Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 2 Mei 2024 16:51 WIB

The FED Tahan Suku Bunga, Belum Berikan Tekanan Besar Ke Pasar


					The FED Tahan Suku Bunga, Belum Berikan Tekanan Besar Ke Pasar Perbesar

Medankinian.com, Medan – Bank Sentral AS atau The FED kembali mempertahankan besaran bunga acuannya di level 5.5% pada perdagangan dini hari. Kebijakan Bank Sentral AS tersebut masih sesuai dengan ekspektasi pelaku pasar. Pasar kembali mencermati rilis data ketenaga-kerjaan AS yang akan menjadi acuan selanjutnya. Sejauh ini, data ketenaga-kerjaan AS bulan April diproyeksikan akan memburuk dibandingkan realisasi sebelumnya.

Realisasi data yang lebih baik dari ekspektasi, akan kian menegaskan bahwa ekonomi AS masih mengalami periode ekspansi. Yang artinya kian memudarkan ekspektasi penurunan bunga acuan. Sehingga pasar keuangan di tanah air kembali berpeluang mengalami tekanan.

Sejauh ini, kinerja pasar keuangan keuangan di Asia terpantau bergerak sideways dengan kecenderungan melemah. IHSG pada sesi pembukaan perdagangan ditransaksikan melemah dikisaran level 7.200. Sementara itu, mata uang rupiah ditransaksikan menguat di kisaran level 16.205 per US Dolarnya.

Sejauh ini, kebijakan The FED belum memberikan tekanan besar bagi pasar keuangan secara keseluruhan. Dimana USD Index dan imbal hasil US Treasury juga masih bergerak dalam rentang angka sempit. Sehingga belum menjadi ancaman besar bagi kinerja pasar keuangan di tanah air. Disisi lainnya, harga emas ditransaksikan relative stabil dikisaran $2.324 per ons troy pada perdagangan pagi.

Demikian menurut analisis Pengamat Ekonomi Kota Medan Benjamin Gunawan. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tensi Politik AS Memanas, Picu Pelemahan Rupiah Dan IHSG

23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Putusan KPPU Terkait Penetapan Harga Pada Penyediaan Jasa Depo Peti Kemas di Pelabuhan Panjang Lampung Berkekuatan Hukum Tetap

21 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Swasembada Pangan Harus Libatkan Banyak Petani

21 Oktober 2024 - 10:27 WIB

Pasca Pengumuman Kabinet, IHSG Dan Rupiah Bergerak Mendatar

21 Oktober 2024 - 09:32 WIB

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Dan IHSG Beda Arah

15 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Tersengat Sentimen Negatif Eksternal, IHSG Ditutup Melemah

9 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis