Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 2 Jan 2024 15:31 WIB

Harga Cabai Meroket Dan Bergerak Liar Setelah Tahun Baru, Ga Perlu Panik!


					Harga Cabai Meroket Dan Bergerak Liar Setelah Tahun Baru, Ga Perlu Panik! Perbesar

Medankinian.com, Medan – Harga cabai merah meroket setelah perayaan tahun baru 1 usai. Harga cabai merah pada perdagangan hari selasa bergerak liar dengan menyentuh 60 ribu per Kg di wilayah deli serdang. Sementara cabai rawit berada di kisaran 52 ribu per Kg nya. Harga cabai di kota medan juga mengalami kenaikan meskipun masih mampu ditransaksikan di bawah 40 ribu per Kg. Namun, untuk cabai rawit ditransaksikan di kisaran 50 ribuan di kota medan.

Harga cabai yang bergerak liar dengan kenaikan yang cukup tajam, di picu oleh kondisi pasar yang masih belum sepenuhnya aktif. Masih banyak ditemukan pedagang yang belum membuka lapaknya. Ditambah lagi pasokan dari petani juga belum pulih seiring dengan libur panjang tahun baru kemarin. Jadi kenaikan harga cabai yang terjadi saat ini diproyeksikan akan berlangsung sesaat.

Harga berpeluang kembali normal pada perdagangan hari kamis nanti. Dimana aktifitas masyarakat juga mengalami pemulihan nantinya. Sementara itu sejumlah komoditas pangan lainnya seperti bawang merah dan bawang putih terpantau masih cukup stabil. Harga daging ayam masih dikisaran 31 ribuan per Kg, bawang merah dijual dikisaran 35 ribuan per Kg, bawang putih ditransaksikan dikisaran harga 38 ribu per Kg nya.

Harga beras juga masih relatif stabil dalam rentang 13.500 hingga 15 ribu per Kg. Telur ayam, gula pasir, daging sapi, dan minyak goreng juga terpatau bergerak stabil sejauh ini. Dari semua komoditas pangan strategis, harga cabai berpeluang untuk turun dalam waktu dekat. Sementara harga daging ayam meskipun menjelang tahun baru kemarin mengalami kenaikan.

Namun harga daging ayam diproyeksikan sulit untuk turun di bulan januari ini. Harga cabai juga berpeluang untuk cenderung bertahan di kisaran 25 hingga 35 ribu per Kg hingga jelang maret mendatang. Dari hasil observasi lapangan, petani memang tengah mempersiapkan panen besar cabai jelang Ramadhan.

Namun sayangnya besaran index produksi untuk cabai sejauh ini masihs edikit dibawah angka 100. Jadi harga sulit untuk turun dalam nantinya. Kecuali limpahan pasokan cabai dari luar Sumut benar benar terjadi nantinya. Namun sebaiknya harga cabai bertahan di angka keekonomiannya, karena akan mendorong petani untuk tetap semangat menanam kembali tanamannya.

Demikian menurut analisis Pengamat Ekonomi Kota Medan Benjamin Gunawan. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 43 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tensi Politik AS Memanas, Picu Pelemahan Rupiah Dan IHSG

23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Putusan KPPU Terkait Penetapan Harga Pada Penyediaan Jasa Depo Peti Kemas di Pelabuhan Panjang Lampung Berkekuatan Hukum Tetap

21 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Swasembada Pangan Harus Libatkan Banyak Petani

21 Oktober 2024 - 10:27 WIB

Pasca Pengumuman Kabinet, IHSG Dan Rupiah Bergerak Mendatar

21 Oktober 2024 - 09:32 WIB

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Dan IHSG Beda Arah

15 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Tersengat Sentimen Negatif Eksternal, IHSG Ditutup Melemah

9 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis