Menu

Mode Gelap

Medan · 14 Sep 2023 12:32 WIB

Pemilihan Ketua OSIS SMA YPSA TP. 2023-2024 Berbasis Web Secara Online


					Pemilihan Ketua OSIS SMA YPSA TP. 2023-2024 Berbasis Web Secara Online Perbesar

Medankinian.com, Medan – Sekretaris Umum YPSA Rizki Fadilah Raz, M.Psi.Psikolog., membuka dengan resmi pemilihan calon ketua dan wakil ketua OSIS SMA Shafiyyatul Amaliyyah, Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) Tahun Pelajaran 2023-2024 yang dilaksanakan berbasis web secara online di lapangan Sport Centre YPSA, Rabu (13/9/2023).

Dalam sambutannya Miss Kiki sapaan akrab Sekum YPSA ini menyampaikan agar siswa dapat memahami pemilihan Ketua OSIS SMA YPSA secara online.

“Saya harapkan siswa-siswi YPSA dapat memahami pemilihan berbasis web secara online ini. Ini menjadi bekal siswa-siswi SMA YPSA di masa akan datang”.

Sementara itu Kepala SMA YPSA Dahliana, S.Pd., mengatakan bahwa kelebihan yang dimiliki e-voting yakni pertama layanan tersebut menggunakan perangkat elektronik untuk memberikan suara. Sementara sistem pemilihan konvensional menggunakan kertas surat suara. Disini kita sudah melakukan penghematan kertas.

“Kedua, e-voting dapat menghitung dan mencetak struk audit. Sementara sistem konvensional mengandalkan perhitungan manual. Ketiga, e-voting mampu melakukan pengiriman langsung dari perangkat komputer tempat pemilihan ke komputer server. Adapun sistem konvensional, pengiriman dilakukan secara fisik dan berjenjang waktu”. Jelas Kepala SMA YPSA ini.

Kepala Departemen Pendidikan dan IT YPSA Bagoes Maulana, M.Kom., menyebutkan teknis pemilihannya yaitu “Siswa menginput user ID sesuai ID Card siswa dan Passwordnya 4 digit terakhir dari ID siswa tersebut. Kemudian siswa memilih kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIS dengan cara menekan tombol submit/pilih.”

“Terakhir, e-voting diklaim dapat menghitung hasil dengan cepat dan akurat karena menggunakan perangkat elektronik. Sementara sistem manual relatif lebih lama. Sistem e-voting juga memiliki keunggulan lainnya antara lain, akurasi dan online. Sistim ini diharapkan dapat meminimalisir kesalahan dan mendeteksi jika ditemukan rekayasa suara”, akhiri Bagoes.

Sebelumnya, panitia pemilihan OSIS SMA YPSA melakukan seleksi calon ketua dan wakil ketua OSIS SMA. Setelah didapatkan 3 pasangan calon yang memenuhi kriteria, maka ketiga pasangan calon melakukan kampanye di area sekolah.

Setelah kampanye, para calon debat di depan para siswa SMA YPSA sekaligus menyampaikan visi misinya. Usai debat dan penyampaian visi misi, seluruh siswa SMA YPSA melakukan E-Voting pemilihan calon ketua dan wakil ketua OSIS SMA di lapangan hijau YPSA.

Usai memilih di bilik yang sudah terdapat labtop yang terhubung dengan internet, siswa dan gurupun keluar dari bilik suara, pemilih meletakkan jari kedalam tinta sebagai tanda telah menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan pasangan Calon Ketua-Wakil Ketua OSIS SMA YPSA.

Akhirnya pasangan nomor 2 Muhammad Al Munazir dan Khansa Tabitha Sakhi berhasil memenangkan pemilihan Calon Ketua-Wakil Ketua OSIS TP. 2023-2024 dengan total 160 suara, pasangan no.1 Adzien Mutaqin dan Kayla Aretha memperoleh 111 suara, dan pasangan no.3 Kaysha Dinovya dan Almirah Syarah memperoleh 110 suara. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Reskrim Polsek Medan Baru Tangkap Pelaku Pencurian Sepeda Motor di Pelataran Parkir Mesjid Al Jihad

23 Oktober 2024 - 20:09 WIB

Raih IPK 4, Mantan Pejabat Sumut Hadiri Sidang Promosi Doktor Agus Marwan

22 Oktober 2024 - 22:36 WIB

HMI Sumut: Lima Tahun Jadi Gubernur, Edy Rahmayadi, Cuma Bisa Marah-marah 

22 Oktober 2024 - 12:13 WIB

Kisah Nursyamsiah, Penderita Batu Empedu Bisa Berobat Gratis Pakai KTP Program Bobby Nasution

21 Oktober 2024 - 10:22 WIB

Sekda Prov Sumut Sampaikan Proses Seleksi Jabatan Kadis Kesehatan Sudah Sesuai Prosedur

20 Oktober 2024 - 14:47 WIB

Sampai 16 Oktober, Surplus APBD Kota Medan TA 2024 Sebesar Rp. 326,47 Miliar

19 Oktober 2024 - 18:28 WIB

Trending di Medan