Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 14 Okt 2021 13:41 WIB

Di Apeksi Yogyakarta, Bobby Nasution Sebut Akan Banyak Libatkan Masyarakat untuk Pembangunan Kota Medan


					Bobby Nst dan istri Kahiyang Ayu dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Perbesar

Bobby Nst dan istri Kahiyang Ayu dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming

Medankinian.com, Medan- Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menghadiri acara Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Yogyakarta, Rabu (13/10/2021).

Dalam kesempatan itu dia berbicara tentang menjalankan roda pemerintahan yang efektif dan efisien dengan memaksimalkan teknologi serta meningkatkan peran masyarakat dalam membangun kota.

Kegiatan Apeksi ini perdana dihari menantu Presiden Jokowi itu sejak dilantik menjadi Wali Kota Medan pada 26 Februari 2021 lalu.

“Ini pertama kali saya mengikuti kegiatan Apeksi tentunya Kota Medan sendiri akan terus ikut serta dalam apapun penyelenggaraan Apeksi ke depan terkhusus tema tahun ini tahun 2021 tentang menjadi kota yang pintar, smart city dalam menggunakan digitalisasi,” ujar Bobby.

Dalam kesempatan itu, dia mengatakan Pemko Medan akan lebih banyak melibatkan masyarakat dalam hal pembangunan di masa yang akan datang.

“Pemerintah yang efesien dan transparan, lebih melibatkan masyarakatnya ke depan,” tuturnya.

Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Bima Arya, menyebut momentuk pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini menjadi momentum untuk smart city. Apalagi ditopang tiga dimensi berkaitan dengan efesiensi, transparan, dan partisipatif.

“Efisiensi, kerja kita menjadi lebih efesiensi. Kedua, smart city untuk partisipasi kita berperan dalam menggerakkan roda perubahan, smart city untuk transparansi, tidak ada korupsi dan tidak ada yang bertentangan dengan hukum,” katanya.

Lima tahun lalu, kata Bima, tidak ada yang membayangkan koordinasi dengan pemerintah pusat bisa berjalan lebih cepat.

“Lima tahun lalu kita tidak pernah membayangkan melakukan zoom metting, berkoordinasi dengan menteri, gubernur dan forkopimda. Karena ada kebutuhan, menjadi lebih cepat,” katanya.

Setiap pekan, dibilang Wali Kota Bogor ini pemerintah daerah terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam penanganan COVID-19, sampai akhirnya bisa melandai seperti ini.

“Jadi kalau COVID-19 melandai dan dipuji oleh forum internasional ini adalah keberhasilan dan kolaborasi kita semua, mari kita jaga momentum ini agar tidak ada muncul varian baru. Kedua, momentum tepat dalam arti smart city harus dikonsolidasikan lagi,” urainya.

Untuk diketahui wali kota se-Indonesia berkumpul di Yogyakarta dalam event Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) 2021 yang digelar Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). ISCFE 2021 satu rangkaian dengan kegiatan Rapat Kerja Teknis APEKSI 2021 sekaligus sebagai ajang membahas isu-isu terkini seputar smart city.

(mk.sdf)

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tingkatkan Pengetahuan dan Pemahaman, ASN Pemko Medan Ikuti Bimtek Sengketa dan Permasalahan Hukum Kontrak

18 Oktober 2022 - 16:17 WIB

Bobby Nasution: Berkantor Di Medan Utara Janji Kampanye & Tangani Permasalahan Yang Ada

8 Oktober 2022 - 09:09 WIB

10 Pejabat Eselon II Pemko Medan Mengikuti PKN TK II Angkatan XIX

27 Juli 2022 - 14:27 WIB

Warga Medan Bisa Urus KTP dan Izin Usaha Sambil Nonton Keseruan Beranda Kreatif

21 Juni 2022 - 08:15 WIB

Pemko Medan Beri Pembekalan pada ASN yang Akan Masuki Usia Pensiun

15 Juni 2022 - 17:39 WIB

Bobby Nasution Revitalisasi Lapangan Merdeka, Warga Butuh Ruang Publik Berinteraksi

12 Juni 2022 - 18:34 WIB

Trending di Pemerintahan