Menu

Mode Gelap

Gaya Hidup · 30 Apr 2024 16:29 WIB

Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dengan Bahan-Bahan Rumahan


					Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dengan Bahan-Bahan Rumahan Perbesar

Medankinian.com, Medan – Indonesia adalah negara tropis dengan 2 musim, Musim Hujan dan Kemarau (musim panas). Dan musim kemarau adalah yang terpanjang di setiap tahunnya, sebagian kota bahkan masih terasa panas saat musim hujan datang dengan cuaca ekstrim di tahun-tahun belakangan ini.

Beraktifitas d bawah sinar matahari terik menyebabkan pori-pori membesar pada kebanyakan masyarakat di beberapa negara dengan iklim cuaca ekstrim seperti ini.

Bagi beberapa sumber dengan hobby traveling yang pernah author temui, mengatakan bahwa secara ajaib pori-pori wajah mereka mengecil saat mereka menapakkan kaki di negara dengan musim salju dan menetap beberapa hari disana.

Pori-pori adalah lubang pada kulit yang berfungsi mengeluarkan keringat dan minyak (sebum). Lubang-lubang ini bisa membesar karena berbagai hal, salah satunya penumpukan kotoran yang terperangkap di dalamnya. Terutama pori-pori diwajah yang setiap hari menghadapi pencemaran udara tanpa penutup.

Kebanyakan orang mendambakan wajah mulus tanpa pori-pori besar yang terlihat di wajah. Bagaimana tidak, wajah mulus akan memperindah penampilan. Tidak hanya itu, ketika memakai make up pun wajah mulus akan terlihat sangat indah. Nggak heran kalau banyak orang menginginkan kulit yang seperti ini.

Untuk mendapatkannya tentu harus dengan perawatan rutin. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan wajah mulus. Misalnya saja dengan memakai skincare, perawatan di klinik, atau dengan bahan alami.

Nah, disini author punya beberapa tips untuk mengecikan pori yang dapat kamu ikuti dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

Cuma modal 3 bahan alami ini bisa bikin wajah bebas pori-pori

1. Lemon, Putih Telur dan Madu.

Perpaduan air lemon, putih telur, dan madu bisa Anda andalkan untuk mengecilkan pori-pori. Caranya yaitu pertama siapkan putih telur dengan memisahkannya dari kuning telur. Kemudian kocok putih telur sampai berbuih.

Campur satu sendok makan madu, putih telur, dan beberapa tetes perasan lemon sampai adonannya cukup kental dan baunya tak terlalu menyengat. Oleskan pada wajah dengan kuas hingga merata. Biarkan meresap selama setengah jam. Setelah itu, bilas hingga bersih.

Khasiat putih telur untuk mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori sudah dikenal sejak lama. Kandungan antibakteri alami dari madu dan air perasan lemon mampu membasmi jerawat, kotoran, dan bakteri yang bersarang pada pori-pori.

Mereka yang punya kulit berminyak tak perlu khawatir karena madu baik untuk menyeimbangkan kadar minyak pada wajah.

2. Meringkas Pori-Pori Kulit dengan Es Batu

Seperti yang author jelaskan di awal tadi, pori-pori kamu membesar karna kamu beraktifitas di luar rumah dan terpapar sinar matahari.

Kamu dapat menenangkan kulit kamu setelah beraktifitas seharian dengan pijatan Es Batu ini. Cara yang satu ini sangat praktis. Caranya bungkus es batu dengan kain bersih atau paper towel. Kemudian pijatkan secara perlahan ke permukaan kulit kamu.

Atau kamu juga bisa bikin DIY Es Batu dengan bahan lain yang kamu ketahui dapat menjaga kelembaban kulit, seperti Tomat, Wortel dan Kentang. Haluskan bahan pilihan kamu dengan air dan saring. tempatkan d freezer hingga beku dan siap kamu gunakan.

Tapi ingat ya,, Cara ini bisa diaplikasikan setelah kamu membersihkan wajah loh. Kamu juga bisa melakukan cara ini sebelum menggunakan makeup supaya nanti olesan makeup bisa lebih sempurna.

3. Mengencangkan Kulit dengan Buah Tomat

Buah yang satu ini memiliki kandungan astringent yang bisa membantu mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori, serta mengatasi minyak berlebih. Cara memanfaatkannya juga sangat mudah. Yang perlu kamu lakukan cukup campurkan 2 sdm jus tomat segar dengan beberapa tetes air perasan jeruk nipis. Oleskan ke wajah secara merata. Diamkan beberapa menit, dan bilas hingga bersih.

4. Lidah Buaya

Nggak cuma melembapkan, lidah buaya juga dapat digunakan untuk menyamarkan pori-pori wajah sebelum memakai make-up. Jika kesulitan mendapatkan tanaman lidah buaya asli, kamu boleh menggunakan gel lidah buaya yang dijual di pasaran.

Cara mengecilkan pori pori wajah menggunakan lidah buaya pun sangat mudah. Kupas dulu dong yah kulit lidah buayanya. Lalu oleskan gel selama 15 menit dan diamkan, lalu bilas dengan air bersih untuk penggunaannya.

Nah, itu dia beberapa tips mudah yang dapat membantu mengecilkan pori-pori, semoga bermanfaat.

(sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Ini Dia Daftar Rumah Tak Berpenghuni Paling Angker di Indonesia

20 Juli 2024 - 20:06 WIB

Tips Menempatkan Wardrobe Minimalis Agar Ruangan Tidak Sesak

19 Juli 2024 - 15:17 WIB

Ketahui Ukuran Vagina, Begini Cara Memilih Menstrual Cup

24 Juni 2024 - 18:21 WIB

Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik Untuk Merayakan Hari Raya Idul Adha

4 Juni 2024 - 16:05 WIB

Lokasi Strategis, Dekat Fasum dan Legalitas Terjamin Jadi Alasan Untuk Miliki Hunian di Kota Mandiri Bekala

30 Mei 2024 - 15:55 WIB

Aksi Memukau 32 Bocah Sumut dalam Gala Premiere Film 1 CM

10 Maret 2024 - 15:43 WIB

Trending di Gaya Hidup