Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 15 Okt 2021 13:37 WIB

Dukung Pertanian Kabupaten Toba, PT Inalum Serahkan Alat Pemipil Jagung


					Manajemen PT Inalum (Persero) menyerahkan bantuan 5 mesin pemipil jagung kepada Kepala Desa Siantar Utara, Pargaulan Marpaung didampingi Anggota Komisi VII DPR RI, Lamhot Sinaga, Ketua DPRD Kabupaten Toba, Effendy Napitupulu da Kepala Dinas Koperindag Toba Tua Pangaribuan Perbesar

Manajemen PT Inalum (Persero) menyerahkan bantuan 5 mesin pemipil jagung kepada Kepala Desa Siantar Utara, Pargaulan Marpaung didampingi Anggota Komisi VII DPR RI, Lamhot Sinaga, Ketua DPRD Kabupaten Toba, Effendy Napitupulu da Kepala Dinas Koperindag Toba Tua Pangaribuan

Medankinian.com, Balige– PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) (Persero) menyerahkan bantuan lima unit Mesin Pemipil Jagung kepada Petani di Desa Siantar Utara (Siruar), Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba, Sumatera Utara di Kantor Balai Desa Parsuratan Balige Senin (11/10/2021).

Bantuan ini merupakan kolaborasi Inalum bersama Lamhot Sinaga, anggota DPR RI Komisi VII. Lamhot Sinaga, sebagai rekan kolaborasi Inalum dalam program ini menyebut bahwa program ini merupakan program rutin yang sering dilakukan oleh Inalum di Sumatera Utara. Ia berharap bahwa program ini bisa terus diperluas jangkauannya, sehingga Petani Jagung di Sumatera Utara bisa lebih sejahtera.

“Terima kasih kepada PT Inalum (Persero) yang tidak habis-habisnya membantu masyarakat. Saya sampaikan aspirasi Masyarakat kepada PT Inalum (Persero) untuk saat ini membantu petani jagung, dan mereka langsung bantu dengan memberi lima unit Mesin Pemipil Jagung. Mereka juga tidak hanya bantu Masyarakat di Toba tetapi juga Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan dan tempat-tempat lainnya,” ujar Lamhot.

Senior Vice President CSR & PKBL Inalum, Ismail Midi menyebutkan bahwa program ini merupakan langkah Inalum dalam meningkatkan kelas dari Petani di Sumatera Utara, khususnya Kabupaten Toba. Ia berharap, bantuan ini akan membantu Masyarakat Desa Siantar Utara dalam meningkatkan hasil tani dan kesejahteraannya.

“Kami berharap bantuan yang telah diberikan kepada Masyarakat bisa dimanfaatkan dengan baik. Tadi Pak Lamhot juga menjelaskan tentang harga jagung yang membaik setelah dihentikannya impor jagung. Sehingga ini menjadi peluang untuk masyarakat meningkatkan produksi jagung melalui teknologi yang ada. Semoga produk jagung dan ekonomi masyarakat jadi ikut meningkat,” ujar Ismail.

Sebagai informasi, lima unit mesin pemipil jagung yang diserahkan Inalum merupakan perlengkapan penting dalam proses hilirisasi produk jagung. Alat pemipil jagung akan memperbaiki hasil jagung pipilan sekaligus proses pekerjaan memipil jagung jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan cara manual, yaitu dengan menggunakan tangan.

Dengan waktu pemipilan yang lebih singkat, maka petani akan lebih mudah menjualnya ke pasaran.

Selain Lamhot Sinaga kegiatan juga dihadiri oleh Kepala Desa Siantar Utara, Pargaulan Marpaung, Ketua DPRD Kabupaten Toba, Effendy Napitupulu dan Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Toba Tua Pangaribuan.

Kepala Desa Siruar Pargaulan Marapaung mewakili masyarakat Desa Siruar menyampaikan terima kasih kepada PT INALUM (Persero) dan Lamhot Sinaga atas bantuan yang diberikan.

Harapannya dengan adanya bantuan Mesin Pemipil Jagung dapat menumbuhkan semangat bertani pada para Petani Jagung dan membantu meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.

 

(mk/sdf)

 

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tingkatkan Kapabilitas, Bank Sumut MoU dengan LPPI

29 Februari 2024 - 22:02 WIB

Sumut Memasuki Musim Kemarau, Jangan Sampai Sumut Alami Kelangkaan Gas 3 Kg

28 Februari 2024 - 17:06 WIB

Wali Kota Medan Hadiri RUPS Tahunan dan RUPS LB PT. Bank Sumut

26 Februari 2024 - 18:43 WIB

Harga Cabai Naik Hingga 100% Secara Bulanan, Gambaran Inflasi Sumut Di Februari Menakutkan

23 Februari 2024 - 12:22 WIB

Dirut Bank Sumut Ajak Insan Kampus Pahami Sejarah Untuk Menghadapi Tantangan dan Isu Kontemporer

22 Februari 2024 - 08:11 WIB

Harga Jagung Naik Picu Kenaikan Harga Pakan, KPPU Dalami Lagi Pasar Yang Membentuk Oligopoli

16 Februari 2024 - 17:40 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis