Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 8 Sep 2021 16:56 WIB

Jaringan 5G XL Diperkenalkan di Kota Medan, Langsung Dijajal Wali Kota


					Jaringan 5G XL diperkenalkan di Medan Perbesar

Jaringan 5G XL diperkenalkan di Medan

Medankinian.com, Medan- XL Axiata terus memperluas jaringan 5G di Indonesia. Setelah hadir di beberapa kota di Jawa, XL Axiata kini menggelar pengenalan ketersediaan jaringan 5G di Medan.

Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mencoba langsung demo kecanggihan layanan 5G di XL Center Diponegoro, Medan.

Di acara pengenalan jaringan 5G di Medan ini, juga dilakukan komunikasi bersama menggunakan fasilitas video conference di jaringan 5G dengan Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini serta perwakilan Kementerian Kesehatan yang berada di Jakarta.

Turut mendampingi di acara ini, antara lain Chief Human Capital Officer XL Axiata, M. Hira Kurnia. Program ini merupakan bagian dari implementasi komitmen XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya Membangun Indonesia Digital.

I Gede Darmayusa menyampaikan, demo layanan 5G di Medan diselenggarakan dalam rangka sosialisasi jaringan dan layanan 5G kepada masyarakat Medan pada khususnya dan bahkan Sumatera Utara. Hal ini sekaligus sebagai salah satu tahapan dari persiapan XL Axiata untuk menggelar layanan 5G secara komersial dan massif nantinya. Selanjutnya, setelah Medan, Banjarmasin dan Makassar, XL Axiata akan terus memperluas sosialisasi ke kota-kota lain secara bertahap sehingga layanan 5G XL Axiata bisa dinikmati di lebih banyak lokasi di Indonesia.

Di lokasi demo, pelanggan yang sudah memiliki smartphone yang mendukung 5G XL Axiata bisa mencoba langsung layanan 5G XL Axiata dari handset pelanggan, bagi pelanggan lainnya yang belum memiliki perangkat 5G pendukung bisa merasakan 5G XL Axiata melalui beragam demo layanan 5G yang ditampilkan, serta edukasi terkait 5G dari customer care representative XL Axiata.

Untuk demo di XL Center Diponegoro Jalan Diponegoro No. 5 Medan, Sumatera Utara, pelanggan bisa mencoba demo cloud gaming, 4K video streaming, 360 degree camera dan live video streaming dan VR experience.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) menyatakan XL Axiata lolos Uji Laik Operasi (ULO) untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia. Kelolosan ULO 5G tersebut tertuang dalam Surat Keterangan Laik Operasional (SKLO) yang diterima manajemen XL Axiata.

Selain Medan, Banjarmasin and Makassar, sejak 18 Agustus 2021, demo 5G XL Axiata juga sudah tersedia di Jakarta, Depok, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Layanan 5G XL Axiata telah tersedia pada lokasi XL Center di kota-kota ini.

XL Axiata akan mempercepat penyiapan ekosistem yang diperlukan, termasuk jaringan fiber dan modernisasi jaringan, berkolaborasi dengan penyedia perangkat dalam penyediaan perangkat smartphone 5G agar mudah didapatkan pelanggan dan masyarakat, penyediaan dari sisi sumber daya manusia, hingga edukasi untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat mengenai manfaat teknologi 5G guna mendukung kehidupan sehari-hari.

Saat ini XL Axiata memiliki lebih dari 56 juta pelanggan, yang ditopang lebih dari 156 ribu BTS, termasuk lebih dari 65 ribu BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia. XL Axiata akan terus melakukan peningkatan dan pengembangan jaringan guna meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan layanan digital guna memberikan kemudahan bagi aktifitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia.

Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Sejak Desember 2014, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE, yang dilanjutkan dengan pengembangan 4G LTE komersial skala nasional pada bulan Juli 2015. XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan Celcom (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), dan Ncell (Nepal).

(mk/sdf)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

102 Pelaku UMKM Gelar Festival Kuliner Mentai di Depan Kolam Renang Selayang

8 Desember 2022 - 21:46 WIB

Bank Sumut Dan SMF Jalin Kerjasama

4 Desember 2022 - 13:23 WIB

KPPU Umumkan Hasil Kompetisi Persaingan Artikel Usaha

3 Desember 2022 - 10:04 WIB

KPPU Soroti Kebijakan Moratorium Penjualan Getah Pinus Keluar Wilayah Aceh

30 November 2022 - 11:33 WIB

Gelar Customer Gathering 2022, INALUM Serukan Kolaborasi TIngkatkan Value Added Industri Aluminium Nasional

26 November 2022 - 07:58 WIB

KPPU Kanwil I Sambangi Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Terkait Persoalan Sawit di Sumut

17 November 2022 - 09:35 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis