Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 1 Sep 2024 13:21 WIB

Cabai Merah Kembali Turun Di Akhir Pekan


					Cabai Merah Kembali Turun Di Akhir Pekan Perbesar

Medankinian.com, Medan – Harga cabai merah di akhir pekan bergerak turun seiring dengan meningkatnya sisi persediaan. Harga cabai merah ditransaksikan dalam rentang 25 ribu hingga 33 ribu per Kg di medan dan deli serdang, langkat dan sekitarnya. Untuk wilayah Sumut, sejumlah wilayah penyangga produksi cabai khususnya dari batubara mulai memasuki musim panen besar di September. Produksi dari batubara akan membuat permintaan cabai merah dari wilayah Riau bisa diatasi.

Selanjutnya, produksi dari wilayah Sumut lainnya seperti kabupaten karo juga akan mampu menyangga konsumsi masyarakat di wilayah perkotaan. Untuk harga cabai rawit yang belakangan ini berfluktuasi dan masih bertahan mahal diproyeksikan juga akan bergerak turun pada bulan September. Harga cabai rawit yang diakhir pekan ini (minggu) berada dikisaran 48 hingga 55 ribu per Kg di kota medan dan sekitarnya, punya peluang untuk turun dikisaran 35 ke 40 ribu per Kg.

Di wilayah Jawa, terjadi tren penurunan pada komoditas cabai rawit merah. Ada pengaruh secara tidak langsung terhadap potensi penurunan harga cabai rawit diwilayah Sumut. Selanjutnya harga daging ayam juga terpantau stabil kecenderungan turun. Ada penurunan sekitar 1.000 per Kg di akhir pekan ini. Harga daging ayam di Sumut sejauh ini bergerak dalam rentag 21 hingga 35 ribu per Kg.

Harga daging ayam juga masih rawan turun atau setidaknya bergerak stabil dengan kecenderungan turun di bulan September. Penurunan harga daging ayam akan tertahan oleh kenaikan harga pakan ternak. Dimana harga pakan ternak (jagung) mengalami kenaikan dari 4000-an per Kg, menjadi 5.000-an per Kg di akhir agustus jelang awal September.

Dan cenderung bisa mengerek kenaikan harga telur ayam kedepan. Dimana harga telur ayam belakangan ini sudah mengalami kenaikan 100 rupiah per butirnya. Selain itu, harga beras berpeluang untuk bergerak dengan cenderung turun, minyak goreng juga berpotensi turun. Selebihnya harga komoditas pangan strategis berpeluang bergerak stabil, dengan fluktuasi harga yang terbatas.

Demikian menurut analisis Pengamat Ekonomi Kota Medan Benjamin Gunawan. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tensi Politik AS Memanas, Picu Pelemahan Rupiah Dan IHSG

23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Putusan KPPU Terkait Penetapan Harga Pada Penyediaan Jasa Depo Peti Kemas di Pelabuhan Panjang Lampung Berkekuatan Hukum Tetap

21 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Swasembada Pangan Harus Libatkan Banyak Petani

21 Oktober 2024 - 10:27 WIB

Pasca Pengumuman Kabinet, IHSG Dan Rupiah Bergerak Mendatar

21 Oktober 2024 - 09:32 WIB

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Dan IHSG Beda Arah

15 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Tersengat Sentimen Negatif Eksternal, IHSG Ditutup Melemah

9 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis