Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 20 Agu 2024 15:19 WIB

Harga Daging Ayam Berpeluang Turun, Terpengaruh Daya Beli?


					Harga Daging Ayam Berpeluang Turun, Terpengaruh Daya Beli? Perbesar

Medankinian.com, Medan – Harga daging ayam mulai membaik di bulan agustus ini, berdasarkan pengamatan melalui PIHPS (pusat informasi harga pangan strategis), harga daging ayam saat ini dijual rata-rata 29.900 per kg di kota medan. Dan yang paling mahal ada di sibolga yang ditransaksikan dikisaran harga 37 ribu per Kg mengacu PIHPS. Realisasi harga tersebut masih lebih rendah dibandingkan bulan Juli.

Dimana berdasarkan hasil pemantauan yang saya lakukan, harga daging ayam ada yang dijual dalam rentang 19 hingga 25 ribu per Kg di kota medan. Saya memperkirakan harga daging ayam berpeluang bergerak stabil hingga akhir pekan ini, dengan kecenderungan mengalami kenaikan. Namun jelang akhir bulan agustus, harga daging ayam berpeluang kembali turun dalam rentang 19 hingga 25 ribu per Kg nya.

Penurunan harga tersebut berpeluang berlangsung hingga pertengahan bulan September mendatang. Saat ini, di pasar tradisional kerap ditemukan adanya ayam yang memiliki bobot hingga 3 Kg. Temuan tersebut memicu kekuatiran bahwa demand atau permintaan mengalami tekanan. Atau ada indikasi terjadinya pelemahan daya beli.

Setelah bulan muharam, demand atau permintaan daging ayam memang mengalami kenaikan. Dan di pekan terakhir muharam ada peningkatan dari sisi demand, yang pada akhirnya mamu menggiring kenaikan harga sejak awal agustus hingga saat ini. Dari model perhitungan yang saya kembangkan, peternak justru berpeluang terjebak untuk mengikuti tren kenaikan harga dengan menambah pasokan.

Yang pada akhirnya bisa menekan harga selanjutnya. Sehingga saya berkesimpulan bahwa peningkatan demand pada awalnya akan membuat harga cenderung mengalami tekanan di masa yang akan datang. Dan dengan temuan ayam yang berbobot hingga 3 Kg saat ini, saya berkesimpulan bahwa sirkulasi pasokan tirdak selancar sebelumnya. Yang pada akhirnya akan memicu penurunan harga.

Demikian menurut analisis Pengamat Ekonomi Kota Medan Benjamin Gunawan. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tensi Politik AS Memanas, Picu Pelemahan Rupiah Dan IHSG

23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Putusan KPPU Terkait Penetapan Harga Pada Penyediaan Jasa Depo Peti Kemas di Pelabuhan Panjang Lampung Berkekuatan Hukum Tetap

21 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Swasembada Pangan Harus Libatkan Banyak Petani

21 Oktober 2024 - 10:27 WIB

Pasca Pengumuman Kabinet, IHSG Dan Rupiah Bergerak Mendatar

21 Oktober 2024 - 09:32 WIB

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Dan IHSG Beda Arah

15 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Tersengat Sentimen Negatif Eksternal, IHSG Ditutup Melemah

9 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis