Menu

Mode Gelap

Sumut · 2 Sep 2024 14:05 WIB

Faisal Hasrimy Komitmen Dukung Revitalisasi Pertanian untuk Kesejahteraan Petani


					Faisal Hasrimy Komitmen Dukung Revitalisasi Pertanian untuk Kesejahteraan Petani Perbesar

Medankinian.com, Stabat – Pj Bupati Langkat, H.M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP yang diwakilkan oleh Sekdakab Langkat, H. Amril, S.Sos, M.AP, memimpin Apel Gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jajaran Pemerintah Kabupaten Langkat pada Senin (2/9/2024).

Apel yang berlangsung di halaman kantor Bupati Langkat, Stabat, ini menjadi momen penting untuk menegaskan kembali komitmen pemerintah daerah dalam mendukung program revitalisasi pertanian, peternakan, dan perkebunan, sebagaimana dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Dalam pidato tertulisnya yang dibacakan oleh Sekdakab Langkat, Pj Bupati menekankan bahwa Kabupaten Langkat terus berupaya memacu pembangunan di bidang pertanian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan bahan pangan pokok melalui berbagai upaya peningkatan produksi dan kesejahteraan petani.

“Langkah-langkah ini termasuk pembangunan dan rehabilitasi sarana irigasi, penyediaan alat mesin pertanian, penerapan teknologi spesifik lokasi, dukungan sarana produksi dan permodalan, hingga jaminan harga gabah. Selain itu, kita juga fokus pada pembangunan dan rehabilitasi sarana dan prasarana penyuluhan pertanian serta peningkatan sumber daya manusia bagi petani,” ujar Amril membacakan amanat Pj Bupati.

Lebih lanjut, Kabupaten Langkat setiap tahunnya menjadi salah satu pemasok utama beras di Provinsi Sumatera Utara. Namun, tantangan dalam pengadaan pangan semakin berat secara nasional, mengingat terus bertambahnya jumlah penduduk yang mengkonsumsi beras, sementara lahan potensial dan produktif semakin menyusut karena alih fungsi lahan.

“Untuk menghadapi tantangan ini, Pemerintah Kabupaten Langkat telah menetapkan target produksi beras pada lahan sawah seluas 20.009 hektar dengan target capaian sebesar 120.000 ton pada tahun 2024. Target ini akan terus meningkat 5% setiap tahunnya dan telah mendapat perhatian khusus dari Kementerian Pertanian,” jelasnya.

Tahun ini, Kabupaten Langkat juga meluncurkan program optimasi lahan (Oplah) pertanian sawah seluas 8.200 hektar. Program ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas lahan sawah melalui perbaikan jaringan air, reklamasi lahan, serta optimalisasi lahan sawah yang kurang berfungsi.

Amril juga berharap bahwa berbagai upaya dan terobosan ini dapat berjalan dengan lancar dan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat, khususnya para petani. “Dengan demikian, perekonomian dan kesejahteraan petani akan meningkat, serta ketersediaan bahan pangan pokok, terutama beras, di Kabupaten Langkat dapat terus terjaga,” tuturnya.

Pada apel tersebut, bertindak sebagai perwira apel Kepala Bappeda Langkat, Rina Wahyuni Marpaung, S.STP, M.AP, dengan pemimpin apel Diana Sartika, S.STP, ME, Kabid Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah. Pengucapan Panca Prasetya Korpri dibawakan oleh Jessica Bukit, dan pembacaan ASN Berahlak oleh Sustriana Br Sihombing, staf Bappeda Langkat.

Turut hadir dalam apel ini para Asisten dan Staf Ahli Setda Kab. Langkat, Inspektur Kabupaten Langkat, serta para pejabat eselon II, III, IV, pejabat fungsional, dan aparatur sipil negara (ASN) dan non-ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat. (ric/mk)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Dorong Standar Pelayanan yang Akuntabel dan Efektif, Pj Bupati Langkat Buka Forum Konsultasi Publik

12 September 2024 - 20:49 WIB

Pj Bupati Langkat Salurkan Bantuan Baznas Senilai Rp221 Juta

12 September 2024 - 20:46 WIB

Uke Retno Lantik 2 Ketua TP PKK Kecamatan

11 September 2024 - 19:55 WIB

Hadiri Pengajian Bulanan DWP Langkat, Rina Wahyuni: Perempuan Berperan Penting dalam Kemajuan Bangsa

11 September 2024 - 18:52 WIB

Pj Bupati Langkat Luncurkan “Rumah Kolaborasi Disabilitas

11 September 2024 - 17:59 WIB

Lantik Pejabat Administrator dan Pengawas, Faisal Hasrimy Tekankan Loyalitas dan Integritas

6 September 2024 - 19:26 WIB

Trending di Sumut