Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 16 Jun 2024 21:12 WIB

Harga Kebutuhan Pangan Relatif Stabil, Meskipun Demand Melonjak Jelang Idul Adha


					Harga Kebutuhan Pangan Relatif Stabil, Meskipun Demand Melonjak Jelang Idul Adha Perbesar

Medankinian.coom, Medan – Sejumlah harga kebutuhan masyarakat (H-1) jelang idul adha terpantau bergerak stabil pada hari minggu. Harga cabai merah terpantau masih berada dalam rentang 53 hingga 57 ribu per Kg. Selanjutnya harga daging ayam masih terpantau bergerak dalam rentang 24 hingga 28 ribu per Kg, cabai rawit dalam rentang 20 hingga 34 ribu, bawang merah ada dikisaran 37 hingga 43 ribu per Kg.

Selanjutnya bawang putih berada dikisaran 35 ribuan per Kg, tomat 6 ribu per Kg, ikan tongkol 13 ribu per Kg dan ikan dencis ada dikisaran 25 ribu per Kg. Selanjutnya harga daging sapi, minyak goreng, gula pasir, beras, dan telur ayam terpantau bergerak stabil. Momen puncak belanja jelang idul adha memang terjadi pada hari ini.

Dengan lompatan belanja yang signifikan tersebut, maka akan ada normalisasi belanja masyarakat setelah peryaaan idul adha (H+3). Walaupun untuk belanja daging ayam belum bisa di katakan akan kembali normal, karena pasokan daging sapi akan melimpah. Dan normalisasi belanja daging ayam diproyeksikan terjadi pada dua pekan sejak perayaan Idul Adha.

Sehingga sejumlah harga kebutuhan pangan masyarakat berpeluang untuk mengalami penurunan nantinya. Beberapa harga komoditas pangan yang berpeluang untuk turun adalah bawang merah dan cabai merah serta kemungkinan penurunan tipis harga daging ayam. Sementara daging sapi juga tidak akan mengalami penurunan, sekalipun pasokan daging sapi masyarakat melimpah ruah.

Tren belanja masyarakat setelah idul adha, serta jelang tahun baru islam juga akan mengalami penurunan. Selama bulan muharam yang akan datang, acara hajatan masyarakat tidak akan semeriah priode setelah idul fitri hingga idul adha. Namun bukan berarti penurunan harga terjadi karena melemahnya demand. Karena pasokan juga sudah disesuaikan terlebih dahulu untuk memenuhi permintaan.

Kalaupun ada proyeksi penurunan yang paling besar ada pada harga cabai merah dan bawang merah. Sementara komoditas lainnya berpeluang turun dalam rentang yang terbatas di bulan juni ini. Dan secara keseluruhan, perayaan idul adha di tahun ini tidak memicu terjadinya kenaikan harga kebutuhan masyarakat yang signifikan. Sejauh ini semuanya masih relatif stabil meskipun beberapa komoditas pangan masih bertahan mahal.

Demikian menurut analisis Pengamat Ekonomi Kota Medan Benjamin Gunawan. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tensi Politik AS Memanas, Picu Pelemahan Rupiah Dan IHSG

23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Putusan KPPU Terkait Penetapan Harga Pada Penyediaan Jasa Depo Peti Kemas di Pelabuhan Panjang Lampung Berkekuatan Hukum Tetap

21 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Swasembada Pangan Harus Libatkan Banyak Petani

21 Oktober 2024 - 10:27 WIB

Pasca Pengumuman Kabinet, IHSG Dan Rupiah Bergerak Mendatar

21 Oktober 2024 - 09:32 WIB

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Dan IHSG Beda Arah

15 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Tersengat Sentimen Negatif Eksternal, IHSG Ditutup Melemah

9 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis