Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 25 Mar 2021 15:44 WIB

Semangat Kolaborasi, Bobby Nasution Ajak Staf Kementerian Lihat Lokasi TPA di Deliserdang


					Semangat Kolaborasi, Bobby Nasution Ajak Staf Kementerian Lihat Lokasi TPA di Deliserdang Perbesar

Medankinian.com, Patumbak– Kolaborasi hingga tingkat pusat benar-benar dijalankan oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution. Rabu (24/3/2021) pagi Bobby berkunjung ke Desa Patumbak-1 Kecamatan Patumbak Kabupaten Deliserdang.

Di Kecamatan Patumbak itu, Bobby mengecek lahan untuk Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) yang berada di Desa Sumbul Sinembah Tanjung Muda Hilir.

Jadi, pada pertemuan itu hadir setidaknya empat stake holder terkait. Pertama Pemprovsu, Kementerian Maritim dan Investasi, Pemerintah Kabupaten Deliserdang dan Pemko Medan. Empat stake holder ini harus berkolaborasi mempercepat pembangunan kawasan TPA yang akan dimulai tahun ini juga.

Mewakili Pemprovsu hadir Chairul Abidin selaku Kabid Cipta Karya dan Tata Ruang Dinas SDA. Dari Chairul diketahui bahwa PTPN 2 selaku pemilik lahan sudah mengukur ada 50 hektar lahan yang bisa dibebaskan untuk pembangunan TPA.

Dari penjelasan awal, pembangunan TPA di kawasan tersebut masih membutuhkan waktu realisasi pada 2023. Namun dengan kehadiran Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Maritim dan Investasi, Nani Hendiarti diketahui teknis agar mempercepat proses pembangunan TPA di sana.

“Kalau 2023 kelamaan, maka itu ada teknis yang bisa mempercepat. Itu yang harus didorong oleh Kabupaten kota. Saya rasa bisa ini di 2022 sudah mulai pembangunan dan tahun ini sudah sampai tingkat kajian dan perizinan,” kata Nani Hendiarti.

“Maka itu kita di sini akan bantu fasilitasi dan koordinasi ke pusat,” sambung Nani.

Pemprovsu pun menyanggupi dengan catatan segera dilakukan MoU dengan stake holder terkait untuk proses percepatan.

Menariknya, tim kolaborasi mengatasi berbagai masalah yang butuh koordinasi baik antara Medan dan Deliserdang sudah disusun oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan.

Keduanya baru saja bertemu tepatnya pada Ahad (21/3/2021) lalu, yang inti dari pertemuan itu adalah berkolaborasi untuk pengelolaan daerah. Termasuk di antaranya soal kebersihan.

Pemko Medan sendiri sudah sangat siap mendukung pembangunan TPA di kawasan itu terlebih Medan dapat jatah lahan seluas 16,3 hektar untuk mengelola sampahnya di sana.

“Kami sambut baik kolaborasi ini, Pemko siap bekerjasama dengan Deliserdang juga karena memang lahannya di Deliserdang. Dan kami juga siap mendukung sekuat tenaga, pikiran agar bisa mempercepat pembangunan fisik TPA di sini. Targetnya 2022 sudah harus berdiri bangunan fisik,” kata Bobby Nasution.

Sementara Bupati Deliserdang Ashari Tambunan juga menyatakan kesiapan untuk berkolaborasi dengan Pemko Medan. “Kami sudah pernah bertemu dengan Pak Wali dan akan segera bentuk tim. Kita akan siapkan MoU segera agar percepatan TPA terlaksana,” kata Ashari Tambunan.

(MK/sdf)

Artikel ini telah dibaca 162 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pola Tersohor, Inovasi Kecamatan Medan Johor dalam Penanganan Kebersihan

27 Januari 2023 - 19:21 WIB

Gebrakan Baru Penerangan Jalan,, Dishub Medan Buka Layanan Pengaduan Gangguan LPJU

10 Januari 2023 - 15:00 WIB

Hari Pertama Kerja di Tahun 2023, Kecamatan Medan Selayang Langsung Adakan Tes Urine Kepada Seluruh Aparatur

2 Januari 2023 - 15:48 WIB

Sei Agul Dicanangkan Jadi Kelurahan Cantik

28 Desember 2022 - 13:06 WIB

Tingkatkan Pengetahuan dan Pemahaman, ASN Pemko Medan Ikuti Bimtek Sengketa dan Permasalahan Hukum Kontrak

18 Oktober 2022 - 16:17 WIB

Bobby Nasution: Berkantor Di Medan Utara Janji Kampanye & Tangani Permasalahan Yang Ada

8 Oktober 2022 - 09:09 WIB

Trending di Medan