Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 12 Jun 2024 15:27 WIB

Jelang Idul Adha, Para Ibu Wajib Tahu Bahan Pangan Pokok Yang Berpeluang Naik


					Jelang Idul Adha, Para Ibu Wajib Tahu Bahan Pangan Pokok Yang Berpeluang Naik Perbesar

Medankinian.com, Medan – Kurang dari 1 minggu, sejumlah harga kebutuhan bahan pangan pokok mengalami penurunan. Khususnya jika dibandingkan dengan harganya di bulan Mei 2024. Seperti harga daging ayam yang turun tajam dalam rentang 25 hingga 29 ribu per Kg, dari posisi sebelumnya 37 hingga 40 ribu per Kg. Harga bawang merah yang sempat menyentuh 50 ribu per Kg, saat ini ditransaksikan di level 37 hingga 45 ribu per Kg.

Hal yang sama juga terjadi pada harga tomat yang saat ini dijual 6 – 10 ribu per Kg, harga ikan tongkol yang saat ini dijual 13 ribu per kg, atau sejumlah harga sayur-sayuran juga mengalami penurunan. Komoditas tersebut diproyeksikan akan tetap bertahan di level yang sama, hingga idul adha nantinya. Bahkan untuk peluang penurunan harga bawang merah masih sangat terbuka.

Selanjutnya ada harga cabai merah dan cabai rawit. Sejauh ini masih lebih rendah dibandingkan dengan harga di bulan mei. Walaupun pada hari ini mengalami kenaikan, akan tetapi kenaikan harga cabai lebih dikarenakan oleh memburuknya cuaca. Belum karena demand atau permintaan yang tinggi. Namun demand yang tinggi juga hanya akan berlangsung sesaat (H-2 hingga H+3), selebihnya demand akan kembali normal dan pasokan yang naik akan mendorong pemulihan harga.

Saya justru menilai cabai merah tetap berpeuang turun, meskipun nantinya berfluktuasi. Namun fluktuasinya tetap mengarah pada tren penurunan. Masih berpeluang untuk ditransaksikan dibawah 50 ribu per Kg di pekan depan. Selanjutnya untuk harga cabai rawit diproyeksikan juga berfluktuasi dengan kecenderungan menurun.

Pada saat Idul Adha, justru harga daging akan bertahan di level yang sama dan tidak mengalami perubahan yang signifikan. Sehingga, sekalipun ada pasokan yang melimpah karena ada perayaan kurban. Tidak ada jaminan bahwa harga akan turun. Di idul adha ini hampir semua kebutuhan pangan akan stabil. Kecuali untuk beberapa komoditas bumbu masak seperti bawang dan cabai. Berpeluang volatile, namun dalam waktu yang sebentar.

Sehingga, kalaupun naik harga akan dengan mudah untuk berbalik turun. Dan peluang harga kebutuhan pangan naik juga terbilang kecil. Saya menilai pasokan yang cenderung bergerak naik akan menyulitkan harga untuk naik, khususnya dalam waktu dekat nanti. Dan sejumlah harga kebutuhan pangan strategis lainnya seperti Migor, Gula Pasir, Telur Ayam, Beras, Bawang Putih akan bergerak stabil saat Idul Adha.

Demikian menurut analisis Pengamat Ekonomi Kota Medan Benjamin Gunawan. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tensi Politik AS Memanas, Picu Pelemahan Rupiah Dan IHSG

23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Putusan KPPU Terkait Penetapan Harga Pada Penyediaan Jasa Depo Peti Kemas di Pelabuhan Panjang Lampung Berkekuatan Hukum Tetap

21 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Swasembada Pangan Harus Libatkan Banyak Petani

21 Oktober 2024 - 10:27 WIB

Pasca Pengumuman Kabinet, IHSG Dan Rupiah Bergerak Mendatar

21 Oktober 2024 - 09:32 WIB

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Dan IHSG Beda Arah

15 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Tersengat Sentimen Negatif Eksternal, IHSG Ditutup Melemah

9 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis