Menu

Mode Gelap

Medan · 2 Mar 2024 14:03 WIB

Meutya Hafid: Wujudkan Pemilu 2024 yang Bermartabat dengan Tangkal Berita Hoaks


					Meutya Hafid: Wujudkan Pemilu 2024 yang Bermartabat dengan Tangkal Berita Hoaks Perbesar

Medankinian.com, Medan – Dengan adanya kemajuan teknologi dan media sosial, tantangan untuk menangkal berita hoax semakin besar. Hal ini akan sangat mempengaruhi proses demokrasi dan keputusan masyarakat dalam memilih calon pemimpin.

“Untuk mengatasi permasalahan ini, langkah-langkah tangkal berita hoax perlu segera diambil, dibutuhkan edukasi yang lebih masif kepada masyarakat tentang cara mengenali berita hoax.”. Ucap Meutya Viada Hafid selaku Ketua Komisi I DPR RI dalam seminar Literasi Digital bertajuk “Tangkal Berita Hoaks pada Pemilu 2024”.

“Masyarakat perlu memahami tentang bagaimana melakukan pengecekan fakta dan keaslian berita sebelum menyebarkannya ke orang lain. Selain itu, media massa dan media sosial juga perlu bertanggung jawab dalam menyebarkan informasi, tidak hanya memikirkan popularitas atau keuntungan semata”. Tambahnya

Seorang Influencer dan Content Creator, Sylvi Dhea Angesti juga mengatakan, Pemilu 2024 merupakan momen yang sangat penting dalam perjalanan demokrasi Indonesia.

“Pemerintah juga perlu meningkatkan pengawasan terhadap konten-konten yang tersebar di media sosial. Kebijakan yang ketat perlu diberlakukan terhadap pihak-pihak yang dengan sengaja menyebarkan berita palsu atau hoax. Sanksi yang tegas perlu diterapkan sebagai bentuk efek jera dan menjadi pelajaran bagi yang lain.”. Ucapnya

“Tidak hanya itu, peran lembaga independen dalam memeriksa kebenaran berita dan fakta-fakta politik juga perlu ditingkatkan. Lembaga ini akan membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi yang valid dan berimbang”. Tambahnya. (02/01/2024).

Meutya Hafid juga berharap, dengan adanya informasi yang benar, diharapkan masyarakat dapat lebih cerdas dalam menyikapi isu-isu politik yang muncul menjelang pemilu.

“Di tengah arus informasi yang begitu cepat dan jumlahnya yang begitu besar, tangkal berita hoax pada pemilu 2024 bukanlah tugas yang mudah”. Ucapnya

“Namun, dengan adanya upaya bersama antara pemerintah, lembaga independen, serta masyarakat, diharapkan permasalahan ini dapat diminimalisir. Pemilihan umum yang adil dan demokratis dapat terwujud jika berita hoax berhasil ditangkal dengan efektif”. Tambahnya.

(sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Reskrim Polsek Medan Baru Tangkap Pelaku Pencurian Sepeda Motor di Pelataran Parkir Mesjid Al Jihad

23 Oktober 2024 - 20:09 WIB

Raih IPK 4, Mantan Pejabat Sumut Hadiri Sidang Promosi Doktor Agus Marwan

22 Oktober 2024 - 22:36 WIB

HMI Sumut: Lima Tahun Jadi Gubernur, Edy Rahmayadi, Cuma Bisa Marah-marah 

22 Oktober 2024 - 12:13 WIB

Kisah Nursyamsiah, Penderita Batu Empedu Bisa Berobat Gratis Pakai KTP Program Bobby Nasution

21 Oktober 2024 - 10:22 WIB

Sekda Prov Sumut Sampaikan Proses Seleksi Jabatan Kadis Kesehatan Sudah Sesuai Prosedur

20 Oktober 2024 - 14:47 WIB

Sampai 16 Oktober, Surplus APBD Kota Medan TA 2024 Sebesar Rp. 326,47 Miliar

19 Oktober 2024 - 18:28 WIB

Trending di Medan