Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 11 Sep 2024 07:49 WIB

Pagelaran PON Diharapkan Bisa Jaga Harga Kebutuhan Pangan Dari Tekanan


					Pagelaran PON Diharapkan Bisa Jaga Harga Kebutuhan Pangan Dari Tekanan Perbesar

Medankinian.com, Medan – Harga sejumlah kebutuhan pangan strategis di hari ini terpantau bergerak stabil cenderung naik dibandingkan dengan harga di awal pekan. Harga cabai merah yang sempat menyentuh 15 ribu per Kg, saat ini ditransaksikan dalam rentang 18 hingga 25 ribu per kg. Demikian halnya juga dengan cabai rawit yang bergerak naik 45 ke 50 ribu, dari sehari sebelumnya sempat ditransaksikan dikisaran 40 ribu per Kg nya.

Namun masih ada beberapa komoditas pangan yang mengalami penurunan. Diantaranya adalah harga daging ayam yang dijual dalam rentang 24 hingga 29 ribu di kota medan dan telur ayam yang stabil dalam rentang 1.600 hingga 2.000 per butir. Dan saat ini Sumut dan aceh menjadi tuan rumah pagelaran PON. Diwaktu yang bersamaan Saya berharap selama PON berlangsung, harga sejumlah kebutuhan masyarakat bisa terjaga stabil dan bisa mendorong kenaikan harga komoditas yang dijual di bawah HPP ditambah margin seperti cabai merah, bawang merah dan daging ayam.

Dari hasil observasi, pada dasarnya peternak ayam sudah mengantisipasi jauh hari kebutuhan yang meningkat disaat pagelaran PON. Seperti pasokan ayam potong yang naik hampir 100% dibandingkan dengan kebutuhan normal. Akan tetapi tidak semua produsen (petani dan peternak) melakukan hal yang sama.

Karena memang tidak semua komoditas pangan bisa dengan mudah direncanakan produksinya. Dan saat PON berlangsung, supply cabai tengah mengalami peningkatan. Inilah yang menyebabkan harga cabai merah turun tajam belakangan ini. PON bisa mendongkrak sisi permintaan yang nantinya bisa menjadi bumper bagi komoditas pangan untuk tidak turun lebih dalam.

Dan sejauh ini, harga daging ayam terpantau bergerak stabil dengan kecenderungan turun. Over supply sepertinya masih terjadi, atau demand yang diharapkan menjadi pendorong konsumsi masih dibawah ekspektasi. Meskipun banyak pedagang yang menyatakan bahwa PON tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Saya menilai PON tetap mendorong peningkatan konsumsi yang tercermin dari gerak harga pangan yang relatif mampu berbalik arah saat PON berlangsung.

Tekanan harga cabai merah relatif mampu ditahan dengan adanya PON untuk tidak turun di bawah 15 ribu per Kg, ditambah ada sedikit kenaikan permintaan sekitar 5% cabai merah di pedagang besar. Sementara harga daging ayam yang sejauh ini masih di backup oleh supply yang banyak, terpantau sulit naik dan menyentuh 15 ribu per kg di level produsen.

(sdf/mk)

 

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tensi Politik AS Memanas, Picu Pelemahan Rupiah Dan IHSG

23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Putusan KPPU Terkait Penetapan Harga Pada Penyediaan Jasa Depo Peti Kemas di Pelabuhan Panjang Lampung Berkekuatan Hukum Tetap

21 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Swasembada Pangan Harus Libatkan Banyak Petani

21 Oktober 2024 - 10:27 WIB

Pasca Pengumuman Kabinet, IHSG Dan Rupiah Bergerak Mendatar

21 Oktober 2024 - 09:32 WIB

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Dan IHSG Beda Arah

15 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Tersengat Sentimen Negatif Eksternal, IHSG Ditutup Melemah

9 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis