Menu

Mode Gelap

Sumut · 21 Agu 2024 11:22 WIB

Mind ID Kembali Gelar Lomba Karya Tulis, Terbuka Bagi Jurnalis dan Mahasiswa


					Mind ID Kembali Gelar Lomba Karya Tulis, Terbuka Bagi Jurnalis dan Mahasiswa Perbesar

Medankinian.com, Medan – MIND ID kembali menggelar Kompetisi Karya Jurnalistik 2024 dengan mengusung tema “Merangkai Masa Depan”. Tidak hanya mengajak para jurnalis, tahun ini MIND ID melibatkan mahasiswa dalam lomba karya tulis ini.

Head of Department Corporate Communication MIND ID, Pratiwa Dyatmika saat sosialisasi MediaMIND 2024 di Aula Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (FKM USU), Selasa (20/8/2024) menjelaskan, kompetisi MediaMIND merupakan ajang untuk jurnalis dan mahasiswa untuk menuangkan pemikiran, ide dan analisisnya dalam bentuk karya tulis, foto.

“Kompetisi ini juga ditujukan bagi mahasiswa Indonesia yang berperan aktif dalam menggali dan menyuarakan perspektif baru tentang masa depan industri ini,” kata Pratiwa Dyatmika yang hadir bersama Humas INALUM Gilang Sukma dan Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sumut, Azhari.

“MIND ID merupakan BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia yang beranggotakan PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT INALUM, dan PT Timah Tbk,” ungkap Pratiwa.

Kompetisi ini memberi kesempatan bagi para jurnalis untuk mempublikasikan karya-karya jurnalistik yang membawa dampak positif bagi industri pertambangan mineral batubara.

Humas INALUM Gilang Sukma yang juga hadir memaparkan, INALUM merupakan Anggota Grup MIND ID yang merupakan produsen aluminium terbesar di Indonesia, dan didirikan pada tahun 1976 dan berpusat di Kabupaten Batubara.

“Dengan komitmen terhadap lingkungan, INALUM memiliki 3 buah bendungan dan dua PLTA yang menjadi energi dasar Pembangkit Listrik Tenaga Air milik perusahaan,” jelasnya.

Sedangkan tema ‘Merangkai Masa Depan’, MediaMIND 2024 menekankan latar belakang isu terkait hilirisasi mineral dan batubara (minerba) yang berkontribusi bagi perekonomian Indonesia.

Selain memperkuat ekonomi nasional, hilirisasi minerba dapat meningkatkan nilai tambah komoditas, memperluas peluang pasar, menciptakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah.

Rantai hilirisasi ini diharapkan terus tersambung hingga ke industri yang lebih hilir terutama ekosistem baterai untuk kendaraan listrik.

Subtema MediaMIND 2024 terbagi menjadi lima: Ekonomi, Industrialisasi, Environmental, Social, dan Governance (ESG), Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, serta Ekosistem Baterai Kendaraan Listrik.

Sementara itu Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sumut, Azhari menyebutkan bahwa Lomba Karya ilmiah ini untuk upaya meningkatkan kesadaran tentang industri pertambangan.

“Kita ketahui bahwa industri pertambangan berperan memberikan kontribusi ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, lomba karya tulis ini memberi pemahaman kepada publik terkait kontribusi dan peran industri pertambangan di Indonesia termasuk dampak ekonomi hingga tantangan yang dihadapi kedepannya

Dia juga mengatakan, kompetisi karya jurnalistik merupakan agenda tahunan MIND ID di Sumatera Utara dan provinsi lainnya.

(sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Peringatan HSN 2024, Faisal Hasrimy: Santri Pilar Utama Masa Depan Bangsa

23 Oktober 2024 - 14:40 WIB

Warga Kota Medan Ditipu Belasan Juta di Langkat

21 Oktober 2024 - 20:22 WIB

Hadiri Wisuda Akbid Langkat Angkatan XIX dan XX, Faisal Hasrimy: Lulusan Akbid Harus Berikan Pelayanan Kesehatan Prima kepada Masyarakat

18 Oktober 2024 - 08:46 WIB

Faisal Hasrimy Perkuat Kolaborasi dengan KAHMI Untuk Pengentasan Stunting di Langkat

17 Oktober 2024 - 20:50 WIB

Pj Bupati Langkat Harapkan Tingkatkan Kapasitas FKDM Hadapi Pilkada Serentak

16 Oktober 2024 - 20:54 WIB

Terima Audiensi SKK Migas Sumbagut dan KKKS, Faisal Dukung Kolaborasi Untuk Kesejahteraan Masyarakat

16 Oktober 2024 - 19:58 WIB

Trending di Sumut