Menu

Mode Gelap

Politik · 24 Okt 2024 22:53 WIB

KPU Medan Gelar Bimtek Lanjutan Penggunaan Sirekap


					KPU Medan Gelar Bimtek Lanjutan Penggunaan Sirekap Perbesar

Medankinian.com, Medan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Lanjutan Penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara (Sirekap) serta uji coba Sirekap se-Indonesia bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Walikota dan Wakil Walikota Medan Tahun 2024 di Hotel Selecta Medan, Sabtu (12/10/2024).

Bimtek dibuka oleh Pelaksana Harian (Plh) Ketua KPU Kota Medan Bobby Niedal Dalimunthe, didampingi Anggota KPU Medan Saut Haornas Sagala serta Kepala Subbagian Program, Data, dan Informasi KPU Medan, Dwi Handayani br Tarigan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota PPK Divisi Data, serta Ketua dan Anggota PPS Divisi Data se-Kota Medan. Saut Haornas Sagala dan Aci, operator Sirekap KPU Medan, bertindak sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut.

Plh Ketua KPU Kota Medan Bobby Niedal Dalimunthe mengatakan, Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan PPK dan PPS terkait penggunaan Sirekap dalam rekapitulasi penghitungan suara pada Pilkada Serentak 2024. Sirekap terdiri dari tiga platform utama: Sirekap Mobile, Sirekap Web, dan Sirekap Info Publik. Sirekap Mobile digunakan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk mendokumentasikan hasil penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sementara Sirekap Web digunakan saat rapat pleno rekapitulasi di tingkat PPK, KPU Kabupaten/Kota, dan KPU Provinsi. Adapun Sirekap Info Publik berfungsi sebagai sarana publikasi hasil penghitungan suara.

“Melalui pelatihan ini, diharapkan PPK dan PPS dapat memahami sepenuhnya cara kerja Sirekap dan menyampaikan pengetahuannya kepada KPPS agar proses rekapitulasi berjalan lancar dan transparan,” harapnya. (sdf/mk)

 

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tiga Cabub Labuhanbatu All In Deklarasi Menangkan Bobby-Surya di Pilgub Sumut

23 Oktober 2024 - 21:24 WIB

Emak-emak di Pesisir Labuhanbatu Curhat ke Bobby Nasution: Jalan Rusak Bikin Ibu Hamil Sulit Bersalin

23 Oktober 2024 - 19:24 WIB

Anak Muda di Labuhanbatu Target Menangkan Bobby-Surya 75 Persen

23 Oktober 2024 - 09:30 WIB

Janji Palsu Syah Afandin, Warga Secanggang Meradang

22 Oktober 2024 - 15:45 WIB

Bobby Nasution Rayakan Hari Santri Nasional Bersama Santri di Labusel

22 Oktober 2024 - 14:56 WIB

Adli Tama Sembiring Disambut Hangat di Kampung Leluhur, Warga Turangi Nyatakan Dukungan

19 Oktober 2024 - 22:17 WIB

Trending di Politik