Menu

Mode Gelap

Medan · 9 Okt 2023 11:44 WIB

Omong-Omong Sastra Sumut Hadir Kembali


					Omong-Omong Sastra Sumut Hadir Kembali Perbesar

Medankinian.com, Medan – Setelah dua tahun vakum, Omong-omong Sastra (OOS) Sumatra Utara akan hadir kembali menemui sastrawan dan peminat sastra. Persisnya Sabtu 21 Oktober 2023 nanti, Komisariat Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Sumatra Utara akan menjadi tuan rumah di Pusat Bahasa Universitas Sumatra Utara.

“Kami tahu, kegiatan OOS ini sudah lama vakum. Hal ini seiring melesunya geliat bersastra di Sumatra Utara. Semoga OOS nanti bisa memicu semangat kembali,” kata Ketua HISKI Sumatra Utara, Prof. Wan Syaifuddin, M.A., Ph.D.

OOS merupakan paguyuban sastra tertua yang ada di Sumatra Utara. Kegiatan sastra ini mulai berlangsung pada tahun 1976 di Medan dan masih terus eksis hingga saat ini. Kegiatan dua bulanan ini juga merupakan even sastra yang paling banyak melibatkan sastrawan dari berbagai daerah.

Acara ini tidak dipungut biaya. Semua narasumber atau pemakalah tidak diberi bayaran dan transportasi alias mereka hadir dengan sukarela. Tuan rumah acara dari rumah ke rumah, dari kampus ke kampus, atau dari lembaga ke lembaga. Dalam acara juga tidak ada daftar hadir yang mewajibkan seorang harus hadir setiap pertemuan, siapa yang bisa hadir ya silakan hadir.

“Harapan khusus diberikan kepada guru-guru, dosen, dan mahasiswa bahasa Indonesia Sumatra Utara agar kiranya dapat menghadiri acara ini sebagai silaturrahim antara akademisi dan para sastrawan,” tutur Syaifuddin

Guru Besar Universitas Sumatra Utara itu menyebutkan, OOS akan membahas berbagai tema seputar kesusastraan di Tanah Air, menghadirkan narasumber Dr. Rosliani, M.Hum. dari Balai Bahasa Sumatra Utara dan Siti Maulid Dina, seorang penulis muda produktif.

“Acaranya berlangsung pukul 12.30–17.00 WIB, dimulai makan siang bersama. Bagi kawan-kawan sastrawan dan penulis yang berminat dipersilakan hadir dan memberikan sumbangsih pemikirannya,” sebut mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Utara ini.

Sebelumnya, OOS berlangsung di Sanggar GENERASI Medan, Minggu 20 Desember 2020, bersamaan peluncuran buku antologi puisi “Sajak Ulat Bulu” Suyadi San, menampilkan pembicara Ys. Rat dan Dr. Rosliani, M.Hum. Kala itu, acara ini turut dihadiri Plt Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Camat Medan Amplas, Lurah Harjosari I, sastrawan, dan pemerhati sastra lainnya.

Pendiri OOS, Dr. Shafwan Hadi Umry, M.Hum., yang sedang berada di negara Oman, menyambut baik lanjutan acara ini. “Paten, Bro…lanjutkan, insya Allah bulan Bahasa November kita buat kegiatan dengan topik yang berbeda,” ucap Shafwan via chat WhatsApp kepada Suyadi San, Sekretaris HISKI Sumatra Utara, selaku penyelenggara. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 76 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Reskrim Polsek Medan Baru Tangkap Pelaku Pencurian Sepeda Motor di Pelataran Parkir Mesjid Al Jihad

23 Oktober 2024 - 20:09 WIB

Raih IPK 4, Mantan Pejabat Sumut Hadiri Sidang Promosi Doktor Agus Marwan

22 Oktober 2024 - 22:36 WIB

HMI Sumut: Lima Tahun Jadi Gubernur, Edy Rahmayadi, Cuma Bisa Marah-marah 

22 Oktober 2024 - 12:13 WIB

Kisah Nursyamsiah, Penderita Batu Empedu Bisa Berobat Gratis Pakai KTP Program Bobby Nasution

21 Oktober 2024 - 10:22 WIB

Sekda Prov Sumut Sampaikan Proses Seleksi Jabatan Kadis Kesehatan Sudah Sesuai Prosedur

20 Oktober 2024 - 14:47 WIB

Sampai 16 Oktober, Surplus APBD Kota Medan TA 2024 Sebesar Rp. 326,47 Miliar

19 Oktober 2024 - 18:28 WIB

Trending di Medan