Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 28 Mei 2024 13:15 WIB

Harga Daging Ayam Dan Tomat Berpotensi Turun, Konsumsi Saat Idul Adha Jadi Penentu Selanjutnya


					Harga Daging Ayam Dan Tomat Berpotensi Turun, Konsumsi Saat Idul Adha Jadi Penentu Selanjutnya Perbesar

Medankinian.com, Medan – Harga daging ayam berdasarkan pemantauan PIHPS Sumut mengalami penurunan dari rata-rata 40.500 per Kg, menjadi 39.950 per Kg nya (27/05). Mengalami penurunan tipis dibandingkan dengan pekan sebelumnya yang berada di atas 40 ribuan per Kg. Namun berdasarkan hasil observasi di lapangan (kandang), saya menilai harga daging ayam berpeluang untuk turun.

Di sejumlah pasar di medan dan deli serdang, harga daging ayam mengalami penurunan 1.000 rupiah per Kg-nya pada hari ini. Penurunan tersebut berpeluang menjadi awal penurunan harga yang akan berlangsung hingga bulan juni mendatang. Memang konsumsi daging ayam berpotensi mengalami peningkatan bulan juni mendatang.

Seiring dengan libur kenaikan kelas, ditambah dengan libur panjang Idul Adha. Jadi pembentukan harga kedepan akan diuji dengan konsumsi selama libur bulan Juni tersebut. Namun, dengan melihat jumlah pasokan ayam potong yang belakangan mengalami kenaikan, saya memperkirakan harga daging ayam masih berpeluang turun maksimal 3.000 per Kg hingga bulan Juni.

Jadi meskipun turun, harga daging ayam tetap akan berada dalam angka keekonomiannya. Saya melihat harga akan mampu bertahan di kisaran 32 – 33 ribu atau diatasnya. Harga keekonomian tersebut merupakan harga ideal bagi konsumen dan produsen. Tidak seperti realisasi harga daging ayam saat ini yang dinilai sudah kemahalan.

Daging ayam berpotensi menjadi penyumbang deflasi di bulan depan. Dan bukan hanya daging ayam, tomat juga diperkirakan akan mengalami penurunan seiring dengan peningkatan pasokan. Musim panen tomat telah menekan harga tomat hingga menyentuh 2.500 per Kg di level pedagang besar. Sejauh ini tomat berada dalam rentang 7.000 hingga 10 ribu per Kg di pedagang pengecer.

Jauh lebih murah dibandingkan dengan harga diawal tahun 2024 yang sempat berada diatas 20 ribu per kg nya. Harga tomat sempat menyentuh level tertinggi setelah terjadi bencana alam di wilayah sumatera barat sebagai salah satu wilayah produsen tomat.

(sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tensi Politik AS Memanas, Picu Pelemahan Rupiah Dan IHSG

23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Putusan KPPU Terkait Penetapan Harga Pada Penyediaan Jasa Depo Peti Kemas di Pelabuhan Panjang Lampung Berkekuatan Hukum Tetap

21 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Swasembada Pangan Harus Libatkan Banyak Petani

21 Oktober 2024 - 10:27 WIB

Pasca Pengumuman Kabinet, IHSG Dan Rupiah Bergerak Mendatar

21 Oktober 2024 - 09:32 WIB

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Dan IHSG Beda Arah

15 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Tersengat Sentimen Negatif Eksternal, IHSG Ditutup Melemah

9 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis