Menu

Mode Gelap

Medan · 16 Nov 2022 20:13 WIB

Siswa SMA YPSA Kembali Raih Medali Emas Penelitian Tingkat Internasional


					Siswa SMA YPSA Kembali Raih Medali Emas Penelitian Tingkat Internasional Perbesar

Medankinian.com, Medan – Tim peneliti siswa-siswi SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) kembali mengharumkan nama Indonesia dalam lomba International Science and Invention Fair 2022 yang diselenggarakan secara offline dan online oleh Indonesian Youth Scientist Association (IYSA) yang bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Ganesha di kota Singaraja, Bali pada 1-5 November 2022.

Menurut Kepala SMA YPSA Dahliana, S.Pd., usai menyambut kepulangan tim peneliti SMA YPSA dengan kalungan bunga di Bandara Internasional Kualanamu Sumatra Utara, Senin (07/11/2022), “Adapun negara-negara yang ikut berpartisipasi dalam perlombaan ini antara lain adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Bulgaria, India, Amerika Serikat (Puerto Rico), Korea Selatan, Filipina, Iran, Uni Emirat Arab, Turkiye, Mesir, Kolombia, Belarus, Romania, Brazil, Algeria,
Arab Saudi, Uruguay, Mexico, Nigeria, Nepal, Hong Kong, Serbia, Itali, Bolivia, Macau (China), Singapura, Kazakhstan, Lebanon, dan Vietnam”.

“Acara ini berlangsung selama dua hari pameran dan kompetisi untuk peserta lokal dan internasional. Peserta dapat menunjukkan ide atau proyek inovatifnya dalam bentuk desain, mock up, prototipe atau produk siap untuk dikomersialisasikan. Pengunjung dan investor global akan diundang untuk mencari beberapa proyek menarik. Untuk menambah keseruan, para juri juga berkeliling ke booth peserta untuk memilih proyek terbaik.”, Dahliana menambahkan.

“Prestasi bukan hanya tentang bronze, silver, ataupun gold, tapi tentang bagaimana cara mengapresiasi diri sendiri yang telah mampu mencapai titik ini”, akhiri Dahliana.

Dicky Mahaputra Tarigan, S.Pd. selaku pembimbing peneliti SMA YPSA mengatakan, “Dalam lomba yang diikuti oleh 32 negara ini, SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) diwakili oleh tiga tim dan masing-masing berhasil meraih 2 Medali Emas dan 1 Perak. Tim pertama yang diisi siswa bernama ZAHRA SALSABILA, SITI RAFA NAJMAH, RASYA FADILLAH, RHISLIN, KEISYA AZZAHRA, ANISA NADIRA TANJUNG dengan judul penelitian Carpocup berhasil meraih Medali Emas dan Special Special Award from Malaysia Innovation Invention Creativity Association”.

“Tim kedua yang digawangi oleh ALYA DEFIRA SUBIANTORO, KENI ANANDHITA, BINTANG MAHARANI BR. GINTING S, RAISA FERA SHAFIQA NASUTION, MARSA SYAUQI DALIMUNTHE, NAYSILLA ZAHFIRA MULYA dengan judul penelitian Maniplast juga berhasil meraih Medali Emas serta Special award from Indonesia Young Scientist Association. Sedangkan tim ketiga yang diisi nama siswa antara lain AISYAH NURUL ADZKIA, DANISH FATURRAHMAN, MUHAMMAD ARYASATYA, NAILAH ZAHWAH NEGARA, NAZWA VAZIELA SIREGAR, dan KANIA RIZKI TAMIMA dengan judul penelitian Glowra berhasil meraih medali Perak dan Special Award from Malaysia Innovation Invention Creativity Association”.

Sebagaimana diketahui, SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) merupakan sekolah yang memadukan kurikulum
Nasional, Agama Islam dan Internasional yang tahun-tahun awal berdirinya sudah mampu menunjukkan
eksistensinya melalui berbagai bentuk pencapaian dan prestasi. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Jalin Kerjasama Dengan Paper.id, Bobby Nasution Ingin Digitalisasi Permudah UMKM Medan Naik Kelas

6 Desember 2022 - 21:28 WIB

Antonius Tumanggor Begadang Pantau Proyek Cor Beton

6 Desember 2022 - 14:55 WIB

Johannes Minta Pecat Oknum Guru Pelaku Pelecehan Seksual

6 Desember 2022 - 14:39 WIB

Dugaan Pelecehan 5 Siswi SMPN di Medan, Haris Kelana: “Proses Hukum Oknum Guru Pelaku Pelecehan Seksual”

6 Desember 2022 - 14:29 WIB

RSUD Bachtiar Djafar Diluncurkan, Sudari: Pemko Jawab Keinginan Masyarakat Medan Utara

5 Desember 2022 - 23:08 WIB

OJK Cabut Izin PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha

5 Desember 2022 - 21:34 WIB

Trending di Medan