Menu

Mode Gelap

Sumut · 12 Jan 2022 10:35 WIB

Komunitas Kampung Sendiri Tanam Pohon di Kawasan TNGL


					Komunitas Kampung Sendiri saat melakukan aksi penanaman pohon di kawasan TNGL. Perbesar

Komunitas Kampung Sendiri saat melakukan aksi penanaman pohon di kawasan TNGL.

Medankinian.com, Langkat – Komunitas Kampung Sendiri menggelar penanaman pohon di kawasan penyangga Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Penanaman pohon dilakukan di kawasan Hulu Sungai Lau kulap, Dusun Pamah Semilir, Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat mulai, Senin (10/1/2022) sampai Selasa (11/1/2022).

Penanaman pohon aren dan buah ini berkolaborasi bersama Kodim 0203/Lkt,  Balai Besar TNGL, River School, Pesona Langkat, Yayasan Orangutan Sumatra Lestari – Orangutan Informasi Center (YOSL-OIC), Pamah View dan Desa Telagah.

“Dusun Pamah Simelir, Desa Telagah, merupakan kawasan Buffer Zone TNGL. Penanaman ini merupakan bentuk kepedulian pemuda bagi keberlanjutan konservasi yang berada di kawasan tersebut agar pohon yang ditanam kelak dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sumber ekonomi mereka,” ujar Bobi Septian selaku Kordinator Kampung Sendiri, Selasa (11/1/2022).

“Kami sengaja menanam pohon aren, karena memiliki banyak fungsi, bisa menghasilkan air nira, ijuk, lidih, gula merah. Bahkan pohon aren merupakan pohon yang mampu menahan erosi. Selama 2 hari kita telah melaksanakan penanaman bersama anak-anak sekolah dan pihak desa. Kita juga akan melakukan perawatan pohon yang ditaman.” Sambungnya.

Bobi berharap, semua pihak dapat terlihat dalam upaya menjaga kawasan hutan yang berada tersebut baik itu masyarakat desa, perkotaan, pemerintah dan TNI.

Sementara Itu, Dandim 0203/ Langkat Letkol Inf Wisnu Joko Saputro sangat mengapresiasi kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan oleh para pecinta lingkungan dalam upaya pelestarian hutan guna menunjang perekonomian masyarakat dan sungai yang dilakukan di Dusun Pamah Simelir.

“Sebagai penopang paru-paru dunia, kita harus selalu melakukan pelestarian dan menjaga hutan kita. Kami akan berusaha untuk membantu dalam menjaga melestarikan alam desa ini dan mudah mudahan bisa kita adakan TMMD didesa ini tahun depan,” terangnya.

Sementara itu Kepala Seksi V Bahorok Balai Besar Tanam Nasional Gunung Leuser, diwakili Kepala Resort Bekancan John Purba mengatakan, apa yang dilakukan Kampung Sendiri dan kawan-kawan merupakan program yang sangat baik.

“Dimana target penanaman pohon aren yang di tanam dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai perekonomian, tanpa melakukan perambahan kawasan hutan,” tutupnya. (red/mk)

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Mantan Anggota DPRD Langkat Tewas Ditembak OTK

27 Januari 2023 - 10:17 WIB

SILPA Rp300 Miliar 2022?: Wabup Tapsel Tidak dilibatkan dan Heran

25 Januari 2023 - 12:39 WIB

Ganjar Milenial Bagi-Bagi Vitamin dan Pengobatan Gratis di Langkat

21 Januari 2023 - 13:07 WIB

Rumah Kades Tanjung Gunung Dimolotov OTK, Kaca Berserakan di Teras

18 Januari 2023 - 16:35 WIB

Berikan Pengeras Suara untuk Majelis Taklim di Sergai, Ustadz Sahabat Ganjar: Untuk Kemaslahatan Umat

17 Januari 2023 - 19:15 WIB

Peringati Harlah ke 50, DPC PPP Kota Padang Sidempuan santuni 317 anak yatim

17 Januari 2023 - 18:41 WIB

Trending di Sumut