Menu

Mode Gelap

Medan · 27 Jul 2022 17:32 WIB

Data Harga Bahan Pokok Diragukan, Komisi III Ajak Damikrot Sidak ke Lapangan


					Data Harga Bahan Pokok Diragukan, Komisi III Ajak Damikrot Sidak ke Lapangan Perbesar

Medankinian.com, Medan – Komisi III DPRD Kota Medan mempertanyakan data yang ada di Dinas Perdagangan tentang kestabilan harga bahan pangan pokok di Kota Medan belakangan ini. Pasalnya, Kepala Dinas Perdagangan Kota Medan Damikrot mengklaim jika harga bahan pangan pokok di Kota Medan relatif stabil. Namun di lapangan, harga-harga bahan pangan pokok justru melambung tinggi dan membuat masyarakat kian ‘menjerit’.

Hal itu dipertanyakan Komisi III DPRD Kota Medan saat menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Perdagangan Kota Medan yang dihadiri langsung Kepala Dinas Perdagangan Kota Medan, Damikrot, Selasa (26/7/2022).

Rapat tersebut dipimpin langsung Ketua Komisi III Afif Abdillah dan para anggota komisi seperti Mulia Syahputra Nasution, Abdul Rahman Nasution, dan Dhiyaul Hayati.

“Tadi bapak sampaikan kalau harga bahan pangan pokok stabil. Faktanya kalau yang kita dengar dari masyarakat nggak begitu, masyarakat bilang hampir semua bahan pokok itu harganya naik dan semakin tidak terjangkau. Inikan kontradiksi jadinya, tidak sesuai dengan data yang bapak bilang itu. Jadi mana yang betul, data bapak yang harganya stabil itu atau harga mahal yang dibilang masyarakat,” tanya Mulia Syahputra kepada Damikrot.

Untuk itu, Mulia pun mengajak Damikrot untuk bersama-sama turun ke lapangan, yakni ke distributor-distributor besar bahan-bahan pokok dan ke pusat-pusat pasar atau pasar induk di Kota Medan guna mengecek kestabilan harga yang dimaksud.

“Harus kita buktikan sama-sama, harga apa yang stabil. Nanti akan kita lihat, benar nggak data yang bapak bilang bahwa harga-harga bahan pokok itu memang stabil. Kita harus sidak sama-sama, nanti bapak (Damikrot) harus ikut sidak sama kita (Komisi III),” tegas Mulia.

Tak cuma itu, Mulia juga mengatakan bahwa saat ini Indonesia termasuk Kota Medan sedang kekurangan stok gandum. Hal itu pun dinilai akan membuat harga gandum yang menjadi bahan dasar roti kian melonjak.

“Gandum di Indonesia itu stoknya diperkirakan cuma sampai bulan 10 (Oktober). Pak Jokowi juga sudah sampaikan itu saat ke Pasar Petisah. Masak mau kita bilang kalau harga-harga tetap stabil,” cetus Mulia.

Mendengar hal itu, Afif Abdillah dan para anggota Komisi III lainnya mengaku sepakat dan akan segera mengatur jadwal sidak bersama Dinas Perdagangan Kota Medan.

“Segera kami jadwalkan. Perlu juga Dinas Perdagangan ini sidak sama komisi III, jadi biar sama-sama kita lihat bagaimana sebenarnya kondisi di lapangan. Data-data yang ada harus kita buktikan sama-sama,” kata Afif.

Menanggapi apa yang disampaikan tersebut, Damikrot mengaku siap untuk sidak bersama Komisi III.

“Kami siap, bapak-bapak dewan yang terhormat bisa jadwalkan dan sampaikan ke kami agar nanti kita sama-sama sidak ke lapangan,” jawabnya.

Sebelumnya dalam paparannya, Damikrot mengaku jika bahan-bahan pangan pokok di Kota Medan relatif stabil, kecuali beberapa bahan pokok seperti cabe merah dan cabe rawit. Sedangkan untuk harga minyak goreng, Damikrot mengatakan jika harganya relatif turun.

“Harga minyak curah yang tadinya mencapai Rp14.000 per liter kini sudah turun menjadi Rp12.500,” tutupnya.
(sdf/mk)

 

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pekerja Digaji di Bawah UMK, Pengusaha Diminta Patuhi UU Cipta Kerja

7 Desember 2022 - 22:45 WIB

Bayek : Tantangan Pembangunan Kota Medan ke Depan Akan Semakin Kompleks

7 Desember 2022 - 22:40 WIB

Pemko Harus Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat Kota Medan

7 Desember 2022 - 22:36 WIB

Hasyim Apresiasi Digelarnya Pentas Seni Siswa dan Bazar Yayasan Perguruan Sutji Murni

7 Desember 2022 - 22:30 WIB

Surianto Nilai Pelayanan Kesehatan Masih Jauh Dari Kata Memuaskan

7 Desember 2022 - 22:26 WIB

Parlindungan Menilai Olahraga di Medan Belum Menunjukkan Kemajuan Berarti

7 Desember 2022 - 22:21 WIB

Trending di Medan