Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 6 Agu 2024 14:15 WIB

Harga Pangan Bergejolak Saat Curah Hujan Tinggi, Harga Daging Ayam Naik 17%


					Harga Pangan Bergejolak Saat Curah Hujan Tinggi, Harga Daging Ayam Naik 17% Perbesar

Medankinian.com, Medan – Harga cabai merah terpantau bergerak sangat volatile dalam 10 har terakhir. Di sumatera utara, harga cabai merah terpantau mengalami kenaikan di awal pekan ini. Harga cabai merah ditransaksikan dikisaran 37.750 per Kg, mengacu kepada PIHPS (pusat informasi harga pangan strategis) Sumut. Lebih tinggi dibandingkan dengan harga di akhir bulan juli yang rata-rata masih 31.950 per Kg nya.

Berbeda dengan harga cabai merah, harga cabai rawit di Sumut justru menunjukan tren penurunan pada bulan agustus ini. Harga cabai rawit rata-rata dijual 45.550 per Kg di Sumut, atau lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata 47.150 per Kg mengacu kepada PIHPS. Fluktuasi pada harga cabai di wilayah Sumut tidak terlepas dari tingginya curah hujan di Sumut belakangan ini.

Hujan cenderung merata di wilayah produsen (dataran tinggi) dan wilayah konsumen (dataran rendah). Intensitas hujan yang cenderung tinggi memicu terjadinya gangguan pada saat panen, distribusi ke wilayah konsumen, hingga memicu resiko kerusakan produk yang bisa memicu kenaikan harga. Ditambah lagi, demand atau permintaan pada pekan ini akan memasuki pola konsumsi normal.

Ada potensi kenaikan demand atau permintaan berkisar 13% hingga 18% pada sejumlah komoditas pangan hortikultura setelah berakhirnya bulan Muharam. Khususnya pada komoditas tertentu seperti cabai, bawang dan daging ayam. Demand atau permintaan yang mengalami kenaikan tersebut sejauh ini dibarengi dengan curah hujan tinggi yang memicu kenaikan harga.

Selain cabai, komoditas bawang merah justru masih bertahan murah dengan cenderungan turun di bulan ini. Bawang merah terpantau turun sekitar 2.000 per Lg, dimana harga bawang merah bergerak dalam rentang 20 hingga 30 ribu per Kg sejauh ini. Sementara itu, harga daging ayam di awal pekan ini mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.

Bila mengacu kepada PIHPS, harga daging ayam di Sumut dijual rata-rata 32.400 per Kg, atau naik dari harga 31.150 per Kg di akhir Juli. Dan jika mengacu kepada PIHPS kota medan, harga daging ayam naik 17% dari 26.000 di akhir pekan, menjadi 30.500 per Kg saat ini. Saya menilai harga daging ayam masih berpeluang turun atau setidaknya berfluktuasi di bulan ini, meskipun dengan kecenderungan mengalami penguatan.

Untuk harga kebutuhan pangan yang lainnya, sejauh ini terpantau tidak mengalami perubahan harga yang signifikan. Dan untuk pasokannya sendiri, sejauh ini sejumlah komoditas pangan pasokannya masih mencukupi, hanya saja demand atau permintaan yang kerap berubah-ubah.

(sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tensi Politik AS Memanas, Picu Pelemahan Rupiah Dan IHSG

23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Putusan KPPU Terkait Penetapan Harga Pada Penyediaan Jasa Depo Peti Kemas di Pelabuhan Panjang Lampung Berkekuatan Hukum Tetap

21 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Swasembada Pangan Harus Libatkan Banyak Petani

21 Oktober 2024 - 10:27 WIB

Pasca Pengumuman Kabinet, IHSG Dan Rupiah Bergerak Mendatar

21 Oktober 2024 - 09:32 WIB

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Dan IHSG Beda Arah

15 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Tersengat Sentimen Negatif Eksternal, IHSG Ditutup Melemah

9 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis