Menu

Mode Gelap

Sumut · 23 Jun 2022 12:14 WIB

Prihatin dengan Kondisi Rumah Sitime, Sandiaga Berikan Bantuan Sembako dan Modal


					Sitime Dachi (65) memeluk Menparekraf Sandiaga Uno usai memberikan bantuan sembako dan modal perbaikan rumahnya. (ist) 
Perbesar

Sitime Dachi (65) memeluk Menparekraf Sandiaga Uno usai memberikan bantuan sembako dan modal perbaikan rumahnya. (ist)

Medankinian.com, Nias Selatan – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mendatangi Desa Wisata Hilisimaetano, Kecamatan Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Rabu (22/6/2022).

Sandiaga bertemu Sitime Dachi (65) seorang ibu yang tinggal sebatang kara di gubuk berukuran 2×2 meter. Mulanya Sitime yang didampingi Sekretaris Desa Hilisimaetano, Kristiaman Dachi menceritakan kondisinya saat ini. Wanita yang memiliki keterbatasan penglihatan itu mengaku kerap merasa kedinginan ketika hujan.

“Saya tinggal di sini kurang lebih sudah kurang lebih 10 tahun. Saya tinggal sendiri di sini dengan keadaan tempat tinggal yang kita lihat sendiri di sini,” kata Sitime saat bertemu Sandiaga.

“Anak laki-laki saya meninggal, yang harusnya mengurus saya. Sehingga saya sendiri di sini pak Menteri,” lanjut Sitime.

Melihat kondisi yang memprihatin ini, Sandiaga memutuskan untuk membantu Sitime. Bantuan tersebut dalam bentuk sembako dan modal untuk membeli bahan-bahan perbaikan rumah.

“Saya ingin memberikan modal untuk membeli bahan-bahan untuk memperbaiki rumah Ina, bu Sitime agar tidak kedinginan kalau lagi hujan. Saya minta pak Sekdes ini tolong dikerjakan segera secara gotong royong melibatkan masyarakat dalam membantu ibu Sitime ini,” ucap Sandiaga.

Momen haru terjadi setelah pernyataan bantuan tersebut diucapkan oleh Sandiaga. Sitime dengan spontan memeluk Sandiaga sembari mengucap rasa syukur dan berdoa.

“Saya berdoa pak Menteri sehat dan pak Menteri jadi pemimpin besar di negeri ini. Tidak ada balasan ke pak Menteri. Hanya Tuhan yang membalas kebaikan pak Menteri,” ungkap Sitime.

Diketahui kunjungan Sandiaga ini terkait dengan program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Adapun Desa Wisata Hilisimaetano masuk sebagai 50 desa/kampung wisata terbaik tahun ini.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan Astra. Di sana, Sandiaga juga memberikan bantuan berupa tempat sampah dan tempat cuci tangan untuk membantu fasilitas Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE) kepada Desa Wisata Hilisimaetano.

Adapun di Desa Wisata Hilisimaetano  menyuguhkan Fahombo yang merupakan satu atraksi utama. Fahombo ini sebuah tradisi lompat batu setinggi kurang lebih 2 meter. Di desa ini sejak dini, anak-anak dilatih secara rutin untuk melakukan Fahombo dengan replika batu yang lebih kecil.

Para wisatawan juga dapat menikmati pemandangan alam. Secara geografis Desa Wisata Hilisimaetano memiliki wilayah seluas 10 hektar yang merupakan dataran dengan beberapa perbukitan. (red/mk)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Kakek Muhadi 30 Tahun Terdampar di Labuhan Batu Akhirnya Dipulangkan

29 Juni 2022 - 20:03 WIB

Satpolair Patroli Perairan Cegah Peredaran Gelap Narkoba & PMI

29 Juni 2022 - 16:13 WIB

Pembunuh dan Pemerkosa Siswi SMP di Langkat Ditangkap! Lihat Tampangnya

28 Juni 2022 - 14:31 WIB

Damkar Tanjungbalai Tangkap Ular Sanca Sepanjang 3 Meter yang Mangsa Ternak Warga

27 Juni 2022 - 19:23 WIB

Sakit Tak Kunjung Sembuh, Janda Di Simalungun Akhiri Hidup dengan Minum Racun Hama

27 Juni 2022 - 12:36 WIB

Kunjungi Rumah Adat Puri Melayu Sri Menanti, Sandiago Membatik Khas Tebing Tinggi

25 Juni 2022 - 19:14 WIB

Trending di Sumut