Menu

Mode Gelap

Medan · 25 Jul 2022 12:38 WIB

Rencana Pemasangan 20 Ribu CCTV Masih Tahap Perbaikan Perwal


					Rencana Pemasangan 20 Ribu CCTV Masih Tahap Perbaikan Perwal Perbesar

Medankinian.com, Medan – Sampai saat ini, rencana Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk mengaktifkan 20 ribu unit CCTV di setiap sudut Kota Medan guna meningkatkan sistem keamanan belum menunjukkan progres yang berarti dan terkesan jalan di tempat. Bahkan, sejauh ini masih dalam tahap pembuatan dan perbaikan Peraturan Wali Kota (Perwal).

“Sejauh ini masih dalam perbaikan Perwal. 20 ribu CCTV itu bukan kita beli dan kita pasang, tapi akan bekerjasama dengan masyarakat dan perusahaan-perusahaan agar dapat meng-connect-kan CCTV mereka dengan sistem kita. Untuk itu perlu payung hukum. Itu lah poin yang kita tambahkan lagi dalam Perwal,” beber Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Arrahman Pane, Senin (25/7/2022).

Selain CCTV milik masyarakat, pelaku usaha maupun koorporasi, Arrahman bilang, Pemko Medan juga telah mendata CCTV yang telah dimiliki Pemko Medan melalui OPD-OPD nya.

“Kita sudah data CCTV milik Dinas Perhubungan (Dishub) mauoun OPD-OPD yang lain. Jumlahnya pun berkisar ratusan juga. Belum lagi CCTV milik masyarakat maupun perusahaan-perusahaan tadi. Jadi kekurangannya dar8 20 ribu CCTV baru kita hitung dan beli. Namun, kita sesuaikan dengan anggaran yang ada dulu,” ujarnya.

Arrahman juga mengatakan, penganggaranya baru akan diusulkan dalam APBD Kota Medan tahun depan. Namun begitu, pengaktifan CCTV milik Pemko Medan dan pengkoneksian CCTV milik masyarakat dan koorporasi tersebut akan tetap dilakukan pada tahun ini.

“Tahun ini, pengkoneksian CCTV nya tetap akan dilakukan. Karena Perwalnya sebenarnya sudah selesai, tinggal perbaikan kalimat-kalimat tentang poin-poin yang mengatur penggunaan CCTV masyarakat atau koorporasi itu,” ujarnya.

Begitu perwal selesai, Arrahman menyebutkan, Pemko Medan juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pihak-pihak pemilik CCTV agar CCTV yang mereka miliki dapat dikoneksikan oleh Pemko Medan.

“Nanti OPD-OPD akan bekerjasama dalam mensosialisasikan perwal itu sesuai dengan tupoksinya dan stakeholder nya masing-masing,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan, Pemko Medan memang tengah mematangkan persiapan pengaktifan 20 ribu unit CCTV di setiap sudut Kota Medan guna meningkatkan sistem keamanan dan membantu pihak kepolisian dalam menjaga stabilitas.

“Iya kita rencanakan kemarin, sudah kita masukkan, salah satunya di dinas-dinas kita yang bisa terkaitan dengan itu, baik itu dengan (dinas) kominfo, baik itu dengan Dishub juga,” ucap Bobby, Kamis (13/1/2022) lalu.

Selain itu, sambung Bobby, Pemko Medan juga telah berkoordinasi dengan forkopimda terkait rencana itu.

“Dengan forkopimda juga telah kita komunikasikan, bagaimana bisa meng-connect-kan, CCTV-CCTV masyarakat yang ada didepan. Misalnya di rukonya, di depannya ada CCTV. Itu bisa kita koneksikan juga menjadi pemantauan, baik dari pemerintah ataupun dari Polres. Nah ini yang sedang kita buat kajian aturan-aturannya, supaya juga tidak menyalahi aturan masyarakat,” pungkasnya. (mk/sdf)

 

Artikel ini telah dibaca 77 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Bobby Nasution Ajak Masyarakat Maknai Idulfitri dengan Saling Memaafkan, Silaturahmi, dan Berbagi

10 April 2024 - 10:20 WIB

Ditengah Kemeriahan Malam Takbiran, Ada Petugas Kebersihan Yang Selalu Siaga Membersihkan Sampah

9 April 2024 - 22:26 WIB

Semarak Pawai Kendaraan Meriahkan Malam Takbiran Idul Fitri 1445 H, Bobby Nasution Berharap Masyarakat Mendapatkan Keberkahan

9 April 2024 - 21:11 WIB

Stok Vaksin di Puskesmas Medan Kosong, Dua Bulan Bayi tak Imunisasi

8 April 2024 - 22:50 WIB

Penarik Ojol Dukung Program Bobby Gratiskan Parkir di Kawasan Non e- Parking, Selama Ini Hanya Meresahkan

8 April 2024 - 21:37 WIB

Siap Sambut Wisatawan libur lebaran, Penutupan Medan Zoo Ditunda Sampai Setelah Lebaran

7 April 2024 - 16:53 WIB

Trending di Medan