Menu

Mode Gelap

Medan · 23 Mei 2022 21:19 WIB

Berpotensi Besar Sumbang PAD, Dishub Medan Harus Evaluasi Parkir di KIM dan Pelabuhan Belawan


					Berpotensi Besar Sumbang PAD, Dishub Medan Harus Evaluasi Parkir di KIM dan Pelabuhan Belawan Perbesar

Medankinian.com, Medan – Ketua Komisi IV DPRD Medan Haris Kelana Damanik ST pertanyakan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) retribusi parkir dari Kawasan Industri Medan (KIM) I dan kawasan Pelabuhan Belawan. Retribusi parkir dari dua kawasan tersebut dinilai belum maksimal dan diduga mengalami kebocoran.

Hal tersebut disampaikan Haris Kelana Damanik ST kepada wartawan, Senin (23/5/2022).

Dikatakan Haris, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan selaku konterpart Komisi IV DPRD Medan diharapkan mampu terus menggali potensi PAD. Apalagi dengan penerapan E-Parking kiranya dapat diberlakukan disemua titik.

Di KIM I misalnya kata Haris, penerapan E- Parkir patut diberlakukan. Sehingga perolehan retribusi dapat maksimal dan terhindar dari kebocoran. Sama halnya di Pelabuhan Belawan agar dilakukan evaluasi dan perlu inovasi sistim penerimaan retribusi parkir. Karena di dua lokasi dimaksud sangat potensi besar menyumbang PAD dari sektor parkir.

“Kita minta Dishub Medan juga melakukan evaluasi upaya peningkatan PAD sektor parkir di KIM dan Pelabuhan Belawan dan selama ini belum maksimal,” tandas Haris.

Bukan itu saja kata Haris, Dishub Medan juga diharapkan dapat berinovasi peningkatan PAD dari sektor uji KIR. Menurut Haris, perolehan PAD dari uji KIR kendaraan truk kontainer berpotensi ditingkatkan yang selama ini belum maksimal.

“Uji KIR terhadap kendaraan roda gandeng truk kontainer belum maksimal. Dishub harus mengkaji ulang,” pinta Haris seraya menyebut, Komisi IV DPRD akan memanggil Dishub untuk dilakukan Rapat Rengar Pendapat (RDP) membahas hal tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Medan, Iswar Lubis mengaku jika kawasan KIM dan Pelabuhan Belawan bukan wewenang Dishub untuk mengutip retribusi parkir.

“Kita hanya bisa melakukan pengutipan retribusi parkir pinggir jalan saja. Pelabuhan merupakan jalan lingkungan kerja pelabuhan,” terangnya singkat. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

AMPI Medan Salurkan Bantuan Sembako kepada Korban Banjir

19 Agustus 2022 - 14:55 WIB

Pemko Medan Dinilai Kurang Serius Atasi Banjir

18 Agustus 2022 - 20:44 WIB

Haris Kelana Minta Masalah Banjir Jangan Saling Menyalahkan

18 Agustus 2022 - 20:39 WIB

Medan Dilanda Banjir, Kecamatan Medan Selayang Gercep Bantu Masyarakat

18 Agustus 2022 - 20:35 WIB

Upacara HUT RI ke-77, Bobby Ajak Kolaborasi Wujudkan Medan Berkah, Maju & Kondusif

18 Agustus 2022 - 20:26 WIB

Rahudman Harahap Apresiasi Kekompakan Pewarta Polrestabes Medan

16 Agustus 2022 - 19:42 WIB

Trending di Medan