Menu

Mode Gelap

Medan · 20 Sep 2021 16:56 WIB

Jalin Sinergi dengan Pemko Medan untuk Revitalisasi Lapangan Merdeka, Pemprovsu Janjikan Rp 100 M


					Jalin Sinergi dengan Pemko Medan untuk Revitalisasi Lapangan Merdeka, Pemprovsu Janjikan Rp 100 M Perbesar

Medankinian.com, Medan-  Wali Kota Medan Bobby Nasution membawa sejumlah OPD untuk menghadiri rapat koordinasi dengan Gubernur Sumatera Utara di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubsu Senin (20/9/2021).

Pada kesempatan itu, Bobby Nasution menjelaskan sejumlah proyek yang akan segera dibangun di Kota Medan. Yang terdekat adalah revitalisasi Lapangan Merdeka Medan. Dan yang tak kalah penting adalah normalisasi sungai di Kota Medan untuk mencegah banjir.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Medan Benny Iskandar ditugaskan Bobby Nasution untuk memaparkan proyek yang akan dikerjakan. Teknis, kendala dan kebutuhan biaya dengan gamblang disampaikan di sana.

Pertama, untuk revitalisasi Lapangan Merdeka menjadi lebih bagus, dibutuhkan anggaran sebesar Rp174 miliar. Gubsu Edy Rahmayadi dengan jelas sangat mendukung rencana revitalisasi Lapangan Merdeka tersebut.

Utamanya karena dalam semangat revitalisasi itu, Lapangan Merdeka akan dikembalikan menjadi ruang terbuka hijau.

Edy lantas memerintahkan Kepala Bappeda Sumut untuk membantu memberikan dana sekitar Rp100 miliar untuk revitalisasi Lapangan Merdeka.

Bobby Nasution katakan, akhir tahun akan dilakukan tender sehingga awal Januari 2022 pelaksanaan revitalisasi Lapangan Merdeka bisa dilaksanakan.

Sedangkan untuk penanggulangan banjir, salah satu yang akan dilakukan Pemko Medan adalah membenahi tiga sungai utama di Kota Medan. Sungai Bedera, Babura dan Sungai Deli.

Di sini dibutuhkan anggaran yang tak sedikit. Untuk normalisasi Sungai Bedera butuh dana sebesar Rp71,8 M. Sedangkan untuk pembebasan lahan di sekitar Sungai Babura butuh dana Rp1,3 triliun. Sedangkan untuk pembenahan Sungai Deli butuh uang sebesar Rp180 miliar lebih.

Maka itu, dibutuhkan koordinasi yang maksimal antara Kota Medan dengan Deliserdang hingga Binjai. Dan dijembatani oleh Pemprovsu.

Kepala Bappeda Medan Benny Iskandar pun menyambut baik bantuan yang akan diberikan Pemprovsu.

“Sejauh ini Pak Wali sudah sering berkoordinasi dengan Dirjen di kementerian terkait, BWS hingga Kabupaten Deliserdang. Dengan adanya bantuan dari Pemprovsu akan lebih baik dan mempercepat pelaksanaan revitalisasi dan normalisasi sungai,” kata Benny.

“Jadi kita akan tunggu realisasi bantuan itu sambil terus berkoordinasi dengan OPD Pemprovsu,” pungkasnya.

 

(Mk/sdf)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pemko Medan Raih Penghargaan Anugerah Meritokrasi 2022

8 Desember 2022 - 21:21 WIB

Bobby Nasution Berpacu Benahi Infrastruktur, Sampai November 2022 Sepanjang 158 Km Jalan Telah Diperbaiki

8 Desember 2022 - 21:18 WIB

Pekerja Digaji di Bawah UMK, Pengusaha Diminta Patuhi UU Cipta Kerja

7 Desember 2022 - 22:45 WIB

Bayek : Tantangan Pembangunan Kota Medan ke Depan Akan Semakin Kompleks

7 Desember 2022 - 22:40 WIB

Pemko Harus Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat Kota Medan

7 Desember 2022 - 22:36 WIB

Hasyim Apresiasi Digelarnya Pentas Seni Siswa dan Bazar Yayasan Perguruan Sutji Murni

7 Desember 2022 - 22:30 WIB

Trending di Medan