Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 1 Sep 2023 17:55 WIB

Sentimen Eksternal Dorong Penguatan Rupiah, IHSG Hingga Harga Emas


					Sentimen Eksternal Dorong Penguatan Rupiah, IHSG Hingga Harga Emas Perbesar

Medankinian.com, Medan – Di pekan ini, IHSG membukukan kinerja yang menguat selama tiga hari berturut turut. Dan pada hari ini IHSG ditutup menguat 0.13% di level 6.966,66. Sentimen positif masih terus mewarnai kinerja pasar saham di tanah air. Seiring dengan rilis data ekonomi yang masih mendukung penguatan kinerja pasar keuangan di tanah air, khususnya sentimen eksternal yang cukup kondusif.

Dan tidak hanya IHSG, kinerja mata uang Rupiah juga mengalami penguatan pada perdagangan hari ini. Rupiah diperdagangkan dikisaran level 15.235 per US Dolar pada sesi perdagangan sore. Seteah selama dua hari perdagangan sebelumnya rupiah relatif tidak banyak mengalami perubahan kinerja terhadap mata uang US Dolar.

Penguatan mata uang rupiah sendiri dipicu oleh data kepercayaan konsumen AS yang mengalami penurunan lebih rendah dibandingkan dengan ekspektasi sebelumnya. Kalau sebelumnya indeks kepercayaan konsumen di AS diproyeksikan turun ke level 116. Namun rilis resmi justru menunjukan penurunan yang cukup signifikan di level 106.1 pada bulan agustus.

Dan pelaku pasar melihat bahwa pelemahan kinerja ekonomi AS tersebut menyisahkan harapan bahwa bisa saja Bank Sentral AS akan berhenti menaikkan bunga acuannya. Dan hal ini yang memicu terjadinya penurunan yield obigsi di AS. Dan saat ini pelaku pasar tengah menanti rilis data inflasi inti di AS, yang akan menjadi petunjuk selanjutnya bagi ekspektasi perubahan suku bunga acuan The FED.

Sementara itu, seiring dengan pelemahan mata uang US Dolar. Harga emas dunia kembali berbalik menguat dan diperdagangkan dikisaran $1.937 per ons troy nya. Harga emas membaik seiring dengan melemahnya ekspektasi kenaikan bunga acuan US Dolar, seiring dengan memburuknya data ekonomi AS belakangan ini. Jika dirupiahkan, harga emas saat ini ditransaksikan dikisaran level 952 ribu per gramnya. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 45 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tensi Politik AS Memanas, Picu Pelemahan Rupiah Dan IHSG

23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Putusan KPPU Terkait Penetapan Harga Pada Penyediaan Jasa Depo Peti Kemas di Pelabuhan Panjang Lampung Berkekuatan Hukum Tetap

21 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Swasembada Pangan Harus Libatkan Banyak Petani

21 Oktober 2024 - 10:27 WIB

Pasca Pengumuman Kabinet, IHSG Dan Rupiah Bergerak Mendatar

21 Oktober 2024 - 09:32 WIB

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Dan IHSG Beda Arah

15 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Tersengat Sentimen Negatif Eksternal, IHSG Ditutup Melemah

9 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis