Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 12 Feb 2024 13:51 WIB

Harga Daging Ayam Dan Cabai Naik, Tetapi Daging Ayam Belum Punya Peluang Untuk Turun


					Harga Daging Ayam Dan Cabai Naik, Tetapi Daging Ayam Belum Punya Peluang Untuk Turun Perbesar

Medankinian.com, Medan – Harga sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan di awal pekan ini. Dari hasil pantauan PIHPS (pusat informasi harga pangan strategis), harga cabai, dan daging ayam mengalami lonjakan pada perdagangan awal pekan ini. Harga cabai merah disejumlah pedagang tradisional di kota medan mengalami kenaikan dari rata-rata 36.600 per Kg jelang libur panjang akhir pekan, menjadi 44.700 per Kg nya di awal pekan ini.

Sementara itu, harga cabai rawit mengalami kenaikan dari rata-rata 39 ribu per Kg, menjadi 44.200 per Kg awal pekan ini di sejumlah pasar tradisional di kota medan. Untuk harga daging ayam yang ditransaksikan di kisaran level 31 ribu per Kg nya, menjadi 34.200 per Kg saat ini. Untuk kenaikan harga cabai, saya menilai kenaikan ini lebih dikarenakan oleh memburuknya pasokan karena musim liburan.

Tren kenaikan harga cabai dan daging ayam sejatinya terjadi pada hari libur panjang akhir pekan kemarin. Dimana libur panjang kemarin bertepatan dengan libur isra mi’raj dan imlek. Sehingga harga cabai punya peluang untuk turun harga pada perdagangan di pekan ini. Harga cabai punya pola pergerakan yang seperti itu (kerap naik) di awal pekan.

Namun, yang perlu diwaspadai adalah kenaikan pada harga daging ayam. Di berberapa pedagang pasar tradisional, harga daging ayam bahkan dijual di level 35 ribu per Kg nya. Kenaikan harga daging ayam ini bukan sepenuhnya didorong oleh kenaikan permintaan yang naik tajam.

Namun lebih dikarenakan oleh kenaikan harga input produksi seperti pakan ternak (jagung). Sehingga selama harga input produksi bertahan mahal, maka peluang harga dahging ayam turun kecil. Selain daging ayam, dampak kenaikan harga jagung juga potensial mendorong kenaikan harga telur ayam di pasar.

Disisi lain, harga bawang merah juga terpantau mengalami kenaikan. Dari hasil pematauan dilapangan secara langsung, harga bawang merah di sejumlah pasar seperti di deli serdang naik sekitar 3.000 per Kg. sementara di kota medan, harga bawang merah terpantau mengalami penurunan, meskipun di beberapa pedagang juga ditemukan mengalami kenaikan.

Harga bawang merah dari pantauan saya sejauh ini bergerak dalam rentang 21 hingga 38 ribu per Kg. Dengan varian harga dan kualitas tentunya. Dan tak ubahnya harga cabai, bawang merah juga masih dipengaruhi oleh sisi persediaan yang belum sepenuhnya normal. Kita lihat beberapa hari kedepan.

Demikian menurut analisis Pengamat Ekonomi Kota Medan Benjamin Gunawan. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tingkatkan Kapabilitas, Bank Sumut MoU dengan LPPI

29 Februari 2024 - 22:02 WIB

Sumut Memasuki Musim Kemarau, Jangan Sampai Sumut Alami Kelangkaan Gas 3 Kg

28 Februari 2024 - 17:06 WIB

Wali Kota Medan Hadiri RUPS Tahunan dan RUPS LB PT. Bank Sumut

26 Februari 2024 - 18:43 WIB

Harga Cabai Naik Hingga 100% Secara Bulanan, Gambaran Inflasi Sumut Di Februari Menakutkan

23 Februari 2024 - 12:22 WIB

Dirut Bank Sumut Ajak Insan Kampus Pahami Sejarah Untuk Menghadapi Tantangan dan Isu Kontemporer

22 Februari 2024 - 08:11 WIB

Harga Jagung Naik Picu Kenaikan Harga Pakan, KPPU Dalami Lagi Pasar Yang Membentuk Oligopoli

16 Februari 2024 - 17:40 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis