Menu

Mode Gelap

Sumut · 23 Okt 2024 14:40 WIB

Peringatan HSN 2024, Faisal Hasrimy: Santri Pilar Utama Masa Depan Bangsa


					Peringatan HSN 2024, Faisal Hasrimy: Santri Pilar Utama Masa Depan Bangsa Perbesar

Medankinian.com, Stabat – Penjabat Bupati Langkat, H.M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP, memimpin peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2024 di Kabupaten Langkat yang diselenggarakan di halaman Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Stabat, Selasa (22/10/2024). Peringatan yang meriah ini mengusung tema “Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan” dan menyoroti peran penting santri dalam membangun masa depan bangsa.

Dalam acara ini, berbagai kegiatan dilaksanakan, mulai dari upacara bendera, pembacaan ikrar santri, doa bersama, hingga pertunjukan seni Islam seperti penampilan hadroh dan tilawah Al-Qur’an. Acara juga diwarnai dengan pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur atas peringatan Hari Santri Nasional tahun ini. Puncaknya, piala bergilir dalam rangka festival Hari Santri Nasional 2024 diserahkan kepada Pondok Pesantren Ulumul Qur’an, yang meraih enam medali emas dari sembilan cabang perlombaan yang diikuti oleh seluruh pondok pesantren se-Kabupaten Langkat.

Dalam sambutannya yang membacakan pesan dari Menteri Agama, Pj Bupati Langkat menegaskan bahwa Hari Santri adalah momentum untuk mengenang dan meneladani perjuangan para santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sejarah mencatat bahwa kaum santri adalah kelompok yang paling aktif dalam melawan penjajahan. Salah satu tonggak perjuangan santri adalah peristiwa “Resolusi Jihad” pada 22 Oktober 1945 yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asy’ari. Resolusi ini memantik semangat santri dan masyarakat umum untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia, yang mencapai puncaknya pada perlawanan 10 November 1945, kini diperingati sebagai Hari Pahlawan

“Santri tidak hanya berperan dalam sejarah perjuangan bangsa, tetapi juga menjadi pilar penting dalam membangun masa depan Indonesia. Dengan ilmu, akhlak, dan semangat juang yang diwarisi dari para ulama, santri siap berkontribusi dalam memajukan bangsa ini,” ujar Faisal Hasrimy.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Ketua Yayasan Pondok Pesantren Ulumul Qur’an, para alim ulama, pimpinan pondok pesantren se-Kabupaten Langkat, jajaran Forkompimda, Kakan Kemenag Langkat, Ketua MUI Langkat, Ketua Baznas Langkat, serta para kepala perangkat daerah Pemkab Langkat. Santri dan santriwati dari berbagai pondok pesantren juga turut memeriahkan kegiatan tersebut.

Pj Bupati Faisal Hasrimy berharap peringatan ini dapat memperkuat semangat kebangsaan dan keagamaan, serta menginspirasi santri untuk terus mengembangkan diri dan berperan aktif dalam pembangunan daerah dan nasional. (ric/mk)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Warga Kota Medan Ditipu Belasan Juta di Langkat

21 Oktober 2024 - 20:22 WIB

Hadiri Wisuda Akbid Langkat Angkatan XIX dan XX, Faisal Hasrimy: Lulusan Akbid Harus Berikan Pelayanan Kesehatan Prima kepada Masyarakat

18 Oktober 2024 - 08:46 WIB

Faisal Hasrimy Perkuat Kolaborasi dengan KAHMI Untuk Pengentasan Stunting di Langkat

17 Oktober 2024 - 20:50 WIB

Pj Bupati Langkat Harapkan Tingkatkan Kapasitas FKDM Hadapi Pilkada Serentak

16 Oktober 2024 - 20:54 WIB

Terima Audiensi SKK Migas Sumbagut dan KKKS, Faisal Dukung Kolaborasi Untuk Kesejahteraan Masyarakat

16 Oktober 2024 - 19:58 WIB

Wartawan Media Online di Langkat Dianiaya TS Cabup

14 Oktober 2024 - 23:57 WIB

Trending di Sumut