Menu

Mode Gelap

Sumut · 12 Jan 2022 10:24 WIB

Komunitas Kampung Sendiri Tanam Pohon di Kawasan TNGL


					Komunitas Kampung Sendiri saat melakukan aksi penanaman pohon di kawasan TNGL. Perbesar

Komunitas Kampung Sendiri saat melakukan aksi penanaman pohon di kawasan TNGL.

Medankinian.com, Langkat – Komunitas Kampung Sendiri menggelar penanaman pohon di kawasan penyangga Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Penanaman pohon dilakukan di kawasan Hulu Sungai Lau kulap, Dusun Pamah Semilir, Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat mulai, Senin (10/1/2022) sampai Selasa (11/1/2022).

Penanaman pohon aren dan buah ini berkolaborasi bersama Kodim 0203/Lkt,  Balai Besar TNGL, River School, Pesona Langkat, Yayasan Orangutan Sumatra Lestari – Orangutan Informasi Center (YOSL-OIC), Pamah View dan Desa Telagah.

“Dusun Pamah Simelir, Desa Telagah, merupakan kawasan Buffer Zone TNGL. Penanaman ini merupakan bentuk kepedulian pemuda bagi keberlanjutan konservasi yang berada di kawasan tersebut agar pohon yang ditanam kelak dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sumber ekonomi mereka,” ujar Bobi Septian selaku Kordinator Kampung Sendiri, Selasa (11/1/2022).

“Kami sengaja menanam pohon aren, karena memiliki banyak fungsi, bisa menghasilkan air nira, ijuk, lidih, gula merah. Bahkan pohon aren merupakan pohon yang mampu menahan erosi. Selama 2 hari kita telah melaksanakan penanaman bersama anak-anak sekolah dan pihak desa. Kita juga akan melakukan perawatan pohon yang ditaman.” Sambungnya.

Bobi berharap, semua pihak dapat terlihat dalam upaya menjaga kawasan hutan yang berada tersebut baik itu masyarakat desa, perkotaan, pemerintah dan TNI.

Sementara Itu, Dandim 0203/ Langkat Letkol Inf Wisnu Joko Saputro sangat mengapresiasi kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan oleh para pecinta lingkungan dalam upaya pelestarian hutan guna menunjang perekonomian masyarakat dan sungai yang dilakukan di Dusun Pamah Simelir.

“Sebagai penopang paru-paru dunia, kita harus selalu melakukan pelestarian dan menjaga hutan kita. Kami akan berusaha untuk membantu dalam menjaga melestarikan alam desa ini dan mudah mudahan bisa kita adakan TMMD didesa ini tahun depan,” terangnya.

Sementara itu Kepala Seksi V Bahorok Balai Besar Tanam Nasional Gunung Leuser, diwakili Kepala Resort Bekancan John Purba mengatakan, apa yang dilakukan Kampung Sendiri dan kawan-kawan merupakan program yang sangat baik.

“Dimana target penanaman pohon aren yang di tanam dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai perekonomian, tanpa melakukan perambahan kawasan hutan,” tutupnya. (red/mk)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

OJK Laksanakan Edukasi Keuangan & Simpanan Pelajar di Kota Binjai

8 Agustus 2022 - 19:17 WIB

Ketum Forkolimat Hadiri Safari Subuh bersama Majelis Arafah

31 Juli 2022 - 18:45 WIB

Kunjungi Pasar Wisata Kawan Lama, Rahudman: Kearifan Lokal yang Harus Didukung

31 Juli 2022 - 18:37 WIB

OJK Sumbagut Sosialisasi Pasar Modal ke ASN Pemkab Sergai

27 Juli 2022 - 16:48 WIB

DPD PJS Sumut Dikukuhkan, Harvick: Semoga Bisa jadi Penyeimbang Dalam Dunia Pers

25 Juli 2022 - 19:57 WIB

Menteri Bahlil Sebut Ketum HIPMI Sumut Layak Dapat Rekor Muri Gegara Ini

23 Juli 2022 - 21:37 WIB

Trending di Sumut