Menu

Mode Gelap

Medan · 16 Agu 2024 17:53 WIB

IDI Berikan Penyuluhan Dokter Kecil di SD YPSA


					IDI Berikan Penyuluhan Dokter Kecil di SD YPSA Perbesar

Medankinian.com, Medan – Tim dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kota Medan berikan sosialisasi dan penyuluhan kepada para Dokter Kecil SD Shafiyyatul Amaliyyah di ruang Pendopo YPSA, Jum’at (16/8/2024).

Tim IDI yang diwakilkan oleh dr. Muhammad Malik Abdillah berikan materi dengan tema “Anak Siaga, Tanggap Rawat Luka”.

Menurut Kepala SD YPSA Eko Akbar Sukmana Dokter Kecil atau biasa disingkat “Dokcil” SD Shafiyyatul Amaliyyah adalah Peserta Didik (siswa sekolah) SD Shafiyyatul Amaliyyah yang memenuhi kriteria dan telah dilatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.

dr. Muhammad Malik Abdillah mengatakan bahwa Pemahaman anak terkait siaga tanggap rawat luka sebagai bagian dari pendidikan kegawatdaruratan harus sudah dimulai sejak dini.

“Sehingga anak-anak SD sampai nanti kemudian dia menjadi hidup di tengah-tengah masyarakat sudah memahami hal-hal yang terkait dengan emergency, salah satunya perawatan terhadap luka yang memang mungkin terjadi dalam setiap aktivitas mereka, baik itu di lingkungan masyarakat, di sekolah, maupun di tempat-tempat lain,” katanya lagi.

Dokter Malik menjelaskan lagi bahwa pendidikan mengenai perawatan luka sangat penting bagi siswa sekolah dasar, karena anak usia lima sampai 14 tahun umumnya sedang mengembangkan aktivitas motorik kasar dan berisiko tinggi mengalami insiden yang mengakibatkan cedera dan luka.

“Tingginya aktivitas fisik dan rasa ingin tahu yang besar pada anak-anak seringkali menjadi faktor penyebab utama terjadinya cedera dan luka,” akhirinya.

Kepala Departemen Pendidikan dan IT YPSA Bagoes Maulana, M.Kom., mengatakan bahwa YPSA sebagai salah satu sekolah Islam Internasional di Medan berkomitmen bahwa melaksanakan kerjasama dengan berbagai Instansi lain untuk menguatkan pendidikan yang berkesinambungan demi kemajuan YPSA.

“Ini juga sebagai wujud ikhtiar kami menjadikan SD YPSA sebagai sekolah terbaik di kota Medan, Sumatra Utara yang menjadi pilihan tepat bagi siswa dan orang tua siswa”, tegas Bagoes.

(sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Reskrim Polsek Medan Baru Tangkap Pelaku Pencurian Sepeda Motor di Pelataran Parkir Mesjid Al Jihad

23 Oktober 2024 - 20:09 WIB

Raih IPK 4, Mantan Pejabat Sumut Hadiri Sidang Promosi Doktor Agus Marwan

22 Oktober 2024 - 22:36 WIB

HMI Sumut: Lima Tahun Jadi Gubernur, Edy Rahmayadi, Cuma Bisa Marah-marah 

22 Oktober 2024 - 12:13 WIB

Kisah Nursyamsiah, Penderita Batu Empedu Bisa Berobat Gratis Pakai KTP Program Bobby Nasution

21 Oktober 2024 - 10:22 WIB

Sekda Prov Sumut Sampaikan Proses Seleksi Jabatan Kadis Kesehatan Sudah Sesuai Prosedur

20 Oktober 2024 - 14:47 WIB

Sampai 16 Oktober, Surplus APBD Kota Medan TA 2024 Sebesar Rp. 326,47 Miliar

19 Oktober 2024 - 18:28 WIB

Trending di Medan