Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 21 Jun 2024 09:57 WIB

IHSG Bertahan Di Zona Hijau Ditengah Minimnya Sentimen, Rupiah Melemah Dekati 16.500


					IHSG Bertahan Di Zona Hijau Ditengah Minimnya Sentimen, Rupiah Melemah Dekati 16.500 Perbesar

Medankinian.com, Medan – Kinerja IHSG pada sesi perdagangan pembukaan perdagangan ditransaksikan menguat dikisaran 6.838. Disisi lain, sejumlah bursa di Asia ditransaksikan mixed, dimana sebagian bursa di China memimpin koreksi pada perdagangan hari ini. Kinerja IHSG melanjutkan penguatan di sesi perdagangan pagi, setelah pada perdagangan kemarin IHSG juga mampu menguat ditengah tekanan mata uang Rupiah.

Disisi lain, mata uang Rupiah masih melanjutan pelemahan. Di sesi perdagangan pagi, Rupiah terpantau melemah dikisaran level 16.470 per US Dolar. Kinerja mata uang rupiah mengalami tekanan, sekalipun US Dolar juga tidak didukung oleh sejumlah indikator keuangan yang membaik. Kinerja USD Index, imbal hasil US Treasury yang relatif stagnan pada dasarnya tidak memberikan dorongan penguatan pada US Dolar.

Dan US Dolar sendiri juga terpantau bergerak relatif stabil terhadap sejumlah mata uang asia lainnya. Kebijakan BI yang mempertahankan bunga acuan memang tidak banyak membantu Rupiah untuk menguat di pasar spot. Karena pasar justru tengah dibayangi suku bunga acuan The FED yang tinggi untuk waktu yang lama.

Sehingga sebaiknya mewaspadai potensi tekanan yang berpeluang terjadi pada IHSG, seiring dengan pelemahan Rupiah ditambah dengan minimnya agenda ekonomi pada hari ini. Saya menilai IHSG masih berpeluang untuk berayun dalam rentang 6.770 hingga 6.870. Sementara rupiah, diproyeksikan berada dalam rentang 16.430 hingga 16.490.

Pasar keuangan di tanah air pada dasarnya belum didukung sentimen fundamental yang mampu mendorong penguatan. Selanjutnya, harga emas ditransaksikan menguat di kisaran $2.360 per ons troy nya. Harga emas cenderung menguat seiring dnegan memburuknya tensi geopolitik global. Disisi lain, emas cenderung dirugikan dengan arah kebijakan The FED sejauh ini.

Demikian menurut analisis Pengamat Ekonomi Kota medan Benjamin Gunawan. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tensi Politik AS Memanas, Picu Pelemahan Rupiah Dan IHSG

23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Putusan KPPU Terkait Penetapan Harga Pada Penyediaan Jasa Depo Peti Kemas di Pelabuhan Panjang Lampung Berkekuatan Hukum Tetap

21 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Swasembada Pangan Harus Libatkan Banyak Petani

21 Oktober 2024 - 10:27 WIB

Pasca Pengumuman Kabinet, IHSG Dan Rupiah Bergerak Mendatar

21 Oktober 2024 - 09:32 WIB

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Dan IHSG Beda Arah

15 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Tersengat Sentimen Negatif Eksternal, IHSG Ditutup Melemah

9 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis