Menu

Mode Gelap

Bisnis · 21 Agu 2024 17:55 WIB

OJK Sumut Ajak Pelajar Semangat Menabung


					OJK Sumut Ajak Pelajar Semangat Menabung Perbesar

Medankinian.com, Medan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya tingkatkan literasi keuangan masyarakat, termasuk kepada pelajar dan profesi tenaga pengajar.

“Upaya itu merupakan salah satu sasaran prioritas penerima program edukasi keuangan yang tercantum dalam Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021-2025,” ujar Kepala OJK Provinsi Sumatera Utara, Khoirul Muttaqien, pada puncak Hari Indonesia Menabung (HIM) di Medan, Selasa (20/8).

Strategi tersebut, katanya diimplementasikan OJK bersama pemerintah kabupaten dan kota di Sumatera Utara dalam wadah Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), melalui program kerja Sinergi Aksi Literasi dan Inklusi Keuangan.

Menurutnya menumbuhkan kebiasaan menabung sangatlah penting di kalangan masyarakat terutama di tengah tantangan ekonomi global yang semakin dinamis.

Karena itu, pemerintah melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 26 Tahun 2019 menetapkan 20 Agustus menjadi Hari Indonesia Menabung serta mencanangkan program Aksi Indonesia Menabung melalui Dewan Nasional Keuangan Inklusif.

“Langkah-langkah ini bertujuan untuk mendorong masyarakat menabung di Lembaga jasa keuangan formal,” ungkap  Muttaqien.

Dalam  mendukung peningkatan inklusi keuangan dan penanaman budaya menabung sejak dini, OJK Sumatera Utara bersama pemerintah kabupaten/kota di Sumatera Utara dan Perbankan yang tergabung dalam Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) melaksanakan rangkaian Hari Indonesia Menabung dengan total lebih dari 40 kegiatan di beberapa Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara.

Kegiatan itu dihadiri sebanyak 10.860 peserta, sejak dilakukan kick off Road To HIM pada Juni 2024 yang lalu di Binjai. Pelaksanaan puncak HIM di  Medan bertemakan “Menabung untuk Indonesiaku”.

Kegiatan yang digelar secara hybrid ini dihadiri lebih dari 1.800 peserta yang berasal dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk perwakilan dari pemerintah daerah, serta kepala sekolah, guru, tenaga pengajar dan siswa/i tingkat SD, SMP, dan sederajat di Sumut.

Hari Indonesia Menabung 2024 dirancang sebagai momentum untuk mengajak masyarakat, terutama pelajar dan generasi muda, untuk mulai menabung demi masa depan yang lebih baik.

Rangkaian puncak HIM 2024 meliputi berbagai kegiatan edukatif seperti talkshow tentang literasi keuangan, waspada investasi dan pinjaman online illegal, serta Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) bagi guru dan pelajar.

Melalui peringatan HIM 2024, OJK berharap pelajar semakin sadar akan pentingnya menabung dan para guru dapat memberikan edukasi pengelolaan keuangan yang bijak untuk masa depan yang lebih cerah.

Sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan akses keuangan pelajar pada lembaga jasa keuangan yang semakin inklusif, terdapat seremonial penyerahan tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) kepada 40 pelajar tingkat SD dan SMP di Medan. (ril/mk)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Ojk dan Forkom IJK Sumut Edukasi Pelajar di Tapteng

19 Oktober 2024 - 22:24 WIB

Sektor Perbankan dan Ekonomi Sumut Tumbuh Positif

15 Oktober 2024 - 20:41 WIB

Forkom Ijk Sumut Gelar Edukasi Keuangan Di Sman 2 Kabanjahe

3 Oktober 2024 - 20:50 WIB

Mengawali Rangkaian Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan 2024, Forkom IJK Sumut Goes to Universitas Labuhanbatu

27 September 2024 - 21:31 WIB

OJK Sumut & Satgas PASTI Bersinergi Berantas Aktivitas Keuangan Ilegal

30 Agustus 2024 - 12:24 WIB

OJK Perkuat Infrastruktur Sistem Layanan Informasi Keuangan

25 Agustus 2024 - 19:52 WIB

Trending di Bisnis