Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 22 Jun 2024 12:18 WIB

Harga Cabai Merah Sentuh 36 Ribu, Harga Bawang Merah Diproyeksikan Turun Lagi


					Harga Cabai Merah Sentuh 36 Ribu, Harga Bawang Merah Diproyeksikan Turun Lagi Perbesar

Medankinian.com, Medan – Harga cabai merah melanjutkan penurunan pada perdagangan akhir pekan ini. Dari hasil pemantauan di pasar, harga cabai merah dijual dalam rentang 36 ribu hingga 45 ribu per Kg. Dimana harga cabai merah di wilayah deli serdang cenderung lebih murah dibandingkan dengan di sekitar kota medan. Selain cabai merah, harga tomat juga diperdagangkan turun.

Di level pedagang besar, harga tomat ditransaksikan dikisaran 1.000 hingga 2.000 per Kg. Di level pengecer harga tomat ditransaksikan dalam rentang 3.000 hingga 6.000 per Kg dengan beragam kualitas yang telah melewati proses penyortiran. Meskipun kita masih bisa menemukan harga tomat yang dijual 8 ribu per Kg nya, khususnya di sekitar kota medan.

Selain dua komoditas tersebut, harga bawang merah juga berpeluang untuk mengalami penurunan dalam waktu dekat. Saya menilai harga bawang merah di pekan depan berpeluang untuk turun tipis, dari kisaran harganya saat ini 32 ribu hingga 36 ribu per Kg. Sisi persediaan (supply) yang membaik menjadi peluang bagi harga bawang merah untuk lanjutkan penurunan.

Untuk komoditas lainnya terpantau bergerak stabil di akhir pekan ini. Seperti daging ayam, bawang putih, gula pasir, minyak goreng, beras, telur ayam, dan daging sapi. Sementara harga ikan segar seperti tongkol mengalami kenaikan dan dijual dikisaran 20 ribu per Kg. Untuk ikan dencis ditransaksikan dikisaran 25 ribu per Kg nya.

Secara keseluruhan harga sejumlah kebutuhan pangan strategis masyarakat cenderung mengalami penurunan setelah perayaan Idul Adha. Meskipun banyak komoditas pangan yang turun, namun untuk harga cabai merah dan bawang merah sejauh ini dinilai masih cukup mahal. Dan di bulan juni ini, deflasi di Sumut kian jelas terlihat.

Demikian menurut analisis Pengamat Ekonomi Kota Medan Benjamin Gunawan. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tensi Politik AS Memanas, Picu Pelemahan Rupiah Dan IHSG

23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Putusan KPPU Terkait Penetapan Harga Pada Penyediaan Jasa Depo Peti Kemas di Pelabuhan Panjang Lampung Berkekuatan Hukum Tetap

21 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Swasembada Pangan Harus Libatkan Banyak Petani

21 Oktober 2024 - 10:27 WIB

Pasca Pengumuman Kabinet, IHSG Dan Rupiah Bergerak Mendatar

21 Oktober 2024 - 09:32 WIB

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Dan IHSG Beda Arah

15 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Tersengat Sentimen Negatif Eksternal, IHSG Ditutup Melemah

9 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis