Menu

Mode Gelap

Gaya Hidup · 4 Jun 2024 16:05 WIB

Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik Untuk Merayakan Hari Raya Idul Adha


					Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik Untuk Merayakan Hari Raya Idul Adha Perbesar

Medankinian.com, Medan – Perayaan hari raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Pada momen ini, umat muslim disarankan untuk berkurban bagi yang mampu. Hewan kurban yang dipilih tentu merupakan hewan yang baik. Lalu, apa tips memilih hewan kurban yang baik?

Salah satu faktor terpenting dalam ibadah kurban yakni dengan memberikan kurban yang terbaik. Beberpa hewan yang biasa dijadikan kurban seperti Sapi, Kambing, Kerbau atau Domba haruslah dalam keadaan yang baik dan sehat. Bagi Anda yang berencana membeli hewan kurban, anda perlu mengetahui tips memilih hewan kurban yang baik. Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan dalam memilih hewan kurban.

  • Dalam Kondisi Sehat

Hewan sehat memiliki ciri-ciri seperti nafsu makan baik, bulu bersih dan mengkilat, gemuk dan lincah, muka cerah, tidak diare, lubang tubuh (mulut, mata, telinga, dan anus) bersih dan normal, tidak dalam kondisi demam

  • Tidak Cacat

Hewan tidak cacat yaitu hewan tidak pincang, tidak buta, telinga hewan normal atau tidak rusak, untuk hewan jantan testis masih lengkap 2 buah (tidak dikebiri) dengan bentuk dan letak yang simetris, ekor normal tidak terputus sebagian atau seluruhnya.

  • Cukup Umur

Kambing/domba harus berumur lebih dari 1 tahun yang ditandai adanya sepasang gigi tetap (cek dengan membuka mulut) dengan warna gigi terlihat lebih gelap, untuk sapi/kerbau harus berumur lebih dari 22 bulan atau 2 tahun ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap dengan warna gigi terlihat lebih gelap.

Selain syarat di atas yang perlu diperhatikan adalah hindari pemotongan hewan betina produktif. Larangan pemotongan ternak ruminansia betina produktif akan dikenakan sanksi administratif dan atau sanksi pidana berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan hewan pasal 86.

Ciri Hewan Kurban Sakit

Ciri hewan kurban yang sakit biasanya nafsu makan menurun, tampak malas saat berjalan, dan adanya kelemahan pada bagian tubuh. Hal lain yang perlu menjadi perhatian adalah pastikan hewan kurban tidak buta, tidak kurus, berjenis kelamin jantan, dan kotorannya tidak lembek.

Pastikan juga umur hewan sudah cukup umur. Umur yang pas bagi kambing untuk dijadikan hewan kurban adalah lebih dari satu tahun. Sedangkan sapi usianya lebih dari dua tahun. Untuk mengetahui umur hewan kurban ini dapat melalui struktur gigi yang hewan miliki.

“Jika sudah ada pergantian sepasang gigi tetap baik pada kambing atau sapi, ini menandakan mereka sudah cukup umur. Perbedaan gigi bisa terlihat dari bentuknya. Gigi yang sudah berganti biasanya ukurannya akan lebih besar dari pada sebelumnya,” jelas Prof Dr Ir Sri Hidanah MS Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (UNAIR)

Selain itu, cacat pada telinga bisa jadi tidak cacat asal keadaannya tidak parah. Biasanya untuk menandai sapi maka sapi diberi anting. Anting ini membantu untuk mengetahui asal dan umur. “Sapi yang sudah vaksin PMK juga bisa dilihat dari penanda di telinga. Telinganya memang terdapat lubang. Jadi itu tidak masuk kategori cacat,” tuturnya.

Waspadai LSD

Selain Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ada penyakit lain yang saat ini menghampiri hewan kurban yaitu Lumpy Skin Disease (LSD). Penyakit ini menimbulkan benjolan-benjolan kecil pada kulit karena virus. Tapi penyakit ini hanya menular dari hewan ke hewan.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengaturnya dalam Fatwa MUI No. 34 Tahun 2023. Pada keterangan tersebut menjelaskan bahwa hewan yang terjangkit LSD dengan gejala klinis berat tidak boleh menjadi hewan kurban.

Gejala klinis berat pada LSD terlihat dari benjolan-benjolan yang komposisinya lebih dari 50 persen pada area tubuh. Saat membeli hewan kurban masyarakat juga harus teliti. Sebaiknya hewan kurban juga terdapat Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

(sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Ini Dia Daftar Rumah Tak Berpenghuni Paling Angker di Indonesia

20 Juli 2024 - 20:06 WIB

Tips Menempatkan Wardrobe Minimalis Agar Ruangan Tidak Sesak

19 Juli 2024 - 15:17 WIB

Ketahui Ukuran Vagina, Begini Cara Memilih Menstrual Cup

24 Juni 2024 - 18:21 WIB

Lokasi Strategis, Dekat Fasum dan Legalitas Terjamin Jadi Alasan Untuk Miliki Hunian di Kota Mandiri Bekala

30 Mei 2024 - 15:55 WIB

Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dengan Bahan-Bahan Rumahan

30 April 2024 - 16:29 WIB

Aksi Memukau 32 Bocah Sumut dalam Gala Premiere Film 1 CM

10 Maret 2024 - 15:43 WIB

Trending di Gaya Hidup