Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 8 Jun 2024 11:38 WIB

Harga Daging Ayam, Bawang Merah Turun Lagi!, Tomat Dan Ikan Tongkol Bertahan Murah


					CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 75 Perbesar

CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 75

Medankinian.com, Medan – Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di kota medan dan sekitarnya mengalami penurunan di akhir pekan. Harga bawang merah turun dalam rentang 30 hingga 35 ribu per Kg. Dan harga daging ayam turun lagi hingga menyentuh 30 ribu per Kg nya. Dua komoditas tersebut menjadi komoditas yang paling besar mengalami penurunan harga di bulan juni ini.

Selanjutnya, harga ikan tongkol juga kembali berbalik turun dikisaran 13 ribu per Kg dari posisi awal pekan yang sempat ditransaksikan 18 ribu per Kg. Sementara itu, harga tomat masih bertahan murah di level 7 ribu hingga 10 ribu per Kg untuk kualitas medium ke super. Dua komoditas tersebut sejauh ini masih masih bertahan murah sejak akhir mei kemarin.

Saya memperkirakan harga daging ayam sudah mencapai titik terendahnya saat ini. Dan harganya sudah berada pada titik keseimbangan yang ideal dari hulu ke hilir. Potensi penurunan memang masih tetap terbuka pada harga daging ayam. Walaupun saya menilai sementara berpeluang turun dalam rentang 28- 30 per Kg. Hingga ada evaluasi selanjutnya.

Selanjutnya untuk harga bawang merah juga masih berpeluang turun. Meskipun sangat bergantung pada pasokan dari sumber produksi bawang merah di pulau jawa. Dan saya yakin pasokan akan terus bertambah hingga tutup bulan juni. Harapannya harga bawang merah bisa mencapai harga keekonomian yang nyaman buat petani dan konsumen. Ekspektasinya harga bawang merah bisa ditransaksikan dalam rentang 27 hingga 30 ribu per kg.

Disisi lain, harga komoditas lainnya seperti ikan tongkol, dencis hingga tomat akan bertahan murah di bulan juni ini. Dua komoditas tersebut walaupun bisa berbalik arah (naik) dalam waktu dekat. Namun saya menilai di bulan juni ini dua komoditas tadi masih berpeluang untuk menyumbang deflasi.

Selebihnya, komoditas lain yang berpeluang untuk turun harga adalah cabai merah dan bawang putih. Sejauh ini cabai merah masih bertahan mahal dalam rentang 40 hingga 50 per kg. Akan tetapi tren harga cabai merah di sumut berpeluang untuk turun di bulan juni. Walaupun sinyal penurunannya tidak begitu kuat. Namun, potensi tekanan cabai merah di bulan selanjutnya sangat terbuka.

Selebihnya, harga kebutuhan pangan strategis lainnya masih bergerak stabil. Seperti beras, gula pasir, minyak goreng hingga telur ayam. Walaupun saya menekankan bahwa ada beberapa komoditas yang rawan naik. Seperti harga minyak goreng, dan beras.

Demikian menurut analisis Pengamat Ekonomi Kota Medan Benjamin Gunawan. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Kembali Turun, Sumut Akan Kembali Membukukan Deflasi

19 Juli 2024 - 15:42 WIB

Ekonomi China Melambat, Bukan Hanya Menekan Ekspor Sumut Tetapi Juga Minyak Goreng

16 Juli 2024 - 17:12 WIB

Harga Migor Diwacanakan Naik, Berikut Hitungan Harga Keekonomiannya

10 Juli 2024 - 17:45 WIB

Harga Minyak Goreng Merangkak Naik, Harapan Deflasi Sumut Mengecil

9 Juli 2024 - 15:37 WIB

Harga Cabai, Bawang Dan Daging Ayam Di Bulan Juli Berpeluang Lebih Rendah Dari Juni

9 Juli 2024 - 09:35 WIB

Jadi Yang Terkuat Di Asia, Rupiah Tekan US Dolar Di bawah Level 16.300

5 Juli 2024 - 16:47 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis