker DPRD Medan.

Sebagai lembaga kerakyatan, sambung Hasyim, DPRD Kota Medan senantiasa mendorong dan mendukung Pemko Medan untuk tetap proaktif mensejahterakan masyarakat dan meningkatkan pelayanan publik.

Selanjutnya terkait penguatan fungsi pengawasan, politisi PDI Perjuangan ini mengungkapkan, hal itu terlihat melalui pengawasan terhadap implementasi peraturan daerah dan pelaksanaan APBD, pengawasan terhadap berbagai urusan pemerintahan dan pengawasan tindak lanjut hasil pemeriksaan laporan keuangan oleh BPK.

Begitu juga dengan penguatan fungsi pembentukan Peraturan Daerah (Perda). Dimana dewan harus bertindak secara maksimal, baik dalam hal perencanaan perda inisiatif serta revisi perda yang sudah kadaluarsa, dengan langkah pengkajian akademis untuk menghasilkan perda yang berkualitas.

Ketua DPRD Medan Hasyim SE menyerahkan laporan Raker DPRD Medan.

“Termasuk juga dalam Rapat Kerja ini, membahas peningkatan kapasitas dan optimalisasi DPRD Kota Medan, menyerap dan menghimpun aspirasi masyarakat, baik melalui pelaksanaan sosialisasi produk hukum daerah maupun proses yang dilakukan segenap anggota dewan di daerah pemilihan (dapil) masing-masing,” tuturnya.

Ciptakan Sinergitas Pemko dan DPRD Medan

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Wiriya Alrahman mewakili Wali Kota Medan Bobby Nasution mengharapkan, dengan kegiatan Rapat Kerja ini tercipta sinergitas antara Pemko dan DPRD Medan dalam membangun opini yang baik di tengah-tengah masyarakat Kota Medan.

“Selama ini, masyarakat tidak benar-benar memahami apa itu dewan dan apa itu pemerintah, karena feedback yang dirasakan masyarakat tidak nyata,” jelasnya.

Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman memukul gong pembukaan Raker DPRD Medan.

Rapat Kerja ini Wiriya bilang, dinilai sangat penting karena terkait putusan anggaran untuk tahun berikutnya dan berharap adanya masukan-masukan yang membangun untuk Pemko Medan.

Wiriya juga menyampaikan keinginannya kepada DPRD Medan untuk mengusulkan perda yang menjadi skala prioritas Wali Kota Medan saat ini.

“Sehingga, program tersebut dapat terlaksana dengan benar, agar masyarakat kota Medan merasakan dampak positifnya,” tuturnya.

Selain program prioritas, Wiriya juga menyinggung terkait pengggunaan anggaran agar bisa difokuskan dalam satu wilayah atau dapil. Agar pertumbuhan infrastruktur, sosial, kesehatan dan pendidikan bisa dirasakan masyarakat dalam proses 5 tahun masa kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

“Tentunya penerapan poin-poin ini bisa menginspirasikan bagi kita untuk perubahan Kota Medan. Mumpung kita mempunyai pemimpin yang inovatif serta miliki koneksitas dengan pemerintah pusat,” pungkasnya.

5 Ranperda Usulan Pemko Belum Diselasaikan

Ketua Bapemperda DPRD Medan Dedy Aksyari Nasution mengaku mengeluh masih ada 5 Ranperda usulan Pemko yang belum diselesaikan bahkan naskah akademiknya belum ada.

”Saya sudah berulangkali menyurati pemko melalui Kabag Hukum, tapi belum ada respon. Ranperda yang diusulkan ada yang belum memiliki naskah akademik, ada yang sudah dalam tahap pembahasan tapi tidak dilanjutkan pihak pemko sebagai pengusul Ranperda. Apakah bisa kami selesaikan tanpa melalui Pansus?” tanya Dedy Aksyari kepada pihak Kemendagri di acara Raker DPRD Medan.

Ketua DPRD Medan Hasyim SE foto bersama dengan anggota DPRD Medan.

Makmur Marbun mengatakan, silahkan saja Ranperda tersebut dibahas dan dituntaskan tanpa melalui Pansus asalkan Bapemperda DPRD Medan sanggup mengerjakannya. Tapi untuk Perda yang belum ada naskah akademiknya tapi sudah menahun belum selesai supaya di take over aja ke Kemendagri jika sudah bertahun belum selesai.

Dedy Aksyari Nasution mengatakan, ada 23 Ranperda yang masuk ke Bapemperda DPRD Medan untuk dibahas di tahun 2023 ini. Tapi maksimal yang bisa dibahas 7 Ranperda bisa dibahas sedangkan yang harmonisasi ada 5 Ranperda.

Ranperda dalam tahap harmonisasi kata Dedy adalah yang sudah masuk naskah akademiknya dan sedang dimajukan ke Kemenkum HAM. Setelah naskah akademiknya dievaluasi, barulah Ranperda tersebut bisa diajukan untuk diparipurnakan dengan agenda nota pengantar pengusul.

”Kita berharap semua Ranperda bisa tuntas di tahun ini. Karena tahun depan akan masuk usulan Ranperda baru,’ tandasnya.

Siap Kolaborasi Realisasikan Kesepakatan Raker DPRD

Melalui rapat kerja (raker) DPRD Medan 16-17 Juli 2023 telah mengidentifikasikan dan disepakati sejumlah program yang menjadi fokus dan prioritas untuk dikerjakan Tahun 2024.

Ketua Komisi IV DPRD Medan Haris Kelana Damanik ST MH mengaku siap mendukung dan berkolaborasi kepada seluruh stakeholder guna mewujudkan seluruh program upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Medan.

“Kita apresiasi progres program pembangunan Walikota Medan (red_Bobby Afif Nasution) untuk peningkatan pembangunan Kota Medan,” ujar Haris Kelana.

Anggota DPRD Medan saat mengikuti Raker DPRD Medan.

Seiring dengan itu kata Haris asal politisi Gerindra itu, kolaborasi hasil Raker dengan program Walikota Medan Bobby Afif Nasution perlu ditingkatkan dan ditindaklanjuti. “Saya selaku Ketua Komisi IV bersama teman teman akan bekerjasama guna pencapaian target maksimal yang disepakati di Raker,” paparnya.

Kesepakatan Hasil Raker

Adapun kesepakatan hasil Raker yang menjadi fokus target kerja tahun 2024 yakni

1. Upaya penuntasan Rancangan Peraturan Daerah. Terkait hal ini, DPRD Medan sepakat untuk perlu mengambil langkah konkret melalui program pembentukan Perda yang komprehensif dan kolaboratif dengan Pemerintah Kota Medan. Melalui perangkat daerah dan berbagai pihak, sehingga menghasilkan Perda yang berkualitas dengan tepat waktu.

2. Mempercepat realisasi dan meningkatkan kualitas penyerapan APBD Kota Medan TA 2024. Penggunaan anggaran dengan efisien, efektif, ekonomis, transparan, dan akuntabel. Meningkatkan tata kelola keuangan dan barang milik daerah yang baik dan tepat serta melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan penyerapan APBD sekaligus mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

3. Mendorong Pemko Medan mencapai kota Smart City yang maju dan inovatif, didukung perencanaan yang matang. Mengembangkan teknologi inovatif dan infrastruktur digital yang memungkinkan terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang efektif. Pelaksanaan perizinan yang mudah dan cepat, serta pelayanan publik yang terintegrasi dengan baik.

4. Mendorong peningkatan indeks inovasi daerah. DPRD berharap Medan menjadi “kota terinovatif” dengan berbagai inisiatif dan terbukanya kesempatan yang menstimulasi kreativitas dan kolaborasi antara sektor publik, swasta dan masyarakat.

5. Dalam upaya optimalisasi kinerja dewan, kita mendukung pengembangan sistem dan teknologi, khususnya aplikasi yang telah dibangun di sekretariat DPRD Kota Medan yaitu “smart-wan”untuk mengakselerasitata kelola pemerintahan yang baik, responsif, dan transparan. Memastikan terselenggaranya rangkaian aktivitas kerja wakil rakyat secara paripurna, dan keterlibatan masyarakat dalam proses pembuatan kebijakan publik melalui layar interaktif aspirasiyang baru saja diluncurkan.

6. Mendorong penyempurnaan tata kelola pemerintahan yang lebih baik, melalui penyempurnaan mekanisme pengawasan, serta penerapan manajemen risiko.

7. DPRD berkomitmen menyukseskan terselenggaranya pesta demokrasi tahun 2024 baik pileg maupun pemilihan kepala daerah.

8. Bergerak berkolaborasi untuk mencapai target investasi daerah sebagaisalah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi.

9. DPRD Medan berkomitmen untuk menjaga konsistensi pertumbuhan ekonomi dan melakukan pengendalian laju inflasi di Kota Medan. Dalam upaya ini, DPRD mendukung dan membantu pemerintah kota medan dalam pengendalian laju inflasi perkotaan dan menjaga konsistensi pertumbuhan ekonomi di Kota Medan.

Dalam upaya ini, DPRD mendukung dan membantu pemerintah kota medan dalam pengendalian laju inflasi perkotaan dan menjaga konsistensi pertumbuhan ekonomi di Kota MedanPenggunaan anggaran dengan efisien, efektif, ekonomis, transparan, dan akuntabel.

Meningkatkan tata kelola keuangan dan barang milik daerah yang baik dan tepat serta melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan penyerapan APBD sekaligus mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan.

(adv/mk)

Artikel ini telah dibaca 66 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Rapat Paripurna LKPJ Tahun 2021, Hasyim Minta OPD Bekerja Maksimal

27 April 2022 - 14:47 WIB

Trending di ADVETORIAL