Menu

Mode Gelap

Medan · 12 Jul 2024 16:06 WIB

SMA YPSA Raih Medali Perak Kompetisi JDIE 2024 Jepang, 25 Negara Berpartisipasi


					SMA YPSA Raih Medali Perak Kompetisi JDIE 2024 Jepang, 25 Negara Berpartisipasi Perbesar

Medankinian.com, Medan –  Siswa-siswi SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) meraih medali Perak dalam event perlombaan Japan Design, Idea, And Invention Expo (JDIE) 2024 didukung World Invention Intellectual Property Association (WIIPA) yang berlangsung pada 6-7 Juli 2024 di Ariake Garden Convention Center, Tokyo, Japan.

Hal ini disampaikan Kepala SMA YPSA Dahliana, S.Pd.,M.M., usai menyambut kedatangan para peraih medali di Bandar Udara International Kualanamu, Jumat (12/7/2024).

Dahliana mengatakan bahwa siswa peneliti SMA Shafiyyatul Amaliyyah yang beranggotakan Rafi Ataya Rizqullah Harahap, Ikhlas Wanur Fikri, Tsabita Shahnaz, Qesha Nadhifa, Jashmine Alya, Batrisya Dayana, ⁠dan Anjani Sri Duana ini memamerkan produk karya mereka yang diberi nama HangTime.

“Hangtime adalah aplikasi pencarian cafe di Kota Medan berbasis Android yang memiliki fitur-fitur canggih seperti lokasi terdekat, menu favorit, dan jumlah pengunjung yang hadir, sehingga kostumer dapat mengetahui ketersediaan kursi tanpa perlu reservasi”, Jelas Dahliana.

“JDIE sendiri merupakan pameran/kompetisi karya ilmiah yang diselenggarakan oleh World Invention Intellectual Property Associations (WIIPA), sebuah lembaga yang menaungi para inventors berkualitas”, tambah lagi.

Guru pembimbing Penelitian SMA YPSA Dicky Mahaputra Tarigan menyebutkan bahwa ada 343 tim dari 25 negara di dunia yang mengikuti kompetisi ini.

“Ada 25 Negara yang turut mengikuti perlombaan penelitian ini, yaitu Japan, Thailand,Taiwan, Iran, Vietnam, Malaysia, Indonesia, Saudi Arabia, Hong Kong, Macau, Romania, Cambodia, Poland, Philippines, South Korea, United States, Canada, Australia, China, Türkiye, United Kingdom, Mongolia, Singapore, Moldova, dan New Zealand”, kata Diki.

Sebelumnya, Ketua harian YPSA Addaratul Hasanah, S.Pd., M.Sos., Melepas secara resmi tim peneliti SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) ini mengikuti even ini di Pelataran Masjid Shafiyyatul Amaliyyah Senin pada 19 Juni 2024.

Kepala Departemen Pendidikan dan IT YPSA Bagoes Maulana, M.Kom., mengatakan bahwa YPSA sebagai salah satu sekolah Islam Internasional di Medan berkomitmen bahwa penelitian ini menjadi salah satu keunggulan YPSA untuk melatih siswa dalam berpikir kritis dan bernalar tinggi.

“Ini juga sebagai wujud ikhtiar kami menjadikan SMA YPSA sebagai sekolah terbaik di kota Medan, Sumatra Utara yang menjadi pilihan tepat bagi siswa dan orang tua siswa”, tegas Bagoes.

(sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Reskrim Polsek Medan Baru Tangkap Pelaku Pencurian Sepeda Motor di Pelataran Parkir Mesjid Al Jihad

23 Oktober 2024 - 20:09 WIB

Raih IPK 4, Mantan Pejabat Sumut Hadiri Sidang Promosi Doktor Agus Marwan

22 Oktober 2024 - 22:36 WIB

HMI Sumut: Lima Tahun Jadi Gubernur, Edy Rahmayadi, Cuma Bisa Marah-marah 

22 Oktober 2024 - 12:13 WIB

Kisah Nursyamsiah, Penderita Batu Empedu Bisa Berobat Gratis Pakai KTP Program Bobby Nasution

21 Oktober 2024 - 10:22 WIB

Sekda Prov Sumut Sampaikan Proses Seleksi Jabatan Kadis Kesehatan Sudah Sesuai Prosedur

20 Oktober 2024 - 14:47 WIB

Sampai 16 Oktober, Surplus APBD Kota Medan TA 2024 Sebesar Rp. 326,47 Miliar

19 Oktober 2024 - 18:28 WIB

Trending di Medan