Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 28 Mei 2024 13:15 WIB

Harga Daging Ayam Dan Tomat Berpotensi Turun, Konsumsi Saat Idul Adha Jadi Penentu Selanjutnya


					Harga Daging Ayam Dan Tomat Berpotensi Turun, Konsumsi Saat Idul Adha Jadi Penentu Selanjutnya Perbesar

Medankinian.com, Medan – Harga daging ayam berdasarkan pemantauan PIHPS Sumut mengalami penurunan dari rata-rata 40.500 per Kg, menjadi 39.950 per Kg nya (27/05). Mengalami penurunan tipis dibandingkan dengan pekan sebelumnya yang berada di atas 40 ribuan per Kg. Namun berdasarkan hasil observasi di lapangan (kandang), saya menilai harga daging ayam berpeluang untuk turun.

Di sejumlah pasar di medan dan deli serdang, harga daging ayam mengalami penurunan 1.000 rupiah per Kg-nya pada hari ini. Penurunan tersebut berpeluang menjadi awal penurunan harga yang akan berlangsung hingga bulan juni mendatang. Memang konsumsi daging ayam berpotensi mengalami peningkatan bulan juni mendatang.

Seiring dengan libur kenaikan kelas, ditambah dengan libur panjang Idul Adha. Jadi pembentukan harga kedepan akan diuji dengan konsumsi selama libur bulan Juni tersebut. Namun, dengan melihat jumlah pasokan ayam potong yang belakangan mengalami kenaikan, saya memperkirakan harga daging ayam masih berpeluang turun maksimal 3.000 per Kg hingga bulan Juni.

Jadi meskipun turun, harga daging ayam tetap akan berada dalam angka keekonomiannya. Saya melihat harga akan mampu bertahan di kisaran 32 – 33 ribu atau diatasnya. Harga keekonomian tersebut merupakan harga ideal bagi konsumen dan produsen. Tidak seperti realisasi harga daging ayam saat ini yang dinilai sudah kemahalan.

Daging ayam berpotensi menjadi penyumbang deflasi di bulan depan. Dan bukan hanya daging ayam, tomat juga diperkirakan akan mengalami penurunan seiring dengan peningkatan pasokan. Musim panen tomat telah menekan harga tomat hingga menyentuh 2.500 per Kg di level pedagang besar. Sejauh ini tomat berada dalam rentang 7.000 hingga 10 ribu per Kg di pedagang pengecer.

Jauh lebih murah dibandingkan dengan harga diawal tahun 2024 yang sempat berada diatas 20 ribu per kg nya. Harga tomat sempat menyentuh level tertinggi setelah terjadi bencana alam di wilayah sumatera barat sebagai salah satu wilayah produsen tomat.

(sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Kembali Turun, Sumut Akan Kembali Membukukan Deflasi

19 Juli 2024 - 15:42 WIB

Ekonomi China Melambat, Bukan Hanya Menekan Ekspor Sumut Tetapi Juga Minyak Goreng

16 Juli 2024 - 17:12 WIB

Harga Migor Diwacanakan Naik, Berikut Hitungan Harga Keekonomiannya

10 Juli 2024 - 17:45 WIB

Harga Minyak Goreng Merangkak Naik, Harapan Deflasi Sumut Mengecil

9 Juli 2024 - 15:37 WIB

Harga Cabai, Bawang Dan Daging Ayam Di Bulan Juli Berpeluang Lebih Rendah Dari Juni

9 Juli 2024 - 09:35 WIB

Jadi Yang Terkuat Di Asia, Rupiah Tekan US Dolar Di bawah Level 16.300

5 Juli 2024 - 16:47 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis